IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN PADA TEKS TANGGAPAN BUKU FIKSI DAN NONFIKSI DI SMP NEGERI 5 KARANGPLOSO

Authors

  • Ariadi Yury Setiawan PPG, Universitas Negeri Malang
  • Nafisah Nilamsari Putri PPG, Universitas Negeri Malang
  • Ajeng Tataningtyas PPG, Universitas Negeri Malang
  • Dyah Ratri Anggraini PPG, Universitas Negeri Malang
  • Mufadila Fibiani PPG, Universitas Negeri Malang
  • Dewi Tugas Kusuma Wardani PPG, Universitas Negeri Malang
  • Didin Widyartono PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Diferensiasi Konten, Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah cara atau upaya guru untuk memenuhi dan mengakomodasi kebutuhan belajar dan harapan peserta didik dalam pembelajaran. Terdapat banyak stretegi pembelajaran diferensiasi salah satunya adalah diferensiasi konten yang dibahas dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berdiferensiasi konten diimplementasikan pada pembelajaran teks tanggapan buku fiksi dan nonfiksi di SMP Negeri 5 Karangploso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi konten dilaksanakan dengan memberikan konten berupa gambar, PPT, dan memanfaatkan berbagai platform digital dengan menggunakan proyektor dan gambar di modul ajar sebagai pendamping peserta didik.

References

Abrimanto, A. G. (2017). Kinerja Badan Permusyawaratan Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat. 37–46.

Alhafizh, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.

Arumsari, A., & Susanti, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Keragaman Peserta Didik Terhadap Pemenuhan Target Kurikulum. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 90–104.

Atikah, I., Fauzi, M. A. R., & Firmansyah, R. (2023). Penerapan Strategi Diferensiasi Konten dan Proses Pada Gaya Belajar Berbasis Model Problem Based Learning. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.57

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). No Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Fauzia, R., & Zaka H, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio, 9(3), 1608–1616. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Kurniawati, T., & Putri, N. A. R. (2023). Pemahaman Keberagaman Peserta Didik Berdasarkan Profil Peserta Didik Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogen, 6(2), 267–277.

Lestari. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. Jurnal EDOIS, 1(2), 49–58. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3710

Lukitaningtyas, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Ips (Materi Manusia Pra-Aksara). Kastara Karya: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3).

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Afifa Utama.

Mashitoh, D., Dwijayanti, I., & Agustini, F. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Untuk Menyusun Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas V SD Negeri Karangrejo 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 663–669.

Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663.

Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Anak Usia Dini: Anak untuk Memasuki Jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 9, 1–25.

Qiptiyah, M., Warsono, W., & Prasetya, S. P. (2022). Analisis Pengaruh Strategi Digital Learning dan Blended Learning terhadap Prestasi ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Peserta didik di SMPIT. Jurnal Basicedu, 6(5), 8711–8719.

Rafiska, R., & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Xii Sma Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 474–482.

Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menenga. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(11), 33–37.

Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI di SMAN 5 Garut. ANAYAGAN-Journal of Music Education, 1(1), 1–8.

Suwandi, F. P. E., Rahmanigrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 57–66.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Deepublish.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM, 10(2).

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529–535. https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles