INTEGRASI BAHASA PROKEM DALAM PEMBELAJARAN YANG INKLUSIF DAN BERBASIS KEADILAN PADA MATERI MEMBUAT IKLAN NONKOMERSIAL

Authors

  • Musyarrafah S Musyarrafah S PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Prokem, Pembelajaran inklusif, Iklan nonkomersial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan penggunaan bahasa prokem pada materi membuat iklan, serta integrasinya dalam pembelajaran yang inklusif dan berkeadilan sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan, yaitu metode kualititatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tugas proyek siswa, dan dokumentasi. Instrumen penelitian mencakup Pedoman Observasi dan tugas proyek siswa. Proses analisis data menggunakan penggunakan pendekatan Studi Kasus, yaitu pengumpulan data, analisis data, interpretasi, penarikan simpulan, dan validasi.

References

Agustin, R., Kasnadi, Astuti, C. (2021). Bahasa persuasif pada iklan kosmetik di televisi.https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/83/89

Ariyanti, T. D. (2019). Kesalahan Penulisan Kata tidak Baku pada Merek Dagang Toko dan Jasa di Kota Bengkulu. Pesona: Prosiding Pekan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 43–52. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/pesona/article/view/3771

Azizah, A. R. (2019, September). Penggunaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja. Jurnal Skripta, 5(2), 33-39. https://journal.upy.ac.id/index.php/skripta/article/viewFile/424/426. diunduh 17 Oktober 2022

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dewi, S., Wisudariani, R. (2021). Analisis bahasa persuasif dalam caption endorsment selegram dan relevansinya terhadap pembelajaran teks iklan di smp.https://repo.undiksha.ac.id/7403/

Fadhillah , M. ., Asbari, M., & Octhaviani, E. M. . (2023). Merdeka Belajar: Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 19–22. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.714

Grbich, C. (2007). Qualitative data analysis: An intriduction. London: Sage Publication.

Gustiasari, D. R. (2018). Pengaruh Perkembangan Zaman terhadap Pergeseran Tata Bahasa Indonesia ; Studi Kasus pada Pengguna Instagram Tahun 2018. Jurnal Renaissance, 3(02), 433–442. http://www.ejournalacademia.org/index.php/renaissance

Istiqomah, D. S. dan V. Nugraha. 2018. "Analisis Penggunaan Bahasa Prokem pada "Media Sosial. Jurnal Parole, 1(5)

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar Kurikulum Asesmen Pendidikan.

Keraf, Gorys. 1994. Komposisi; Sebuah Kemahiran Bahasa. Ende:Nusa Indah.

Maulina, Fatia, dkk. (2018). Penggunaan Bahasa Persuasi Iklan Komersial di Televisi dan Implikasinya di SMP. Jurnal Kata, 6(1), 1–8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/16398/11788

Oktavia, W. (2019). Eskalasi Bahasa Indoglish dalam Ruang Publik Media Sosial. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.30872/diglosia.v2i2.20

Sudadi. (2021). Teknik pembentukan kosakata bahasa gaul dan penggunaannya pada teks iklan di media sosial https://jalabahasa.kemdikbud.go.id/index.php/jalabahasa/article/view/744/320

Tutik, A. D., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan Fungsi Ragam Bahasa Pada Iklan dan Slogan Situs Belanja Online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 02(2), 137–148. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5089

Widhayani, A. (2020). Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster. In A. Widhayani, Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster (pp. 2-50). Sukoharjo: HM Publisher

Suminar, R. P. (2016, Desember). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Unswaganti. Jurnal Logika, XVIII(3), 114-119. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/download/220/141. diunduh 17 Oktober 2022 Swandy, Eduardus. 2017.

Bahasa Gaul Remaja dalam Media Sosial Facebook. Dalam Jurnal: Bastra volume 1 nomor 4, halaman 1-4.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles