ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 SDN KIDULDALEM 2 KOTA MALANG

Authors

  • Virda Aulia Putri Maharani PPG, Universitas Negeri Malang
  • Sri Estu Winahyu PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Peran Guru, Motivasi Belajar, Membaca permulaan

Abstract

Pendidikan merupakan fungsi yang harus dilakukan dengan melibatkan peran motivasi belajar yang dianggap sangat penting dalam melaksanakan proses kegiatan belajar. Terutama dalam meningkatkan sikap atau karakter kepribadian yang dimiliki peserta didik selama kegiatan belajar berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh adanya motivasi belajar yang dimiliki setiap peserta didik. Terhadap peningkatan proses membaca permulaan yang dilaksanakan selama kegiatan belajar di kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan subjek penelitian peserta didik kelas 1 yang berjumlah 8 orang. Yang masih memiliki kesulitan dalam kegiatan literasi membaca. Instrument penelitian yang digunakan yaitu observasi dan kuesioner untuk mengetahui tingkatan motivasi belajar yang dimiliki setiap peserta didik. Serta kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik selama melaksanakan kegiatan membaca. Sehingga mempengaruhi peningkatan kegiatan literasi membaca khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti dapat diketahui kesulitan yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.  Motivasi belajar sendiri dapat diberikan dalam bentuk pemberian hadiah, pujian dan hukuman. Sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi proses kegiatan membaca peserta didik. Baik dari aspek faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis.

References

Dr. Muammar, M.Pd.2020. Membaca Permulaan di Sekolah Dasar (Dr. Hilmiati, M.Pd.). Mataram: Sanabil Creative.

Hardani, S.Pd.,M.Si.,dkk.2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Abadi, Husnu,A.Md.,AK, Ed.). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Huduni, Awanisul, dkk.2022. Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan). Mataram: PGSD FKIP Universitas Mataram (Online).

Ningrum, Lilia Kusuma.2019. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan.Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan IAIN Metro Lampung.

Rafika, Nurma, dkk.2020. Analsis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar (Jurnal Prosiding Konferensi Imiah Dasar). Madiun: Universitas PGRI Madiun (Online)

Rahma,Mita, dkk.2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama). Riau: Universitas Islam Riau (Online).

Rahmi, Annisa Amalia, dkk.2022. Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru). Riau: Universitas Islam Riau.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles