PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PENDIDIKAN PANCASILA SMK PGRI DAMPIT

Authors

  • Ajeng Pangesti Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Kreativitas, Media pembelajaran, Project Based Learning

Abstract

Penelitianl ini bertujuanl untukl menganalisisl penerapan modell pembelajaran  lProject Based Learningl (PjBL) padal mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK PGRI Dampit. Penelitian ini didasarkan sebagai upaya dalam peningkatan kreativitas dan pemahaman peserta didik pada matal pelajaran Pendidikanl Pancasila kelas 10 materil Sejarah Lahirnya Pancasila dan Implementasi Dalaml Kehidupan lSehari-hari. Teknikl pengumpulan datal pada penelitianl ini adalahl observasi, lwawancara, tes, danl dokumentasi dengan menggunakan metode penelitianl kualitatif deskriptif. Hasil penelitianl menunjukkan bahwal pelaksanaan modell pemeblajaran Project Basedl Learning (PjBL) Kelasl 10 DKV di SMK PGRI Dampit Kabupatenl Malang yang terdiril dari 20 peserta didik mengalami perubahan tingkat kreativitas dan pemahaman peserta didik. Hall tersebut dibuktikan daril adanya peningkatanl hasil lpre-test danl post-testl serta adanya kesesuaian pada proyek video animasi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kreativitas peserta didik, pemahaman, gotong-royong dalam lproses pembelajaran dil kelas gunal meningkatkan kreativitasl dan pemahaman pesertal didik.

References

Bernadi, Resna Maulia Ayu. 2017. "Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Melalui Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Pendekatan Open-Ended." Jurnal Prima Edukasia 5(1):91-101. doi: 10.21831/jpe.v5i1.7783

Fadhilah, Azizah, R. H. (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang: Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Moerdijat Lestari. (2023). Dorong Ekosistem pendidikan yang Lebih Inovatif dan Adaptif. Diakses 20 April 2024. dari https://www.mpr.go.id/berita/Dorong-Ekosistem-Pendidikan-yang-Lebih-Inovatif-dan-Adaptif

Putra, L. D,. Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan Media Video dalam Pembelajaran Pancasila Kelas V SD Muhammadiyah Bodon. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398-406.

Pritiwanti, D. Badariah, B. Hidayat, S. Dewi, S. R. (2022). Pengertian Pendidikan: Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Rachmadhani, S., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza : Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192.

Sutrisno, L. T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475

Wahyuningrum, Widiawati, S. W. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Pendidikan Pancasila Di Kelas V Sekolah Dasar: Jurnal Ilmah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Wijaya, W. Wusqo, U. Muttaqin, Z. (2023). "Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C Pada Mata pelajaran PPKn Menggunakan Model Project Based Learning: Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Witasari Oki. (2022). Implementasi Metode, Media, dan Penilaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Blended Learning di SD Negeri Menganti Banyumas: Tesis Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles