IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 5 KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Dewi Tugas Kusuma Wardani Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Profil pelajar pancasila, Kurikulum merdeka, Pendidikan karakter

Abstract

Pertumbuhan dan perubahan yang terjadi saat ini mengharuskan pendidikan untuk beradaptasi. Hal tersebut dapat terlihat dalam adanya perubahan kurikulum. Pendidikan Indonesia memiliki konsep merdeka belajar yang membebaskan pelajar dalam mencari bakat dan minat mereka. Dalam konsep tersebut pelajar Indonesia diharuskan tetap menerapkan karakter yang mulia. Dalam kurikulum merdeka yang digunakan saat ini, pelajar Indonesia dituntut untuk memiliki profil pelajar Pancasila. Hal ini dimaksudkan agar pelajar Indonesia tidak hanya memiliki kecerdasan saja, namun juga karakter yang mulia. Artikel ini meneliti tentang implementasi profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 5 Karangploso, Kabupaten Malang. Dimensi apa dan bagaimana SMP Negeri 5 Karangploso dalam menerapkan profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah penelitian studi pustaka dan hasil observasi selama melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 5 Karangploso telah mengimplementasikan semua dimensi profil pelajar Pancasila dalam kegiatan sehari-hari. Implementasi tersebut diterapkan baik dalam kegiatan akademik maupun nonakademik

References

Astuti, Y. D. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Identitas Nasional Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 133–141. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.221

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(10), 372–380. https://doi.org/10.56393/decive.v2i10.1053

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.

Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Maulida, U., & Tampati, R. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453

Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Oktavia Rahayu, D. N., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2024). Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(01), 84–90.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Yuntawati, & Wayan Suastra, I. (2023). Projek P5 sebagai Penerapan Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: Literature Review Studi Kasus Implementasi P5 di Sekolah. Empiricism Journal, 4(2), 515–525.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles