IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 5 KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER
Keywords:
Profil pelajar pancasila, Kurikulum merdeka, Pendidikan karakterAbstract
Pertumbuhan dan perubahan yang terjadi saat ini mengharuskan pendidikan untuk beradaptasi. Hal tersebut dapat terlihat dalam adanya perubahan kurikulum. Pendidikan Indonesia memiliki konsep merdeka belajar yang membebaskan pelajar dalam mencari bakat dan minat mereka. Dalam konsep tersebut pelajar Indonesia diharuskan tetap menerapkan karakter yang mulia. Dalam kurikulum merdeka yang digunakan saat ini, pelajar Indonesia dituntut untuk memiliki profil pelajar Pancasila. Hal ini dimaksudkan agar pelajar Indonesia tidak hanya memiliki kecerdasan saja, namun juga karakter yang mulia. Artikel ini meneliti tentang implementasi profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 5 Karangploso, Kabupaten Malang. Dimensi apa dan bagaimana SMP Negeri 5 Karangploso dalam menerapkan profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah penelitian studi pustaka dan hasil observasi selama melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 5 Karangploso telah mengimplementasikan semua dimensi profil pelajar Pancasila dalam kegiatan sehari-hari. Implementasi tersebut diterapkan baik dalam kegiatan akademik maupun nonakademik
References
Astuti, Y. D. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Identitas Nasional Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 133–141. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.221
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(10), 372–380. https://doi.org/10.56393/decive.v2i10.1053
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.
Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Maulida, U., & Tampati, R. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453
Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Oktavia Rahayu, D. N., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50. https://doi.org/10.30659/pendas.10.1.50-60
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2024). Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(01), 84–90.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Yuntawati, & Wayan Suastra, I. (2023). Projek P5 sebagai Penerapan Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: Literature Review Studi Kasus Implementasi P5 di Sekolah. Empiricism Journal, 4(2), 515–525.
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.