ANALISIS NILAI-NILAI RELIEF GARUDEYA PADA SITUS CANDI KIDAL TERHADAP PENGUATAN KARAKTER KEBHINEKAAN PESERTA DIDIK DI SMKN 10 MALANG

Authors

  • Marsha Fitria Intan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Nadya Rahmah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Prasepti Andriani Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Aditya Nugroho Widiadi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Candi Kidal, Relief Garudeya, Nilai Karakter

Abstract

Tantangan degradasi moral akibat globalisasi yang terjadi di Indonesia merupana fenomena yang ironos. Untuk itu perlu adanya pengimplementasian konsep pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui sektor pendidikan. Konsep budaya yang dimaksud bisa budaya tak benda atau budaya benda seperti candi Kidal. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah nilai-nilai karakter yang terdapat pada relief Garudeya yang ada di Candi Kidal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian sejarah. Pada langkah heuristik, Peneliti melakukan dokumentasi relief garudeya dan didukung literatur yang relevan.Kemudian langkah kritik dilakukan dengan menyelidiki kesahihan data-data yang telah didapat pada proses heuristic. Dilanjutkan dengan langkah interpretasi yakni proses merangkai fakta supaya menjadi sebuah keseluruhan yang rasiona. Langkah ke empat adalah historiografi yaitu kegitan menulis hasil penelitian. Teknik penelitian yakni menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan kepada  pendidik dan peserta didik di SMKN 10 Malang sebagai objek penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa SMKN 10 Malang telah berhasil menerapkan nilai-nilai karakter relief Garudeya dalam lingkungan pendidikannya. Nilai-Nilai karakter yang telah diterapkan yaitu nilai kejujuran,disiplin, kerja keras, demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air dan tanggung jawab.

References

Bangsa, Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (n.d.).

Eni, S. P. (2019). Memahami relief-relief pada candi-candi kerajaan-kerajaan Kediri, Singasari, dan Majapahit di Jawa Timur. Jurnal SCALE, 6(2), 69-93.

Eni, S. P., & Tsabit, A. H. (2017). Arsitektur kuno kerajaan-kerajaan Kediri, Singasari, dan Majapahit di Jawa Timur-Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Eni, S. P. (2019). Memahami relief-relief pada candi-candi kerajaan-kerajaan Kediri, Singasari, dan Majapahit di Jawa Timur. Jurnal SCALE, 6(2), 69-93.

Herimanto. (2019). Sejarah 1: Pembelajaran sejarah interaktif. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Rahmawati, F. E. (2019). Meneroka Garuda Pancasila dari kisah Garudeya: Sebuah kajian budaya visual. UB Press.

Sari, F. K., & Widiatmoko, S. (2021). Nilai karakter pembelajaran relief Garudeya di Gua Selomangleng Kota Kediri tahun 2021. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 412–420. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1579

Septiana, L. (2020). Profil budaya dan bahasa Kab. Malang Provinsi Jawa Timur. Tangerang: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sidyawati, L. (2019). Advertising Kidal temple as a tourism site in the district of Malang through the creation of hand-painted batik of Garudeya story: Synchronizing the corporate culture with the spirit of innovation, sustainability, and good governance. Journal of Cultural Heritage, 20, 131–144.

Sugihartono, R. A., Dharsono, G., & Susanto, M. R. (2019). Therianthropic character in Garuda statue and relief. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(1), 679-683.

Turaeni, N. N. T. (2015). Aplikasi Adi Parwa dalam relief situs Candi Kidal. Forum Arkeologi, 28(2), 131–144.

Wardani, Y. K. (2013). Makna simbolik relief Sudamala dan Garudeya di Candi Sukuh relevansinya dengan pengembangan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS Sejarah [Skripsi, Universitas Sebelas Maret]. UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles