KAJIAN LITERATUR PENERAPAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL PADA MATA PELAJARAN SAINS

Authors

  • Masroul Fildaniyah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Habidin Habidin Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Radit Purwikoro Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Penerapan, Pembelajaran Sosial Emosional, Matapelajaran Sains

Abstract

Pendidikan Sains telah mengalami perkembangan yang signifikan dengan memperhatikan aspek Social-Emotional Learning (SEL) sebagai bagian integral dari proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan Pembelajaran Sosial-Emosional (SEL) dalam konteks pendidikan Sains. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dari beberapa artikel ilmiah terkait penerapan pembelajaran SEL dalam mata pelajaran Sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi SEL dalam pembelajaran Sains memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta pengembangan keterampilan sosial dan emosional mereka. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa pembelajaran Sains yang memperhatikan aspek SEL tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga membantu mereka mengelola emosi, meningkatkan keterlibatan dalam pembelajaran, dan mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk kesuksesan di masa depan. Dengan demikian, integrasi SEL dalam pendidikan Sains bukan hanya meningkatkan prestasi akademik siswa, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendukung perkembangan pribadi siswa, dan menciptakan suasana kelas yang positif.

References

Anita, Y., Kenedi, A. K., & Hamimah, H. (2023). Science Electronic Teaching Materials Based on Social-Emotional Learning as An Attempt To Enhance The Value of Pancasila Student Profiles of Elementary School Student. 1–7. https://doi.org/10.4108/eai.26-11-2022.2339552

Ashar, A., Nurhidaya, A. R., & Idamayanti, R. (2023). Literature Review Implementasi Bermain Peran Untuk Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak. Journal on Education, 5(3), 8006–8015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1590

Corcoran, R. P., Cheung, A. C. K., Kim, E., & Xie, C. (2018). Effective universal school-based social and emotional learning programs for improving academic achievement: A systematic review and meta-analysis of 50 years of research. Educational Research Review, 25, 56–72. https://doi.org/10.1016/J.EDUREV.2017.12.001

Elmi, C. (2020). Integrating social emotional learning strategies in higher education. European Journal of Investigation in Health, Psychology and Education, 10(3), 848–858. https://doi.org/10.3390/ejihpe10030061

Ingram, E., Reddick, K., Honaker, J. M., & Pearson, G. A. (2021). Making Space for Social and Emotional Learning in Science Education. Frontiers in Education, 6(August), 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.712720

Kismiati, D. A. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Social Emotional Learning (SEL) melalui Permainan Monopoli Sistem Pendengaran untuk Siswa SD. Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 30–36. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/KR-10-1-04

Masyithah, M. (2021). Penerapan Teknik Keterampilan Sosial Emosional pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi dan Produksi Pangan Siswa Kelas IX-1 di SMP Negeri 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i2.76

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172

Net, W. W. W. P. (2023). Findings and Implications of Social Emotional Learning (SEL) in Paternalistic Culture in Elementary Schools: A Systematic Literature Review. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 151–158. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.16.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles