JAUH LEBIH DARI PENGAJAR: ESENSI KARAKTER LUHUR GURU DALAM MEMAHAMI KEBUTUHAN PESERTA DIDIK PADA FILM “TAARE ZAMEEN PAR”

Authors

  • Dinta Wisnu Nur Rochmah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Heru Dwi Setiawan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Risa Septyana Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Rizky Eka Damayanti Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Tutimatus Subkhiyah Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Karakter luhur guru, Pendidikan karakter, Nilai karakter

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui esensi karakter luhur guru dalam memahami kebutuhan peserta didik pada film “Taare Zameen Par” dan penting menerapkan karakter luhur dalam diri guru bagi peserta didik dan lingkungannya. Hal tersebut berangkat dari sebuah pandangan penerapan karakter luhur dalam memberikan dampak positif pada perkembangan peserta didik. Guru memiliki peran sentral dalam membentuk lingkungan belajar yang sehat dan membawa nilai-nilai positif kepada peserta didik. Penulisan ini menunjukkan bahwa karakter luhur guru memiliki dampak lebih besar, inspiratif dan memberikan teladan bagi peserta didik untuk mengembangkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari. “Taare Zameen Par” merupakan salah satu film yang merefleksikan hubungan antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan lingkungannya, dan hubungan peserta didik dengan keluarga yang kerap kita jumpai di kehidupan nyata. Manfaat dari penelitian ini dapat memberikan wawasan baru tentang esensi pendidikan secara holistik melalui pembentukan karakter luhur pada guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan membahas objek penelitian sesuai data-data yang diperoleh dari kegiatan observasi dan dokumentasi. Fokus utama penulisan adalah menjelaskan bagaimana karakter luhur guru, seperti: Respectful, Religius dan Menjauhi Ghibah, Responsif, Open minded, Tulus dan Menjiwai, Sehat dan Bugar dalam pengaruhnya kepada lingkungan sekitar. Bagaimana karakter luhur guru dapat mempengaruhi atmosfer kelas, membentuk karakter peserta didik dan memotivasi mengembangkan potensi peserta didik dalam hasil belajar

References

Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama abad 21 melalui media sosial. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044–3052.

Bani, E. A. S., Winandar, M. L., & Rustini, T. (2023). Peran pembelajaran IPS dalam membentuk karakter dan budaya bangsa pada anak sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 1670–1673.

Fepriyanti, U., & Suharto, A. W. B. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui keteladanan guru dan orang tua siswa. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 135–146.

Iza Syahroni, R., Rofiqoh, W., & Latipah, E. (2021). Ciri-ciri disleksia pada anak usia dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 62–77. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1326

Prasetyo, D., Marzuki, M., & Riyanti, D. (2019). Pentingnya pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(1), 19–32.

Putridiyanti, F. (2022). Merdeka belajar dalam pendidikan Indonesia. Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Indonesia, 3(2), 1–13. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jumpa

Siregar, P. S., Wardani, L., & Hatika, R. G. (2017). Penerapan pendekatan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (Paikem) pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 010 Rambah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 743–749.

Suklani, S. (2023). Guru profesional: Menggali kompetensi dan mengasah karakteristik. ADIBA: Journal of Education, 3(4), 447–453.

Suriadi, H. J., Firman, & Ahmad, R. (2021). Analisis problema pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta didik. EDUKATIF: Jurnal Pendidikan, 3(1), 165–173.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles