PENERAPAN TEKNOLOGI BERBASIS INOVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Authors

  • Dian Ratna Handayani Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Dewa Agung Gede Agung Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Achmad Agustiyanto Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Teknologi, Hasil belajar, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kata kunci dari sebuah usaha untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Perekmbangan paradigma pendidikan yang terjadi dimana proses pendidikan yang semula berpusat pada guru bergeser menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dalam pembelajaran secara mandiri ini akan berkaitan dengan kemajuan teknologi Pihak sekolah terutama guru sebagai pihak yang berperan sangat aktif didalam pembelajaran juga telah memanfaatkan penggunaan teknologi digital sebagai pelaksanaan kegiatan dalam pembelajaran. di SMPN 12 Malang tepatnya pada kelas 9 untuk mata pelajaran IPS pendidik belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi inovatif. Dari pemaparan tersebut penulis mengembangkan sebuah penerapan teknologi berbasis inovasi untuk meningkatkan hasil belajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun penggunaan media berbasisi aplikasi ini dapat mempermuda dalam penyampaian materi yang menyenangkan. Metode yang digunakan yatu kualitatif dengan pendekatan dikriptif. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat penigkatan hasil belajar yang didapatkan oleh setiap peserta didik tidak hanya itu dengan penerapan teknologi berbasis inovasi ini dapat menguragi kebosanan peserta didik

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Astutik, S. (2019). REQOL model pembelajaran inovatif di luar kelas. Jember: UPT Percetakan & Penerbitan Universitas Jember.

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi bilangan pangkat dan akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101-109.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran di tengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30-38.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Usman. (2018). Komunikasi pendidikan berbasis blended learning dalam membentuk kemandirian belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 135-149.

Utami, R. D., & Wibawa, S. (2023). Inovasi pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media flashcard materi teks deskriptif sederhana di kelas 2 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5808-5818.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles