PENINGKATAN KARAKTER LUHUR TOLERANSI SISWA MELALUI PENGAMALAN NILAI PANCASILA (STUDI KASUS SISWA KELAS VII F SMPN 24 MALANG)

Authors

  • Selamat Budi Hartono Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Agus Purnomo Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Peningkatan Karakter Luhur, Toleransi Siswa Kelas VII F, Nilai Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana strategi dalam meningkatkan karakter luhur toleransi siswa kelas VII F SMPN 24 Malang. Melalui pengamalan nilai Pancasila diharapkan siswa bisa belajar dan memahami betapa pentingnya toleransi sebagai upaya dalam mengoptimalisasikan hubungan sehat dengan sesama teman, guru, dan warga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kerakter luhur toleransi siswa Kelas VII F melalui pembiasaan terlatih dalam mengikuti setiap proses pembelajaran mulai dari tahapan pembelajaran, keteladanan, penguatan, dan pembiasaan serta diiringin dengan penerapan nilai Pancasila di kelas dengan aktivitas dimulai dari berdo’a, pembentukan kelompok diskusi berdasarkan asesmen diagnostik awal, bertutur kata baik, menjalankan tugas dengan tanggung jawab, membantu tanpa mengharapkan imbalan.

References

Catatan KPAI 2022: Pengeroyokan dan Tawuran Pelajar Marak Terjadi - (channel9.id)

Chrisiana, W. (2005). Upaya penerapan pendidikan karakter bagi mahasiswa (studi kasus di jurusan teknik industri uk petra). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Industri, 7(1), 83-90.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan nilai Pancasila dalam menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar yang cerdas kreatif dan berakhlak mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267-1273.

Karakter (Pengertian, Komponen, Faktor dan Pembentukan) - KajianPustaka

Mu'in, F. (2011). Pendidikan karakter. Scripta Cendekia.

Nugraheni, Y. T., & Firmansyah, A. (2021). Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta). Quality, 9(1), 39-56.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan karakter di sekolah. Eduhumaniora| jurnal pendidikan dasar kampus cibiru, 3(1).

Salouw, J. H., Suharno, S. S., & Talapessy, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kasus Di SMA 1 Wonreli Maluku Barat Daya). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 380-398.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles