PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP NEGERI 15 MALANG MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENYAMBUT ERA 5.0

Authors

  • Rolliyana Riska Mahilda Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Penguatan Karakter, Sekolah, Peserta didik, Era 5.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya penguatan karakter peserta didik sebagai mata pelajaran wajib dalam rangka menyambut era 5.0. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian hasil kajian pustaka (prosiding online, buku dan media berita baik online atau offline serta jurnal online). Hasil pemikiran menunjukkan bahwa di era 5.0, pendidikan kewarganegaraan di sekolah memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam membangun dan memperkuat karakter peserta didik berdasarkan nilai Pancasila. Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter individu dapat dibentuk dengan baik jika individu bisa berpikir positif pada hal-hal yang akan dihadapi ketika bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Peran guru juga amat penting terhadap terlaksananya pembelajaran karena kaitannya dengan karakter dan moral peserta didik. Guru semestinya mempunyai kompetensi dan strategi dalam mengimplementasikan karakter yang akan dicapai sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dibuat. Dengan demikian, penguatan karakter peserta didik, perlu dibangun melalui pendidikan kewarganegaraan dan peran guru di sekolah serta strategi dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter terutama pada tingkat satuan pendidikan dapat melalui keikutsertaan dalam kegiatan Intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler yang efektif dalam menyambut era 5.0.

References

Awulloh, K., Latifah, N., A’fifah, & Huda, M. K. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Study. Hal. 348–353.

Budhiman, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Arahan Khusus Presiden Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Saepudin, E., & Jatnika, A. W. (2019). Kampanye Kewarganegaraan sebagai Strategi Menuju Kebermaknaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional, 15(Oktober), 63–71. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37499

Kaelan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Hanif, L., et al. (2021). Analisis Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menyongsong Era 5.0 pada Siswa di SDN 4 Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Hal. 473–476.

Ministry of Education. (2001). Character Citizenship Service.

Widiatmaka, P., Pontianak, K. P., & Barat, K. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Ujung Tombak. 1(2).

Agustini, R., & Sucihati, M. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Menuju Era Society 5.0.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, tambahan lembaran negara Republik Indonesia Nomor 5494. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles