PENUGASAN VIDEO VLOG KUNJUNGAN BANGUNAN BERSEJARAH DI KOTA MALANG SEBAGAI BENTUK ASESMEN FOR LEARNING DENGAN PENDEKATAN CRT
DOI:
https://doi.org/10.17977/um063v4i7p3Keywords:
Asesmen for Learning, Pendekatan CRT, Vlog, Pembelajaran SejarahAbstract
Artikel ini mengusulkan penugasan video vlog kunjungan bangunan bersejarah di Kota Malang sebagai bentuk Asesmen for Learning (AfL) dengan pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching). Vlog ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi sejarah kota secara kreatif dan interaktif, sekaligus mempromosikan inklusivitas dan kesadaran budaya dalam pembelajaran. Melalui penugasan ini, siswa dapat mempelajari sejarah dan budaya Kota Malang secara mendalam melalui observasi langsung dan riset mandiri, mengembangkan keterampilan komunikasi dan presentasi dengan memproduksi video vlog yang menarik dan informatif, meningkatkan rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap budaya lokal, menerapkan pendekatan CRT dengan menghargai keragaman budaya dan mempromosikan inklusivitas dalam pembuatan vlog. Penilaian vlog akan fokus pada keakuratan informasi sejarah, kreativitas penyampaian, dan keterlibatan dengan pendekatan CRT. Artikel ini mendemonstrasikan bagaimana AfL dengan pendekatan CRT dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran sejarah yang autentik dan bermakna bagi siswa
References
Armiyati, L., & L. A. S. (2024). The assessment of history learning in implementation of Kurikulum Merdeka. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 204–212. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.3340
Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwati. (2023). Implementasi pendekatan TaRL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Mandasari, J., Titin, T., & Juniardi, D. (2024). Pengaruh pendekatan CRT dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. EKSAKTA Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 9(1), 81–86.
Prasetya, A. E. (2021). Pembelajaran sejarah menyenangkan melalui hasil kreativitas Vlog History. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 769–781. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.146
Safithri, D. L., & Muchlis, M. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis assessment for learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 547–555. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.547-555
Susanti, E. D. (2019). Project based learning: Pemanfaatan vlog dalam pembelajaran sejarah untuk generasi pro gadget. Sejarah Dan Budaya Jurnal Sejarah Budaya Dan Pengajarannya, 13(1), 84–96. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p084
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.