PENERAPAN SCAFFOLDING UNTUK MENGUATKAN PEMAHAMAN MATERI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMAN 6 MALANG

Authors

  • Muhammad Aditya Wardana Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v4i7p1

Keywords:

Scaffolding, Peserta didik, Zone of proximal development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan scaffolding pada zone of proximal development (ZPD) peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMAN 6 Malang serta bagaimana tahapan yang dapat dilakukan dalam menerapkan scaffolding dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan alamiah (natural setting) dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tahapan yang harus dilakukan dalam menerapkan scaffolding dalam proses pembelajaran. Dengan menerapakan scaffolding pada ZPD peserta didik maka akan dapat menciptakan suasana kelas yang aman dan nyaman untuk belajar. Kondisi pembelajaran peserta didik dapat menjadi lebih menyenangkan, variative serta dapat menumbuhkan sikap saling tolonh-menolong antara satu sama lain

References

Husnul, H. K., Eka, E. N., Aghnaita & Afifah, N. (2022). Stimulasi Zone of Proximal Develompment Anak Usia Dini Melalui Metode Eksplorasi. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2).

Lutfiyah & Putra, E. D. (2021). Struktur Berpikir Siswa Pada Zone Of Proximal Development Dalam Pembelajaran Discovery Learning. JPM:Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 71-79.

Mesra, R., Mononege, N., & Korah, Y. C. (2022). Efektifitas Pembelajaran Online Dan Offline ( Hybrid Learning ) Bagi Siswa Di Sma Negeri 1 Tondano. 8(3), 2287– 2294. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2. 3710/http

Nurhayati, E., Mulyana, T., dan Martadiputra, B. A. P. (2016). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112. jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m.

Payong, M., R. (2020). Zona Perkembangan Proksimal Dan Pendidikan Berbasis Konstruktivisme Sosial Menurut Lev Semyonovich Vygotsky. JKPM: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 12(2), 164-178.

Pernantah, P. S. (2020). Pembelajaran Sejarah Dalam Prespektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan Universitas Riau, 11(1), 49-58.

Rosarian, A. W., dan Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction using A Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146– 163. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.19 166/johme.v3i2.2332.

Saidillah, Akhsmad. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214-235.

Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Swasta AlWashliyah Medan. Edumatica 7(1), 1-10

Wati, F. (2020). Implementasi Metode Scaffolding Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Sajaratun Pendidikan Sejarah Universitas Flores, 4(1), 67-81.

Wiyanarrti, Erlina. (2017). Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pengembangan Pembelajaran Sejarah. (Online). (Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pengembangan Pembelajaran Sejarah – Program Studi Pendidikan Sejarah (upi.edu)), diakses 28 Januari 2024.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles