IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMA NEGERI 8 KOTA MALANG

Authors

  • Gun Yuliono PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Budaya Sekolah, Pendidikan Karakter Religius, Toleransi, SMA Negeri

Abstract

Penelitian di SMA Negeri 8 Kota Malang mengkaji implementasi pendidikan karakter religius dan toleransi serta faktor yang memengaruhi di lingkungan sekolah. Metode penelitian melibatkan kepala sekolah dan guru-guru sebagai informan, dengan sumber data dari primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan implementasi karakter religius melalui program GIRS, pembiasan dalam ibadah, dan penguatan karakter berakhlak melalui keteladanan. Sementara karakter toleransi diperkuat melalui integrasi dalam pengembangan diri dan materi ajar. Dukungan dari sekolah, guru, dan orangtua menjadi pendorong implementasi karakter religius, dengan siswa dan orangtua sebagai penghambat. Sedangkan pendorong karakter toleransi adalah materi ajar dan dukungan warga sekolah, dengan siswa sebagai penghambat.

References

Amin Muliaty, Arif Rofki, Susdiyanto, & Muhammad Implementasi Yusuf T. Pendidikan (2019). Karakter Bertoleransi Antar Umat Beragama Melalui Kegiatan Sekolah di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura. Jurnal Pendidikan. VII(2), Desember 2019.

Cahyaningrum, E.S., Sudaryanti, S. & Purwanto, N. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak. doi:org.10.21831/jpa.v6i2.17707

Chairani Meyrosa (2021). Implementasi Karakter Religius dan Disiplin Melalui Budaya Sekolah Di MIN 2 Lampung Selatan. Skripsi: S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung

Chandra Pasmah, Nelly Marhayati, & Wahyu (2020). Pendidikan Karakter Religius dan Toleransi Pada Pesantren Al Hasanah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam. 11(1).

Ependi Riki (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Toleransi di SMA Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Program studi Managemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo.

Fathurrohman M. (2016). Pengembagangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ta’alum. 4(1), hal 27

Haslan Mabrur, Rispawati, Ahmad Fauzan, Edy Kurniawansyah, & Sawaludin (2021). Penyuluhan Tentang Dampak Perilaku Bullying Bagi Siswa Danupaya Untuk Mengatasinya di SMPN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Artikel Pendidikan. 1030998/sap.v2i2.2090. Magister IPA 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1173

Mufarrokhah Lailatul (2017). Pelestarian Budaya Jabat Tangan dalam Membentuk Karakter Sopan Siswa Kelas V B di SD Negeri Turen 02 Malang. Skripsi: Program Studi PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Nunzairina (2018.) Skripsi. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang. S1 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rukiyati Sugiyo & L. Andriani Purwastuti (2017). Local Wisdom-Based Character Education Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5), 299–308. https://doi.org/10.17265/1539 8072/2017.05.003

Safitri Novika, M. (2015). Implementasi Pendidikan Karater Melalui Kultur Sekolah di SMPN 14 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 6(2) (10)2015.doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8621

Septiana Indah (2021). Implementasi Nilai-nilai Toleransi di Sekolah Dasar (Study Kasus di UPT SDN 24 Tumijajar Tulang Bawang Barat). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Supriati., Muh. Mabrur Haslan., Edy Kurniawansyah., & Bagdawansyah Alqadri (2022). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Moral Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Dompu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (4b): 2501-2506 https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.94

Downloads

Published

2024-02-20

Issue

Section

Articles