Persepsi siswa SMPN 3 Srengat Blitar dalam implementasi pembelajaran hybrid pada mata pelajaran IPS

Authors

  • Harits Abdullah Umar Universitas Negeri Malang
  • Agung Wiradimadja Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i12p1413-1424

Keywords:

persepsi siswa, pembelajaran hibrid, pembelajaran IPS

Abstract

The COVID-19 pandemic has gradually declined after more than 2 years of attacking Indonesia. This has led the government to relax the regional quarantine policy (PPKM) slightly. After the issuance of MENDIKBUD RISTEK Circular Letter No. 4 of 2021 concerning the implementation of face-to-face learning during the COVID-19 pandemic, learning that was originally carried out completely online is now allowed to carry out limited face-to-face learning. The purpose of this research is to find out the opinions of students, as well as to find out the process of implementing hybrid learning in social studies subjects at SMPN 3 Srengat which took place during the COVID-19 pandemic. This research uses a descriptive type quantitative approach. The results showed that hybrid learning was considered effective as evidenced by the dominant percentage of SMPN 3 Srengat students, in the implementation of hybrid learning in social studies subjects, students' understanding was still lacking because social studies is one of the contextual subjects and really needs the role of the teacher in explaining in class (face-to-face, not with online learning).

Pandemi COVID-19 berangsur menurun setelah lebih dari 2 tahun menyerang Indonesia. Hal ini membuat pemerintah sedikit melonggarkan kebijakan karantina wilayah (PPKM). Setelah diterbitkannya Surat Edaran MENDIKBUD RISTEK No. 4 Tahun 2021 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19, pembelajaran yang semula dilaksanakan sepenuhnya daring kini dapat dilakukan secara terbatas dengan tatap muka. sedang belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat siswa, serta untuk mengetahui proses penerapan hybrid learning pada mata pelajaran IPS di SMPN 3 Srengat yang berlangsung pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran hybrid dianggap efektif dibuktikan dengan persentase siswa SMPN 3 Srengat yang dominan, dalam penerapan pembelajaran hybrid pada mata pelajaran IPS, pemahaman siswa masih kurang karena IPS merupakan salah satu mata pelajaran kontekstual dan sangat dibutuhkan. peran guru dalam menjelaskan di kelas (tatap muka, bukan dengan pembelajaran daring).

References

Agustin, S. P. (2019). Pengaruh Hybrid Learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Konsep Gerak Lurus. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anwar, S. E., & Anjarningsih, H. Y. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris hybrid pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Menengah Pertama Inklusi di Kota Depok: Pengalaman dan Perspektif Peserta Didik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 495-502.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arum, A. E., & Susilaningsih, E. (2020). Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. Prosiding Seminar Nasional, 438–444.

Chakim, A. N. (2021). Pembelajaran Hybrid Solusi New Normal. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(2), 104-112.

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi COVID 19 bagi mahasiswa universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal basicedu, 5(1), 367-375.

Faizah S. (2022). Pengaruh Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Hybrid Dan Penggunaan Media Pembelajaran Moodle Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Febnesia, H., Nurtanto, M., Ikhsanudin, I., & Abdillah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Pengelasan Pada Siswa SMKS Yabhinka. Research and Development Journal of Education, 7(2), 532-543.

Galus, S. (2021). Kesiapan Sekolah Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Di SMA Kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, 1(1), 41–56.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).

Harun, A., Asyiah, N., Kuswanto, C. W., Iqbal, A. H., & Diadara, N. (2021). Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349–359.

Hidayati, L., Amalyaningsi, R., Ningrum, W. A., Nurhayati, U., & Wakhidah, N. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Hybrid Learning di MTs Negeri 2 Sidoarjo. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 10(1), 155–160.

Indrawan, I. (2020). Pembelajaran di Era New Normal. Semarang: Cv. Pena Persada.

Iqbal, I., & Mutawakkil, M. (2021). Pemanfaatan Internet Pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMK Negeri 5 Palu. Scolar : Journal of Pedagogy, 4, 1–101.

Irwanto, E. (2023). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-196.

Meilisa, A. D., & Megawati, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Hybrid Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sma Negeri 13 Surabaya. Publika, 1629–1642.

Nizam, N. (2020). Perkuliahan Dapat Dilakukan Secara Tatap Muka Dan Dalam Jaringan Tahun 2021. Kemendikbud.

Nur, Z. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi COVID-19 di MTs Negeri 1 Makassar. Educandum, 8(1), 121–128.

Nurlaili, E. I., Arif, A., & Rahmawati, F. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Hybrid di Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 81–94.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 286-291).

Putra, A. H. (2022). Implementasi Pembelajaran “Hybrid Learning” Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di MAN 1 Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Putri, H. V., & Sari, M. M. K. (2022). Problematik Pelaksanaan Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Pelajaran PKn di SMA Negeri 16 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(4), 932–944.

Rahayu, A., Hidayati, D., Susilowati, S., & Jannah, F. (2022). Pembelajaran Interaktif Melalui Hybrid Learning Dengan Metode Demonstrasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(3), 326-336.

Ramdhani, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600.

Rusyada, H., & Nasir, M. (2022). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(2), 1714-1723.

Setyo, S. (2021). Model-Model Pembelajaran Hybrid.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, H. (2010). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Generasi Kampus, 3(02), 92-114.

Triyono, M. G., & Dermawan, D. A. (2021). Analisis Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Di Smk Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 646-656.

Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan model hybrid learning dalam PTM terbatas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(3), 472-481.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209-220.

Downloads

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles