Pengembangan e-LKPD berbasis game-based learning berbantuan live worksheets pada materi pemetaan

Authors

  • Dynda Prista Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang
  • Tuti Mutia Universitas Negeri Malang
  • Sugeng Utaya Universitas Negeri Malang
  • Andi Irwan Bernadi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i12p1380-1395

Keywords:

e-LKPD, game-based learning, pemetaan, live worksheets

Abstract

Education plays a crucial role in creating the next generation of the nation who possess quality skills and thinking and can change the world for the better. In the development of education in Indonesia in 2023, schools have adopted the 'merdeka' curriculum in their learning processes. In the era of globalization, the implementation of the 'merdeka' curriculum involves the use of technology or digital means. Concerning the outlined issues, a researcher is interested in conducting a study on the development of teaching materials, specifically an E-LKPD (Electronic Learning and Teaching Materials) based on Game-Based Learning for mapping subjects. The developmental research aims to create the E-LKPD, measure its practicality, and assess the effectiveness of student learning outcomes. The developmental model applied in this research is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This developmental research employs both quantitative and qualitative data. For data collection techniques, the researcher uses surveys, interviews, and documentation, applying percentage techniques. The testing of the teaching material product will be carried out at Panjura Malang High School, Class X IPS. Based on evaluations from expert design validators, content expert validators, student responses, teacher responses, and the effectiveness test of student learning outcomes, it is concluded that the Game-Based Learning-based E-LKPD, aided by Live Worksheets, is highly suitable and appropriate for implementation in geography education for Class X IPS, especially for the topic of mapping.

Pendidikan memiliki peran krusial dalam menciptakan penerus bangsa yang memiliki kemampuan dan pemikiran berkualitas serta bisa mengubah dunia menjadi lebih baik. Perkembangan pendidikan di Indonesia tahun 2023 sekolah sudah menggunakan kurikulum merdeka dalam proses pembelajarannya. Pada era globalisasi, pengimplementasian kurikulum merdeka menggunakan bantuan teknologi atau secara digital. Terkait dengan isu yang telah diuraikan, peneliti tertarik untuk melakukan studi pengembangan bahan ajar E-LKPD berbasis Game-Based Learning pada materi pemetaan. Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD, mengukur tingkat kepraktisan, dan mengukur tingkat keefektifan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian yakni ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Penelitian pengembangan ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Pada teknik pengumpulan data, peneliti memakai teknik angket, wawancara, dan dokumentasi dengan menerapkan teknik persentase. Uji coba produk bahan ajar akan dilakukan di SMA Panjura Malang kelas X IPS. Berdasarkan evaluasi dari validator ahli desain, validator ahli materi, respon siswa, respon guru, dan uji keefektifan hasil belajar siswa, disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Game-Based Learning berbantuan Live Worksheets sangat cocok dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran geografi pada kelas X IPS, terutama pada topik pemetaan.

References

Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) pada Materi IPS untuk Siswa Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.386

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142.

Ainley, M. D., Hidi, S., & Berndorff, D. (2002). Interest, Learning, and the Psychological Processes That Mediate Their Relationship. Journal of Educational Psychology: American Psychological Association, 94(3), 545–561.

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6).

Arbayah, A. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2).

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa sma. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial),7(2), 92- 102.

Febrianto, A. D., Purwanto, P., & Irawan, L. Y. (2021). Pengaruh penggunaan media Webgis Inarisk terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada materi mitigasi dan adaptasi bencana. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 26(2), 73-84.

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1-13.

Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Husna, M. (2022). Pengembangan e-LKPD dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Problem Solving pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685.

Fryer, L. K. (2015). Predicting self-concept, interest and achievement for first-year students: The seeds of lifelong learning. Learning and Individual Differences, 38, 107-114.

Hartono, R. (2019). Kemampuan membaca peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) Skala 1: 25.000 oleh mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 24(1), 67-72.

Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., Tannuary, A. (2022). Socialization of The Implementation of Digital Literacy for Educators and Students in The Digital Era in Pematangsiantar City. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1683–1689. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.5864

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Technology: A Definition with Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143-151.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Musfiqon, M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128-135.

Nurhayati, S. (2021). Pendidikan Masyarakat menghadapi Digitalisasi. Bengkulu: El Markazi.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93-98.

Oktavia, R. (2022). Game Based Learning Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa.

Papastergiou, M. (2009). Digital Game-Based Learning in High School Computer Science Education: Impact on Educational Effectiveness and Student Motivation. Computers & Education, 52, 1-12. http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2008.06.004

Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383-388.

Prasetya, D, D., Sakti, W., & Patmanthara, S. (2013). Digital Game Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Tekno, 2(20), 45-50.

Prastowo, A. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi pendahuluan: E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131-140.

Putra, A. K., Sumarmi, S., Deffinika, I., & Islam, M. N. (2021). The effect of blended project-based learning with stem approach to spatial thinking ability and geographic skill. International Journal of Instruction, 14(3), 685-704. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14340a

Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/17

Rahayu, D., & Budiyono, B. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Rahmawati, M. M. E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh mind mapping dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 123-138.

Riduwan, R. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rifa, I. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flashbook.

Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sari, P. A., & Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, 3(2), 100–109.

Sax, G. (1980). Principles of educational and psychological measurement and evaluation (2nd ed.). California: Wandsworth Publishing Company.

Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjono, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Indeks.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sumaatmadja, N. (1996). Metodologi pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarmi, S. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2014). Geografi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Malang: Aditya Media Publishing.

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9936/4696

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1256–1268. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233

Syafiudin, M., Sumarmi, S., & Astina, I. (2011). Pengembangan modul geografi pariwisata dengan project-based learning untuk materi ekowisata pesisir dan laut di program studi S1 pendidikan geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 347-353. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6160.

Syifaâ, R. (2008). Psikologi humanistik dan aplikasinya dalam pendidikan. El-Tarbawi, 1(1), 99-114.

Tabroni, I., Jamil, N. A., & Nurarita, N. (2022). Merdeka Belajar Policy as a Strategy to Improve Quality of Education. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 13(01), 1-12.

Tabroni, I., Zulaikha, I., & Wijaya, R. (2022). Implementing Islamic Akhlak In Children In Family Education In Era 5.0. International Journal of Education, Social Sciencesandlinguistics, 2(1).

Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto, T. (2011). Panduan Lengkap penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto, T. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika.

Umam, M. C. (2019). Implementasi Teori Belajar Humanistik Carl R. Rogers Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tadrib, 5(2), 247-264.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Utomo, D. S., Sumarmi, S., & Susilo, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Litosfer Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(2).

Wang, Z., & Adesope, O. (2016). Exploring the Effects of Seductive Details with The 4- Phase Model of Interest. Learning and Motivation, 55, 65-77.

Downloads

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles