Strategi pengembangan Wisata Boonpring Andeman Kecamatan Turen, Kabupaten Malang menggunakan metode SWOT dan QSPM

Authors

  • Benediktus Janis Firnanda Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Nailul Insani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i12p1356-1371

Keywords:

pengembangan pariwisata, SWOT, QSPM

Abstract

Boonpring Andeman is a tourist attraction in Sanankerto, Turen District, Anyar Hamlet, Malang Regency. The objective of this study is to identify and analyse internal strengths and weaknesses, as well as external opportunities and threats, for tourism development at Boonpring Andeman. These factors will be a reference for tourism managers to make informed strategic decisions. The research employs a quantitative descriptive method with a case study approach. This research utilises data analysis techniques, specifically SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), based on the results of the IFAS and EFAS matrix analyses and the IE matrix. The IFAS matrix yielded a score of 3.37, while the EFAS matrix yielded a score of 2.85. The results of the IFAS and EFAS analyses, supported by the IE Matrix calculations, position the strategy in quadrant IV, which is Grow and Build. The Boonpring Andeman manager should follow a sequence of strategy sets that includes scheduling local community events regularly, maximizing attractive tourist destinations to encourage repeat visits, and improving manager performance. Maintaining objectivity and avoiding biased language when discussing the results is important. According to the QSPM matrix calculation, market penetration has the highest score.

Boonpring Andeman adalah salah satu objek wisata, yang terletak di Sanankerto, Kecamatan Turen, Dusun Anyar, Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor eksternal berupa peluang dan ancaman bagi pengembangan wisata di Boonpring Andeman, sehingga faktor-faktor tersebut dapat dijadikan acuan pengambilan keputusan strategi yang tepat untuk pengelola pariwisata dalam pengembangan wisata di Boonpring Andeman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu SWOT (Strength, Weakness, Opportinity, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dengan menggunakan hasil analisa matriks IFAS dan EFAS, matriks IE. Hasil matriks IFAS menghasilkan skor IFAS sebesar 3,37 sedangkan hasil matriks EFAS menghasilkan skor 2,85. Hasil dari analisis IFAS dan EFAS yang didukung dari perhitungan Matrix IE memposisikan strategi di kuadran IV yaitu Grow and Build atau tumbuh dan bina. Urutan set stategi yang sebaiknya digunakan oleh pengelola Boonpring Andeman yaitu mengagendakan acara/ event masyarakat setempat secara berkala, memaksimalkan destinasi wisata yang menarik agar wisatawan berkeinginan berkunjung kembali, memperbaiki dan meningkatkan kinerja pengelola untuk lebih tingkatkan lagi. Hasil perhitungan matriks QSPM menunjukan penetrasi pasar memiliki skor tertinggi.

References

Azizah, N. N., & Rahmawati, F. (2020). Strategi Pengembangan Agrowisata Melalui Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Edutourism Journal of Tourism Research, 2(01), 43-54.

de Fretes, R. A., Santoso, P. B., Soenoko, R., & Astuti, M. (2013). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Industri Pariwisata dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon). Jurnal Rekayasa Mesin, 4(2), 109-118.

Insani, N., Ariani, Y., Arachman, F. R., & Wibowo, D. A. (2020, May). Carrying capacity estimations to support tourism coastal management in Ungapan Beach Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 012036.

Kurniastuti, C. (2018). Pemilihan Strategi Pemasaran Desa Wisata Edukasi Dengan Metode Qspm.

Kurniawan, D. A., & Abidin, M. Z. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo melalui Analisis Matrik IFAS dan EFAS. Al Tijarah, 5(2), 93. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i2.3706

Mahsun, M., Rofiq, A., & Ismail, M. (2022). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Pariwisata Ramah Muslim Melalui SOAR Analysis dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). OECONOMICUS Journal of Economics, 6(2), 140-151.

Maulana, F. I., & Pratama, F. C. (2021). The sustainable development goals in boon pring tourism village turen malang with swot methods. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 739(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1755-1315/739/1/012051

Permana, F. H. (2014). Penyusunan Formulasi Strategi Pemasaran Pada Industri Pariwisata Dengan Pendekatan Strenght, Weakness, Opportunitty, Threat (SWOT) dan Qantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus pada Desa Wisata Wonosadi, Ngawen, Gunungkidul, Yogyakarta) (Doctoral dissertation UPN" Veteran" Yogyakarta).

Putra, I. N. W., Praptono, B., & Nafizah, U. Y. (2019). Formulation of Marketing Strategy for Bali Ragam Busana with Quantitative. E-Proceeding of Engineering, 6(2), 7317–7324.

Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode SWOT Dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309

Rozi, R. F., & Widodo, T. (2017). Analisis Quantitative Strategy Planning Matrix (qspm) Sebagai Landasan Untuk Menentukan Strategi Pengembangan Pada Industri Pariwisata Kota Batam. eProceedings of Management, 4(2).

Safitri, D. (2018). Penggunaan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Penentuan Alternatif Strategi Prioritas Bisnis Tapis (Studi Pada UMKM Tapis Ruwa Jurai Bandar Lampung). Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Saputra, Y. I. (2021). Perumusan Strategi Pengembangan Pariwisata pada Pantai Gemah di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Setyorini, H., & Santoso, I. (2017). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46-53.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Situmaeng, T. S. (2022). Penentuan Prioritas Strategi Pengembangan Pariwisata dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus Wisata Hiu Paus Botubarani). Skripsi, 1(931418068).

Winarko, A. I., & Rinawati, D. I. (2015). Pemilihan dan Pengembangan Obyek Wisata Kabupaten Kebumen Menjadi Obyek Wisata Unggulan Kabupaten Kebumen dengan Menggunakan Metode Ahp, Swot dan Qspm. Industrial Engineering Online Journal, 4(3).

Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Insani, N. (2019). Community-based tourism management in Santen Beach, Banyuwangi. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 012059.

Zulkarnain, A., Wahyuningtias, D., & Putranto, T. S. (2018, March). Analysis of IFE, EFE and QSPM matrix on business development strategy. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 126(1), 012062.

Zulni, A. (2016). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Pariaman Menggunakan Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Downloads

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles