Pendampingan optimalisasi pelayanan publik bagi aparatur desa dalam mewujudkan e-government di Kecamatan Gurah

Authors

  • Maulana Reza Pahlevi Universitas Negeri Malang
  • Maulana Achmad Maghfur Ichsan Universitas Negeri Malang
  • Mirna Fajar Rahmawati Universitas Negeri Malang
  • Hafizha Salma Sabila Universitas Negeri Malang
  • Sri Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i12p1338-1345

Keywords:

pelayanan publik, website

Abstract

The aim of this service is to improve public services in Gurah District, Kediri Regency. In this era that relies heavily on technology, the government is required to provide fast, responsive and efficient services. With technological developments, it is hoped that it will be easier for people to carry out various activities, especially those related to public services. Therefore, government employees must master technology. Through interviews by the Student Service Team with Gurah sub-district officials, information was obtained that there was no website available to optimize public services. From the results of observations, a bright spot was found in this problem which was caused by the lack of support from the central and regional governments in providing website access that made it easier for the public to access available information and public services. A series of student service events that have been carried out have resulted in the Gurah sub-district having a website that can support public services. Apart from that, sub-district officials can also collaborate with village officials in providing access to information in the village. Then the people of Gurah sub-district can also process letters online which can be done anywhere, without having to go to the Gurah sub-district office and the public can also quickly get news updates that are happening in each village.

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Di era yang serba mengandalkan teknologi ini, pemerintah dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat, tanggap, dan efisien. Dengan adanya perkembangan teknologi, diharapkan masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan berbagai aktivitas, khususnya yang berhubungan dengan pelayanan publik. Oleh karena itu, pegawai pemerintah harus menguasai teknologi. Melalui wawancara Tim Pengabdian Mahasiswa kepada aparatur kecamatan Gurah, diperoleh informasi bahwa belum ada website yang tersedia guna mengoptimalkan pelayanan publik. Dari hasil observasi, ditemukan titik terang dari permasalahan tersebut yang disebabkan karena tidak adanya dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah dalam penyediaan akses website yang memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi maupun pelayanan publik yang tersedia. Serangkaian acara pengabdian mahasiswa yang telah dilaksanakan, membuat kecamatan Gurah memiliki website yang dapat menunjang pelayanan publik. Selain itu, perangkat kecamatan juga bisa bekerjasama dengan aparat desa dalam penyediaan akses informasi yang ada di desa. Kemudian masyarakat kecamatan Gurah juga bisa mengurus surat secara online yang dapat dilakukan dimanapun, tanpa harus mendatangi kantor kecamatan Gurah dan masyarakat juga bisa secara cepat mendapatkan update berita yang terjadi di setiap desa.

References

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39-46.

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y. & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

RI. (2014). UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

RI. (2009). UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Yusmaida, Y., Neneng, N., & Ambarwari, A. (2020). Sistem Informasi Pencarian Kos Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Hill Climbing. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 68-74.

Downloads

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles