Pengaruh model pembelajaran Exo Olo Task berbantuan live worksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA

Authors

  • Irma Mariana Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang
  • Tuti Mutia Universitas Negeri Malang
  • I Komang Astina Universitas Negeri Malang
  • Bayu Wijayanto Univeritas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i12p1316-1330

Keywords:

model pembelajaran Exo Olo Task, live worksheets, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Critical thinking skills are key for students when studying geography, so researchers provide an effective model to improve students' critical thinking skills that are lacking in the learning process. This research uses the Exo Olo Task model because of several backgrounds. These backgrounds are (1) This model can develop critical thinking skills through Olo tasks including C4-C6, (2) This model has the advantage of being centered on student activities to learn basic and advanced learning activities that are by curriculum 13 learning, and (3) Teachers and students can easily understand this model because it features a simple learning syntax. This study aims to determine the effect of the Exo Olo Task learning model assisted by Live Worksheets on the critical thinking skills of high school students. This research uses a quantitative approach and a quasi-experiment type of research. The design in this study used a pretest-posttest control group design. This study uses subjects according to class determination derived from the average daily assessment of almost equal students, obtained the experimental class in class XI IPS 2 and the control class in XI IPS 3. Case study essay test with 5 questions made according to indicators of critical thinking skills. Data analysis techniques using t-tests must meet the criteria of normally distributed and homogeneous data. Based on the results of the t test calculation, the Sig (2-tailed) value is 0.000 and the probability value is 0.005. These results are following the decision making H1 is rejected and H0 is accepted. That means that there is an effect of the Exo Olo Task learning model assisted by Live Worksheets on the critical thinking skills of high school students.

Kemampuan berpikir kritis ialah kunci bagi siswa ketika mempelajari geografi, sehingga peneliti memberikan model yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang di rasa kurang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Exo Olo Task karena beberapa latar belakang. Latar belakang tersebut yaitu (1) Model ini dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui tugas Olo meliputi C4-C6, (2) Model ini memiliki keunggulan yaitu berpusat pada aktvitas siswa mempelajari kegiatan pembelajaran dasar serta lanjutan yang sesuai dengan pembelajaran kurikulum 13, serta (3) Guru dan siswa dapat mudah memahami model ini karena menampilkan sintaks pembelajaran yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Exo Olo Task berbantuan Live Worksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Dasar penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experiment. Rancangan pada pada penelitian ini menggunakan pretest-posttest control grup design. Penelitian ini menggunakan subjek sesuai penentuan kelas yang berasal dari rata-rata penilaian harian siswa yang hampir setara, diperoleh kelas eksperimen di kelas XI IPS 2 serta kelas kontrol di XI IPS 3. Tes esai studi kasus dengan 5 soal yang dibuat sesuai indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang harus memenuhi kriteria data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai probabilitas sebesar 0,005. Hasil tersebut sesuai dengan pengambilan keputusan H1 ditolak dan H0 diterima. Hal Itu artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Exo Olo Task berbantuan Live Worksheets terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.

References

Anisah, A., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Dengan Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 159-164.

Annida, S. F., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Lkpd Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pembelahan Sel. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 155. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.12111

Diharjo, R. F., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya kemampuan berfikir kritis siswa dalam paradigma pembelajaran konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs, 4(39), 445–449. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/899/571

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 468–474.

Irda, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Liveworksheets terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelalajaran Biologi Kelas X di SMA N 1 Punggur (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27-31.

Lasapa, N., Saneba, B., & Hasdin, H. Upaya Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Online, 5(1), 74–90.

Nofrion, N. (2019). Panduan Praktis Implementasi Model Pembelajaran EXO OLO TASK.

Oliver, J. (2013). Flip Your Class Now;Flipped Classroom Melalui Penerapan Model Pembelajaran Exo Olo Task. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ramdani, R., Muslimin, N. A., & Husein, H. (2022). Pengaruh Liveworksheets Dalam Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sman 3 Barru : Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3), 243–251.

Rizqiyah, S., Astutik, S., Apriyanto, B., Pangastuti, E. I., & Nurdin, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 1-9.

Sarjimin, H. Y., Sutiarso, S., & Suratinah, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Live Worksheet Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 99–108.

Sularmi, S., Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 475-479.

Supriana, I. K., Suastra, I. W., & Lasmawan, I. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 130–142. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1967

Utari, D. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMA Gajah Mada TP 2016/2017 (Doctoral dissertation).

Zulkarnain, Z., Fatimah, S., & Dahlan, J. A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 597–602. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2650

Downloads

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles