Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran geografi

Authors

  • Umi Fadhila Marshanda Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i11p1296-1302

Keywords:

model discovery learning, pemahaman siswa, quasi eksperimen

Abstract

One of the issues in teaching is the lack of student understanding. This investigation seeks to ascertain whether the Discovery Learning approach to learning has an effect on the comprehension of social studies students in class XI at SMAN 9 Malang City. Using a posttest-only group design, a quasi-experimental approach was used in this investigation. The experimental class was chosen, and the control class was chosen using a purposive sampling technique. In this study, various methods of data analysis were employed, including reliability tests, normality tests, validity tests, and non- parametric tests. The treatment given to the Discovery Learning learning model appears to have an impact on students' comprehension of the environmental impact analysis content, according to research findings. Drawing conclusions from the research results based on descriptive analysis calculations where the average control class is 70.14 while the experimental class has an average of 79.75. In addition, the results of the non-parametric test are also the reason for making a decision which Asymp. Sig value. (2-tailed) is 0.000 less than 0.05, it can be concluded that the research hypothesis is accepted.

Salah satu masalah dalam pengajaran adalah kurangnya pemahaman siswa. Penelitian ini berusaha untuk memastikan apakah pendekatan pembelajaran Discovery Learning berpengaruh untuk membantu pemahaman siswa kelas XI IPS SMAN 9 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian berupa posttest-only group design dengan metode quasi experiment. Kelas eksperimen dipilih, dan kelas kontrol dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan berbagai metode analisis data, antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji nonparametric. Hasil dari pengolahan data, mengatakan bahwa pemahaman siswa terhadap materi analisis mengenai dampak lingkungan dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran Discovery Learning di kelas eksperimen. Pengambilan kesimpulan dari hasil penelitian berdasarkan perhitungan analisis deskriptif dimana rata-rata kelas kontrol 70,14 serta kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,75. Selain itu hasil dari uji non-parametrik juga menjadi alasan dari pengambilan keputusan yang mana nilai Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan hipotesis penelitian diterima.

References

Ardani, A., Utaya, S., & Budijanto, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Service-Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2145-2151.

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., & Noerdianasari, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and picture terhadap hasil belajar geografi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 19-28.

Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Teknologi Pembelajaran, 4(2), 826–838.

Kadir, S. H. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 1(2), 118–125.

Lestari, D. A., Suroso, S., & Suharini, E. (2020). Hubungan Aktivitas Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 73 Jakarta. Edu Geography, 8(1), 18-23.

Lusiana, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Menganalisis Alur, Babak, Dan Konflik Dalam Drama Di Kelas Xi Mia 1 Sma Cahaya Medan Tp 2020/2021. Quaerite Veritatem: Jurnal Pendidikan, 1(2), 55-63.

Novio, R., & Mariya, S. (2017). Pendekatan Saintifik dengan Sintak Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning) pada Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 6(1), 100.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314.

Pratiwi, S. Z., Umar, R., & Saputro, A. Improving Student Learning Outcomes in Geography Learning Through the Discovery Learning Model.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Rahayu, I. P., & Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tematik. Journal of Education Action Research, 3(3), 193-200.

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1060-1064.

Wahyuni, S. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 101-106.

Waluya, B. (2008). Penggunaan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Geografi. Jurnal Pendidikan Geografi FPIPS UPI, 2(1), 1-9.

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles