Pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada submateri analisis dampak lingkungan dalam proses pembangunan

Authors

  • Syafuroh Qurroti A’yun Universitas Negeri Malang
  • Dwiyono Hari Utomo Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i11p1288-1295

Keywords:

guided discovery learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

The guided discovery learning model fosters high curiosity so that students play an active role in learning. This study aims to determine whether the guided discovery learning model affects students' critical thinking skills in analyzing environmental impacts in the development process. This type of research is a quasi-experiment using a pre-posttest control group design. The research subjects were social studies students of class XI SMAN 1 Dampit totaling 56 (27 experimental and 29 control class students). The instrument was an essay test question. Data analysis used the Mann-Whitney test from the resulting N-Gain value. Data analysis showed that the Sig value (2-sided) was 0.000 less than 0.05. The guided discovery learning model significantly affected students' critical thinking skills on the sub-material of environmental impact analysis in the development process.

Model pembelajaran guided discovery learning menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada submateri analisis dampak lingkungan dalam proses pembangunan. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment menggunakan pre-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa IPS kelas XI SMAN 1 Dampit yang berjumlah 56 siswa (27 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol). Instrumen berupa soal tes esai. Analisis data menggunakan uji mann whitney dari nilai N-Gain yang dihasilkan. Analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig (2-sided) adalah 0,000 kurang dari 0,05 sehingga model guided discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. pada submateri analisis dampak lingkungan dalam proses pembangunan.

References

Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah Dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(4).

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual; Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif Kti) (3rd Ed.). Jakarta: Kencana.

Dahliana, K., & Saminan, S. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2).

Diharjo, R. F., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs, 4(39).

Hadi, H. (2020). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Geografi Abad 21. Jurnal Genta Mulia, XI(2).

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Edukimia, 1(1), 16–22.

Hariyadi, S. (2014). Bertanya, Pemicu Kreativitas Dalam Interaksi Belajar. Biosel: Biology Science and Education, 3(2).

Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Herlina, N. (2017). Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Penegakan Hukum Lingkungan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 3(2).

Indarta, A. S., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3).

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. https://www.kemdikbud.go.id.

Mahfuzah, B. A., Utomo, Y., & Munzil, M. (2018). Efektivitas GDL (Guided Discovery Learning) dan Problem Solving terhadap KBK (Keterampilan Berpikir Kritis) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6).

Martine, G., & Alves, J. (2015). Economy, society and environment in the 21st century: Three pillars or trilemma of sustainability? Revista Brasileira de Estudos de Populacao, 32(3).

Mukarromah, M., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2020). Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2).

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10).

Nursidah, N., Suharto, B., & Rusmansyah, R. (2019). Penerapan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Vidya Karya, 34(1).

Nuryanti, N., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2).

Padmowihardjo, S. (2014). Psikologi Belajar Mengajar. In: Pengertian Psikologi Belajar Mengajar dan Definisi Proses Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Putra, A. K., Sumarmi, S., Deffinika, I., & Islam, M. N. (2021). The effect of blended project-based learning with stem approach to spatial thinking ability and geographic skill. International Journal of Instruction, 14(3).

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (Vol. 1).

Rawung, W., Katuuk, K., Rotty, V., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1).

Rimbano, D., & Rahma, M. (2019). Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 24(3).

Ristanto, R. H., Ahmad, A. S., & Komala, R. (2022). Critical thinking skills of environmental changes: A biological instruction using guided discovery learning-argument mapping. Participatory Educational Research, 9(1).

Setyawan, D. A. (2020). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Uji Homogenitas Data dengan SPSS. In Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Sinastekmapan, 1(November 2018).

Utomo, D. H. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Meteorologi-Klimatologi berdasarkan Brain Based Learning. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Widura, H. S., & Karyanto, P. J. A. (2015). Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas X SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bio-Pedagogi, 4(2).

Wijayanti, D., Anwar, S., Khairani, K., & Sukhaimi, N. A. (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Kurikulum 2013. Journal on Education, 4(2), 837–843.

Winangun, W., & Tristaningrat, T. (2021). Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Mimbar Ilmu, 26(3).

Zanna, N., & Sitompul, M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2).

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles