Pengaruh pengalaman mengajar guru SMP terhadap keterampilan bertanya tingkat dasar dan lanjut

Authors

  • Runing Fikriyah Asyarifah Universitas Negeri Malang
  • Sella Mardiani Universitas Negeri Malang
  • Shinta Dea Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Syamsudin Gafia Universitas Negeri Malang
  • Udi Faillah Universitas Negeri Malang
  • Yuditha Oktaviane Puteri Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i11p1246-1255

Keywords:

pembelajaran, pengalaman mengajar, keterampilan bertanya

Abstract

One of the basic teaching skills that is important for a teacher to have is the skill of asking questions. Questioning skills are one of the basic teaching skills that are very important in the process of implementing learning. Questioning skills are divided into two, namely basic level questioning skills and advanced questioning skills. The skill of asking questions has several purposes, including generating motivation, arousing interest and curiosity, focusing attention, training and improving questioning skills, diagnosing the level of learning difficulties, measuring the level of student understanding, and developing how students learn actively and productively. This study aimed to determine the effect of junior high school teachers' teaching experience on basic and advanced questioning skills. This research uses the type of ex post facto research. Data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Source of data used in the form of primary and secondary data. The data analysis technique is descriptive statistical analysis in the form of normality tests and regression tests. The results of this study are that the variable does not significantly affect the questioning skills variable.

Salah satu keterampilan dasar mengajar yang penting dimiliki oleh seorang guru adalah keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya merupakan salah satu keterampilan dasar mengajar yang sangat penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Keterampilan bertanya dibagi menjadi dua yaitu keterampilan bertanya tingkat dasar dan keterampilan bertanya tingkat lanjut. Keterampilan bertanya memiliki beberapa tujuan antara lain yaitu menimbulkan motivasi, membangkitkan minat dan rasa ingin tahu, memusatkan perhatian, melatih dan meningkatkan keterampilan bertanya, mendiagnosis tingkat kesulitan belajar, mengukur tingkat pemahaman siswa, dan mengembangkan cara siswa belajar aktif dan produktif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengalaman mengajar guru SMP terhadap keterampilan bertanya tingkat dasar dan lanjut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik analisis data yaitu analisis statistic deskriptif berupa uji normalitas dan uji regresi. Hasil penelitian ini yaitu variabel tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel keterampilan bertanya.

References

Darmadi, D., & Putra, R. A. (2020). The low level of biology teacher candidate questioning skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 47–54. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10503

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Indriani, D., Djahir, Y., & Barlian, I. (2015). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Di Smp Negeri 27 Oku. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 131–143.

Israwati, I., Adnan, A., Husin, M., Mustafa, F., & Rahayu, R. (2020). Peranan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya di SD Negeri 56 banda Aceh. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(1), 30–37. https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.30-37

Komalasari, E., Fitriani, W., Desmita, & Nisa, F. (2022). Perilaku Pengasuhan Orang Tua Di Era Digital (Penelitian Ex-Post Facto pada Orang Tua di Provinsi Sumatera Barat) (Vol. 4).

Kristiana, D., & Muhibbin, A. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaranmatematika di SMP. Manajemen Pendidikan, 13(2), 204–209. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7488

Lavrenova, M., Lalak, N. V., & Molnar, T. I. (2020). Preparation of Future Teachers for Use of ICT in Primary School. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup1), 185–195. https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup1/230

Nurdiansyah, J. R., & Saminan, S. (2019). Keterampilan Bertanya Guru SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, Vol.7(1), 44–54.

Nurramadhani, A. (2019). Profil Kualitas Keterampilan Bertanya Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Sains. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i2.1302

Rahayu, I., & Sunarti, N. U. (2015). Pengaruh penggunaan media pendidikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran menghias busana di SMKN 2 Godean. Jurnal Keluarga, Vol 1.

Sasota, R. S., Cristobal, R. R., Sario, I. S., Biyo, J. T., & Magadia, J. C. (2021). Will–skill–tool (WST) model of technology integration in teaching science and mathematics in the Philippines. Journal of Computers in Education, 8(3), 443–464. https://doi.org/10.1007/s40692-021-00185-w

Taufik, R., Rivaie, W., & Sulistyarini, D. (2013). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pelajaran Sosiologi di Kelas Xi Sma Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(4), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1787

Zein, R., & Maielfi, D. (2020). Penerapan keterampilan bertanya mahasiswa untuk stimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs) anak TK. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i1.1644

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles