Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik XII MAN 1 Trenggalek

Authors

  • Wildan Wilujeng Zakiy Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i11p1237-1245

Keywords:

geografi, discovery learning, kemampuan spasial

Abstract

Discovery Learning is a learning model that intend training spatial of thinking skills because in the learning process each student are given the opportunity to independent active role such as problem identification, data collecting, data processing, looking for proof, until conclude the acquisition data that makes them have ability to solve problems in learning material. The study aims to determine the effect of the Discovery Learning model on students spatial thinking skills. This research is a quasi-experimental study with two classes there are the experimental class and the control class which were determined by random sampling. The subjects in this study were students of class XII IPS 1 and XII IPS 2. The data collection technique used (posttest), the data was obtained by analyzed of the independent sample t-test. The effect of learning was tested with the Levene test. The analysis made final result that shows the Discovery Learning Model has an effect on the spatial abilities of students, and the experimental class is better than the control class.The results can be proven from the hypothesis test to obtain a significance of 0.00, which means smaller than 0.05, then H0 is rejected, meaning H1 is accepted. The results of these findings prove that the experimental class experienced a greater increase.

Discovery Learning merujuk pada model pembelajaran yang bertujuan melatih peserta didik agar memiliki kemampuan berpikir secara spasial karena dalam prosesnya setiap peserta didik memperoleh kesempatan untuk aktif dan mandiri dalam melakukan kegiatan interaktif seperti mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mengolah data yang diperoleh, mencari pembuktian, hingga menyimpulkan data-data perolehannya yang mana akan membuat mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam materi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan memahami pengaruh yang ditimbulkan model Discovery Learning pada kemampuan peserta didik untuk berpikir spasial. Penelitian menerapkan penelitian kuasi eksperimen terdiri dari dua kelas yakni, kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilakukan berdasarkan random sampling. Peserta didik kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 adalah subjek penelitian yang peneliti gunakan. Proses pengumpulan data dengan teknik (postest) dimana data dihasilkan dari hasil analisis uji independent sample t-test. Kemudian pengaruh pembelajaran menggunakan uji Levene test. Hasil dari analisis menunjukan Model Discovery Learning terdapat pengaruh pada kapabilitas spasial di kalangan peserta didik.serta kelas eksperimen berbanding baik daripada kelas kontrol. Pembuktian hasil menggunakan uji hipotesis didapati nilai signifikansi 0,00 berarti lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak artinya H1 diterima. Hasil dari temuan tersebut membuktikan kelas eksperimen meningkat lebih besar.

References

Ahmad, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kelas X Sma Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 299. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1697

Aliman, M. (2016). Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Spatial Thinking. Prosiding Seminar Nasional Geografi "Kecerdasan Spasial dalam Pembelajaran dan Perencanaan Pembangunan”, November 2016.

Aliman, M., Mutia, T., & Yustesia, A. (2018). Integritas kebangsaan dalam tes berpikir spasial. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2018.

Endang, K. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Refika Aditama.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Imam, G. (2018). Open Library - Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, S., & Farida, F. (2012). Pengaruh Minat, Kemandirian, Dan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp Negeri 5 Ungaran. Dinamika Pendidikan, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4913

Halek, D. H. (2019). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filosafi. Jurnal Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(2), 1. https://doi.org/10.32663/georaf.v3i2.567

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

Hermawati, L. I., & Andayani, E. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru, Model Discovery Learning, dan Gaya Belajar terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(1), 22–30. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4761

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Huda, M. N., Mulyono, Rosyida, I., & Wardono. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798–806.

Huynh, N. T., & Sharpe, B. (2013). An Assessment Instrument to Measure Geospatial Thinking Expertise. Journal of Geography, 112(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/00221341.2012.682227

Lukman, S., Rindarjono, M. G., & Karyanto, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD terhadap Hasil Belajar Geografi Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jatinom Klaten Tahun Pelajaran. Jurnal GeoEco, 114–127.

Melani, R. (2012). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 66, 37–39.

Mohan, A., & Mohan, L. (2013). Spatial Thinking About Maps Development of Concepts and Skills Across the Early Years. In National Geographic Education Programs (hal. 1–45). National Geographic. https://media.nationalgeographic.org/assets/file/SpatialThinkingK-5FullReport.pdf

Murjainah, M., Okta, O., & Harapan, E. (2019). Aktivitas Belajar Siswa Pada Praktikum Penginderaan Jauh Di Sma. JURNAL GEOGRAFI Geografi dan Pengajarannya, 17(2), 15-24.

Nofirman, N. (2018). Studi Kemampuan Spasial Geografi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Georafflesia, 3(2), 11–24. https://doi.org/10.32663/georaf.v3i2 .566

Oktavianto, O., Sumarmi, S., & Handoyo, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 21, 59–69.

Pratiwi, P., Zhiddiq, S., Umar, R., & Saputro, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Model Discovery Learning. LaGeografia, 19(2), 226. https://doi.org/10.35580/lageografia.v19i2.14706

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Sani, B., & Kurniasih, I. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintific Untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara.

Sari, N. N. U., Murjainah, M., & Tobari, T. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Resitasi Berbasis Information Communication Technology (Ict) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Palembang. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 3(2), 102. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2600

Sari, N., Darmadi, W. I., & Saehana, S. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Fisika antara Siswa yang Belajar melalui Model Pembelajaran Discovery berbantuan Simulasi Komputer dengan Model Konvensional di SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(4), 12-16.

Setiawan, I. (2016). Peran Sistem Informasi Geografis (Sig) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking). Jurnal Geografi Gea, 15(1). https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4187

Sma, D. P. (2013). Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Direktorat Pembinaan SMA.

Sugiyono, S. (2012). Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165–174.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya.

Syarif, E., Syamsunardi, S., & & Saputro, A. (2020). Implementation of Discovery Learning to Improve Scientific and Cognitive Attitude of Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 23–31. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.11975

Ilahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Skill. Diva Press.

Ulumi, D. F., Maridi, & Rinanto, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Journal Pendidikan Biologi, 7(2), 68–79.

Urfan, F. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kecerdasan Spasial Peserta Didik Melalui Affordance dan Geo-Literacy Menggunakan Analisis Jalur (Studi Kasus SMA Negeri di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung). Jurnal Geografi Gea, 16(2), 105. https://doi.org/10.17509/gea.v16i2.3281

Widayanto, W. (2021). The Effectiveness of Discovery Learning Model in Writing Descriptive Text. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(2), 196–214.

Winarno, W., & Setiawan, J. (2013). Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling). Jurnal ULTIMA InfoSys, 4(1), 45–51. https://doi.org/10.31937/si.v4i1.241

Downloads

Published

2023-12-14

Issue

Section

Articles