Pengembangan media powerpoint interaktif materi mitigasi dan adaptasi bencana alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Authors

  • Zumrotus Sholichah Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang
  • Alfi Sahrina Universitas Negeri Malang
  • Djoko Soelistijo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i10p1160-1172

Keywords:

pengembangan media pembelajaran, powerpoint interaktif, mitigasi dan adaptasi bencana alam

Abstract

The function of schools in the 21st century has expanded, teachers are required to create learning following the standards of the educational process to produce quality graduates and be able to overcome complex problems. One of the efforts in improving students' abilities is through the learning process. Nowadays, students need learning that involves visual representation of data to attract attention. It can be represented in interactive Powerpoint media. The aim of this study is to produce a viable product in the form of interactive Powerpoint media material on natural disaster mitigation and adaptation to improve student learning outcomes. Research procedure used is ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The data used is quantitative with the collection technique through assessment questionnaires, response questionnaires, and tests. Once collected, the data are analyzed by percentage descriptive analysis techniques. Product trials were carried out in two classes, namely the experimental class (XI 6) and the control class (XI 5). The results of validating the feasibility of media experts obtained 93.3 percent and design experts 70.1 percent. The results of the product trial to students received 83.2% responses and from teachers 83.5 percent. As well as the average value obtained by XI 6 is higher than XI 5. Thus, it is known that the use of interactive Powerpoint media for natural disaster mitigation and adaptation materials has a positive influence on student learning outcomes.

Fungsi sekolah di abad-21 mengalami perluasan, guru diharuskan menciptakan pembelajaran sesuai dengan standar proses pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan mampu mengatasi permasalahan yang kompleks. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa yaitu melalui proses belajar. Saat ini, siswa membutuhkan pembelajaran yang melibatkan representasi visual data untuk menarik perhatian. Hal tersebut dapat direpresentasikan dalam media Powerpoint interaktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk yang layak berupa media Powerpoint interaktif materi mitigasi dan adaptasi bencana alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang digunakan berjenis kuantitatif dengan teknik pengumpulannya melalui angket penilaian, angket tanggapan, dan tes. Setelah terkumpul, data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Uji coba produk dilakukan kepada dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI 6) dan kelas kontrol (XI 5). Hasil validasi kelayakan ahli media memperoleh 93,3 persen dan ahli desain 70,1 persen. Hasil uji coba produk kepada siswa memperoleh tanggapan 83,2 persen dan dari guru 83,5 persen. Serta nilai rata-rata yang diperoleh XI 6 lebih tinggi dibanding XI 5. Demikian, diketahui penggunaan media Powerpoint interaktif materi mitigasi dan adaptasi bencana alam memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

References

Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. In M. I. A. Syauqi (Ed.), Laksita Indonesia (1st ed., Issue January 2018). Penerbit Laksita Indonesia. https://idr.uin-antasari.ac.id/16140/1/Ani Cahyadi Pengembangan Media %28book%29.pdf

Dolong, H. M. J. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 300. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3484

Fadilah, I., & Kartini, K. (2019). Identifikasi Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Pembelajaran Fisikan di MAN 1 Batanghari. Sukma, 3(1), 217–231.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model ProFitri, Mahmidatul, Putri Yuanita, and Maimunah Maimunah. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Me. Jurnal Gantang, 5(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Geminiawan, I. P. H. E., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2018). Karakteristik Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 91. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17216

Hadi, H. (2020). Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Geografi Abad 21. Genta Mulia, XI(2), 220–232. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/468/416

Hakiki, A. R. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Articulate Storyline 3 Pada Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Universitas Negeri Malang.

Magfirah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1 No. 2(2776–8872), 51–58.

Majir, A. (2020). Paradikma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. Deepublish.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Pendidikan IPS, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743

Pakpahan, A. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pangestu, B. A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Mobile Learning Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam [Universitas Negeri Malang]. http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=104934

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543.

Rahmani, N. F. (2014). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Pembelajaran Wayang Untuk Siswa Smp Kelas Viii D.I. Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta].

Riyadi, I. P., Prayitno, B. A., & Marjono, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 80–93. https://media.neliti.com/media/publications/119339-ID-none.pdf

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan dan Hasil, 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. UNY Press.

Tabroni, T. (2013). Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6(5). http://hdl.handle.net/10673/1965

Wahyuny, I. N. (2017). Pengembangan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islam dan Produk Halal dengan “ADDIE.” Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. In D. Febiharsa (Ed.), Cerdas Ulet Kreatif Publisher (1st ed., Vol. 1, Issue 9). Penerbit Cerdas Ulet Kreatif. https://www.researchgate.net/publication/313161626%0D

Wukandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.34

Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p037

Yunita, R., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 284–289. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p284

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles