Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Mazra’atul Ulum Paciran

Authors

  • Ihda Sholihatin Nisa’ Universitas Negeri Malang
  • Budijanto Budijanto Universitas Negeri Malang
  • Satti Wagistina Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i10p1098-1110

Keywords:

problem-based learning, geografi, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Students' critical thinking skills can be trained through problem-based learning (PBL) learning models. This study aimed to determine the effect of problem-based learning on students' critical thinking skills in geography lessons. The type of research used was a quasi-experiment with a posttest only control group design involving 2 classes based on a purposive sampling technique. The instrument used is an essay with indicators of critical thinking skills. The research was conducted at SMA Mazra'atul Ulum Paciran Lamongan. The subjects of this study were XI IIS 2 as the control class and XI IIS 1 as the experimental class. The instrument used is the independent sample T-test. Based on the test results with the t-test, the sig value was obtained. 2 tailed is 0.002 less than 0.05, meaning there is a significant difference between critical thinking skills in the class using the PBL and conventional models. The results also show that the experimental class has a higher critical thinking ability than the control class. It can be concluded that PBL affects students' critical thinking skills at SMA Mazra'atul Ulum Paciran.

Kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilatih melalui model pembelajaran problem-based learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain posttest only control group desain yang melibatkan 2 kelas berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes essay dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di SMA Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Subjek penelitian ini yaitu XI IIS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu Independent sample T-test. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji-t diperoleh nilai sig. 2 tailed sebesar 0,002 kurang dari 0,05 yang berarti, ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menggunakan model PBL dan konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan jika kelas eksperimen memiliki nilai kemampuan berpikir kritis lebih unggul dari kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa PBL berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Mazra’atul Ulum Paciran.

References

Alwi, I. (2017). Kajian Kurikulum Pendidikan.

Amin, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 25-36.

Anjarsari, P. (2014). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam Pembelajaran IPA SMP.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Azhar, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Damanhuri, D. (2016). Landasan Teori pengertian pendidikan.

Fikriyah, M., & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal pembelajaran fisika, 4(2).

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Hasan, H. (2019). Arah dan kebijkan kurikulum di Indonesia.

Irfan, M. (2018). Implementasi Problem Based Learning dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Tingkat Dasar dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA 1 Arjasa Tahun Ajaran 2018/2019.

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Permendikbud nomor 81A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasari, K. (2014). Tinjauan tentang kurikulum 2013.

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/¬kiprah.v8i1.2063

Marviyanasari, M. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Melalui Model Mind Mapping.

Ni’am, K. (2017). Tentang Pendidikan Karakter.

Nopia, R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur Air (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas V di SDN Pasanggrahan II dan SDN Pasanggrahan III di Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Novitasari, R., Anggraito, Y. U., & Ngabekti, S. (2015). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 4(3).

Prasetyo, A. (2019). Pengertian pendidikan menurut ahli.

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).

Rahayu, A. P. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan.

Rahayuningsih, S., Kristiawan, I., Wisnuwardhana, U., & Wisnuwardhana, U. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Rosyida, Y. N. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Critical Thinking Peserta Didik pada Pembelajaran Geografi Kelas X IS 2 di SMA Negeri 1 Banyudono.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Sulistiani, E. (2015). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA.

Suparlan, S. (2007). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media audio visual pada materi ikatan Kimia terhadap penguasaan konsep dan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 96-105.

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles