Pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa

Authors

  • Nur Fahmi Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang
  • Ifan Deffinika Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i10p1081-1097

Keywords:

discovery, berpikir kritis, minat belajar

Abstract

One of the skills that need to be possessed by students as the 2013 curriculum demands in the 21st century is critical thinking skills. The purpose of this research is (1) to determine the effect of the discovery model assisted by audio-visual media on critical thinking skills in geography subjects (2) in order to determine the effect of the discovery model assisted by audio-visual media on critical thinking skills in terms of student learning interest. This type of research is a quasi-experimental research design with posttest only control group design. The subjects used in this study were class XI IPS 2 as the experimental class and XI IPS 1 as the control class. Students' critical thinking ability is measured using an essay test that leads to indicators of critical thinking ability. The moderator variable in this study is students' interest in learning which is measured using a questionnaire instrument. The hypothesis in this study uses an independent sample t-test and two-way ANOVA assisted by IBM SPSS Statistics 25. From the results of the independent sample t-test test, it gives significant results, namely 0.000 less than 0.05. This value indicates an effect of discovery model assisted by audio-visual media on critical thinking skills. While the two-way ANOVA test results show a significant level of 0.032 less than 0.05, it can be concluded that there is an effect of discovery model assisted by audio-visual media on critical thinking skills in terms of student interest in geography subjects at SMA Negeri 2 Lambu.

Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh siswa sebagai tuntutan kurikulum 2013 pada abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah  (1) untuk mengetahui pengaruh dari model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir  kritis pada mata pelajaran geografi (2) agar dapat mengetahui pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur menggunakan tes essay yang mengarah pada indikator kemampuan berpikir kritis. Variabel moderator pada penelitian ini yaitu minat belajar siswa yang diukur menggunakan instrumen angket. Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan two way anova berbantuan IBM SPSS Statistics 25. Dari hasil uji independent sample t-test memberikan hasil yang signifikan yaitu 0.000 kurang dari 0.05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa  terdapat pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis.  Sedangkan hasil dari uji two way anova menunjukkan taraf nilai signifikan sebesar  0.032 kurang dari 0.05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model discovery berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 2 Lambu.

References

Achru P, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Adnyani, N. P. S., Manuaba, I. S., & Putra, D. K. N. S. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 398–408. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27428

Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31608

Agustriana, A., Ningrum, E., & Somantri, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dukupuntang. Antologi Pendidikan Geografi, 3(1), 1–16.

Ahmatika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 28–35.

Feriana, T. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery Based Learning dan Group Investigation Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 12 Semarang. https://lib.unnes.ac.id/27316/

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IX-D SMPN 17 Malang. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 580–590.

Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(2), 57–62.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan, 597–602.

Fuad, Z. A., & Zuraini, Z. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 45–54.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.

Hartina, D. D. D., Haryanto, Z., Ningrum, M. V. R., & Goma, E. I. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Jurnal Georafflesia, 6(1), 11–19.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 121–126.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.281

Karo, S. I. R. K., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, 7(1), 91–96.

Kasim, M. (2011). Pentingnya Motivasi dan Minat Terhadap Manajemen Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal ACADEMICA Fisip Untad, 03(02), 665–673. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/academica/article/download/2278/1473

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Monika, G. T., & Muhibbin, A. (2021). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Menggunakan Strategi Point Counterpoint Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI TKJ A SMK Adi Sumarmo Colomadu Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mukarromah, A., & Sartono, E. K. E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Model Discovery Learning Berdasarkan Pembelajaran Tematik. Indonesia Journal of Primary Education, 2(1), 38-47. http://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11844

Muslihudin, A. (2019). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Video Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 74–86.

Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma, 2, 854–861.

Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48–57.

Ningrum, K. D. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V di SDN Manggarai 09 Pagi Jakarta Selatan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar 2018.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Pendidikan Kimia Indonesia 23 Amallia Nugrahaeni, I Wayan Redhana, I Made Arya Kartawan. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1308–1314.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10.

Potu, T. R., & Poluakan, C. (2020). Pengaruh Model Discovery Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMPN 2 Poigar. Science Learning Journal, 1(2), 41–45.

Prasetyana, S. D., Sajidan, S., & Maridin, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning yang Diintegrasikan Dengan Group Investigation Pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri Karangpandan. Inkuiri, 4(2), 135–148. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Pratiwi, D. P., & Mu’nisah, M. (2020). Keefektifan Model Discovery Learning Berbantuan Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Joyful Learning Journal, 9(3), 133–137.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Formatif, 7(2), 171–179.

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Gaya dan Penerapannya.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246-253.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11-23. Https://Doi.Org/10.21009/Jpd.061.02.

Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865

Sapitri, U. E., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Kalor. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(2), 64–66. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.66

Sartono, N., Rusdi, R., & Handayani, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Process Oriental Guided Inquiry Learning (Pogil) dan Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMAN 27 Jakarta Pada Materi Sistem Imun. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 58-64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.8

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA SD. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226–234. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.723

Suasti, Y. (2013). Pengembangan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Geografi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UNP, 2(2), 44–65.

Suharwati, S. I., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 74-79.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68.

Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan metode demontrasi dan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 151-158.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).

Widyastuti, E. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 33–40.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.358

Wulandari, Y. I., Sunarto, S., & Totalia, S. A. (2016). Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2), 224–233.

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles