Pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19: Identifikasi kesulitan guru dan upaya mengatasinya pada mata pelajaran Geografi SMA Negeri

Authors

  • Dian Nofita Sari Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Nailul Insani Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i10p1066-1080

Keywords:

identifikasi, kesulitan guru, pembelajaran daring

Abstract

Due to the COVID-19 pandemic, the government made a decision by conducting the learning process from home through online learning. This study aims to identify the difficulties of geography teachers in public high schools and efforts to overcome them in online learning during the COVID-19 pandemic. This research method is descriptive quantitative. The population of this study were 12 geography teachers of public high schools in Kediri Regency. Data collection techniques by distributing questionnaires in the form of a questionnaire. Data analysis used the percentage technique to compare the frequency of answers to questions in each category with the number of respondents. The results obtained with a score of 47 can be classified as having difficulty. Geography teachers in Kediri Regency have difficulty delivering material, managing classes, evaluating students, low internet mastery skills, low student readiness in online learning and inadequate student learning environment situations make it difficult for teachers to optimize the learning process. Efforts to overcome the teacher by participating in MGMP activities to increase information so that the implementation of online learning is more effective. Teachers can operate applications, improve communication with students and collaborate with parents face-to-face to optimize the achievement of learning objectives.

Adanya pandemi COVID-19 pemerintah mengambil keputusan dengan melakukan proses pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru geografi SMA Negeri dan upaya mengatasinya pada pembelajaran daring saat masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 12 guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner berupa angket. Analisis data menggunakan teknik persentase untuk membandingkan frekuensi jawaban pertanyaan tiap kategori dengan jumlah responden. Diperoleh hasil skor 47 dapat diklasifikasikan mengalami kesulitan. Guru geografi di Kabupaten Kediri mengalami kesulitan menyampaikan materi, mengelola kelas, mengevaluasi siswa, rendahnya kemampuan penguasaan internet, kesiapan siswa dalam pembelajaran daring yang rendah dan situasi lingkungan belajar siswa yang kurang memadai membuat guru kesulitan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Upaya mengatasi yang dilakukan guru dengan mengikuti kegiatan MGMP untuk meningkatkan informasi agar pelaksanaan pembelajaran daring lebih efektif. Guru dapat mengoperasikan aplikasi, meningkatkan komunikasi dengan siswa dan bekerjasama dengan orang tua secara tatap muka untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi COVID-19. ELSE (Elementary School Education Journal, 5(1), 198–209.

Ariesca, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.86

Dahlia, S., Tricahyono N. H., & Adiputra, A. (2021). Peningkatan Kapasitas Guru Geografi Memanfaatkan Media Pembelajaran Online dan Offline di Masa Covid 19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 651–658. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4527

Fauziah, P. S., Kusdiana, A., & S, R. W. (2018). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 106. https://doi.org/¬10.17509/¬ijpe.v2i1.13754

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Firdaus, A. A. (2021). Perubahan Model Dan Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(2), 1–11. https://doi.org/¬10.47668/-pkwu.v8i2.92

Florianus, A. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan, 13(2777–0842), 66–80.

Haryadi, R., & Al’ayubi, M. W. (2020). OKE MAS (Optimalisasi Kegiatan E-learning Menjadi Aktif dan Soluktif) Upaya Peningkatan Sektor Ekonomi dan Pendidikan di Masa Pandemi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 390–395.

Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 428. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333

Jayawardana, H. B., Zahro, I., & Pertiwi, E. P. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Paud Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Solusinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 40–50. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6647

Kholipah, N., Arisanty, D., & Hastuti, K. P. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 7(2), 24–33. https://doi.org/10.20527/jpg.v7i2.10206

Lailiyah, M., Umayaroh, S., & Kartini, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 525–534. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p525-534

Mawaddah, S. A., & Puspasari, D. (2021). Hambatan Guru pada Saat Melakukan Pembelajaran Daring Selama Work from Home (WFH) di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Edukasi, 8(2), 1–10. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26826

Mulianingsih, F., Khoirul, A., Shintasiwi, F. A., & Rahma, anggi jazilatur. (2020). Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Social Science Teaching, 4(2), 86–95.

Prajodi, D., & Afrila, D. (2022). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) di SMA DB 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 5(1), 97-109.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/49-54

Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 159-174.

Sae, D., & Sihorang, H. (2020). Analisis Hambatan Guru MIPA dalam Pembelajaran Daring di SMAS KR. Rantepao di Masa Pandemi COVID 19. EduMatSains, 1(1), 1–12.

Sakina, Z. (2021). Problematika Pembelajaran Di Era New Normal Pada Siswa Kelas I Mi Miftahul Astar Kabupaten Kediri. In Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Santosa, T. A., Sepriyani, E. M., Lufri, L., Chatri, M., & Violita, V. (2021). Analisis E-Learning Dalam Pembelajaran Evolusi Mahasiswa Pendidikan Biologi Selama Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66-70.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Yantari, N., Widiya, M., & Sepriyaningsih, S. (2021). Analisis Kesulitan Guru Biologi Mengajar di SMA Negeri Kota Lubuklinggau Selama Masa Pandemi COVID-19. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 233–240. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.233-240

Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2), 327–335.

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles