Pengaruh model problem based learning berbasis daring terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik SMAN 8 Malang

Authors

  • Bryan Kusuma Bangsa Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang
  • I Komang Astina Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i10p1050-1065

Keywords:

problem based learning, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar

Abstract

Technological advances influence world education. Advantages internet technology are beneficial dealing with online learning to COVID-19 pandemic. There are several learning models suitable for online learning, one which is the problem-based learning (PBL) model. PBL model is way of learning that refers to problems that can grow critical thinking skills. The learning motivation factor affects critical thinking skills. This study wanted to find out the influence online-based PBL model on critical thinking skills in terms learning motivation students at SMAN 8 Malang. This research is quantitative research with experimental method. Quasi-experimental (quasi-experimental) with posttest control group design is design used in study. Class X IIS was chosen as research subject. Random sampling is a method used to determine experimental class and control class. Based on results t-test, it was obtained that sig value of 0.009, probability value less than 0.05 and average value of the experimental class was 77.0 higher than control class 72.1, so online-based PBL model affected the critical thinking skills students of SMAN 8 Malang. Based on the results f-test, a sig value of 0.710 probability value less than 0.05 was obtained, so online-based PBL model had no significant effect on critical thinking skills in terms learning motivation students at SMAN 8 Malang.

Kemajuan teknologi memiliki pengaruh terhadap dunia pendidikan. Keunggulan teknologi internet sangat berguna menghadapi pembelajarn online karena pandemi COVID-19. Beberapa model belajar cocok dengan pembelajaran secara online salah satunya Model problem-based learning (PBL). Model PBL merupakan cara belajar mengacu pada masalah sehingga menumbuhkan keteramilan berpikir kritis. Motivasi belajar menjadi faktor mempengaruhi kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini ingin mencari tahu adanya pengaruh model PBL berbasis daring terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik SMAN 8 Malang. Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen. Eksperimen semu (quasi experiment) dengan posttest control group design adalah desain yang digunakan. Kelas X IIS dipilih sebagai subjek penelitian. Random sampling adalah cara yang digunakan untuk menentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh sig 0,009 nilai probabilitas kurang dari 0,05 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi 77,0 daripada kelas kontrol 72,1 maka model PBL berbasis daring berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis kelas peserta didik SMAN 8 Malang. Berdasarkan hasil uji f-test diperoleh sig 0,710 nilai probabilitas kurang dari 0,05, maka model PBL berbasis daring memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik SMAN 8 Malang.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Amir, T. (2013). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseling Klasikal. Padang: CV Abe Kreatifindo.

Farah, F. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Geografi dalam Perspektif Gaya Belajar. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2 (3), 283–287.

Handoyo, B. (2015). Pengaruh Investigasi Kelompok (Group Investigation) Secara Terbimbing Model Sharan dan Kecerdasan Intelektual terhadap Keterampilan Kognitif Geografi Siswa SMA. Universitas Negeri Malang.

Huriah, T. (2018). Metode Student Center Learning. Jakarta: Prenamedia Grup.

Irawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Jaten. Seminar Nasional Pendidikan Sains (online), 232-236.

Ingriani, I., Wardani, W., & Lukman, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMAN 77 Jakarta Pada Materi Program Linear dan Matriks. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(1), 2621-4296. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/22363/12390

Lewy, L., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2009). Pengembangan soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pokok bahasan barisan dan deret bilangan di kelas IX akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 14-28.

Muliawan, M. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Musyarofah, I. (2019). Efektifitas Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Mengembangkan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Nahdi, D. S. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.

Sani, A. R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sholihah, M., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2096–2100. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.7869

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmi, S. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.36418/glosains.v2i2.21

Trianto, T. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya

dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.

Downloads

Published

2023-11-21

Issue

Section

Articles