Pengaruh kompetensi pedagogik dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kasreman

Authors

  • Aisyah Dewi Syukuri Universitas Negeri Malang
  • Agus Purnomo Universitas Negeri Malang
  • Agung Wiradimadja Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i9p1038-1049

Keywords:

pengaruh kompetensi pedagogik, hasil belajar IPS

Abstract

As an educator, a teacher must master competencies, one of which is pedagogical competence. Pedagogical competence is helpful in understanding students and managing learning, starting from planning, implementing, and evaluating learning. The importance of the pedagogical competence of social studies teachers in managing learning can improve students' social studies learning outcomes. The research objective is to analyze the effect of pedagogical competence on improving social studies learning outcomes of students at SMPN 1 Kasreman. The research method used a quantitative design with an experimental research type. Data analysis used simple linear regression. The determination of respondents used probability sampling techniques, namely stratified random sampling. The research instrument used online questionnaires through Google Forms. The results showed that Ha could be accepted, meaning that pedagogical competence positively and significantly improved social studies learning outcomes. This means that the higher the pedagogical competence, the higher the students’ learning outcomes. Based on the limited research on cognitive aspects of learning outcomes, the researcher recommends that future researchers investigate the effect of pedagogical competence on the affective and psychomotor aspects of student learning outcomes.

Guru sebagai seorang pendidik harus menguasai kompetensi, salah satunya ialah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik berguna dalam memahami siswa dan mengelola pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran. Pentingnya kompetensi pedagogik guru IPS dalam mengelola pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kasreman. Metode penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Penentuan responden memakai teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian yang dipakai adalah kuesioner online melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha dapat diterima, artinya kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Maknanya semakin tinggi kompetensi pedagogik maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang terbatas pada hasil belajar aspek kognitif, maka peneliti merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa.

References

Alghofiqi, R. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Singkawang. Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/¬psdpd/article/view/17797

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional (1 ed.). Prenadamedia Group.

Ardika, I. W., Ani, N. L. P. Y., Negara, I. M. Y. C., & Yanti, Y. N. (2020). Inovasi dalam Pembelajaran: Kumpulan Naskah Finalis Inobel dan Juara ONIP Matematika Guru Jembrana 2017. Grapena Karya.

Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Penerbit Andi.

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-28.

Basuki, I. I. (2021). Pengaruh Daya Dukung Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Laboratorium UM Selama Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh. Universitas Negeri Malang.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan Ketiga). PT Remaja Rosdakarya Offset.

Efendi, A., Wardhani, N. W. S., Fitriani, R., & Sumarminingsih, E. (2020). Analisis Regresi: Teori dan Aplikasi dengan R. Universitas Brawijaya Press.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program (IBM). 8 ed. Universitas Diponegoro.

Gunawan, G., & Asrifan, A. (2020). Penerapan Kerja Kelompok Kegiatan MGMP Guru Ekonomi dalam Menyusun RPP untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik. Celebes Education Review, 2(1), 31-36.

Hermawati, L. I., & Andayani, E. (2020). Kompetensi pedagogik guru, model discovery learning, dan gaya belajar terhadap kemandirian belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(1), 22-30.

Mujiyatun, M., Khodijah, N., & Abdurrahmansyah, A. (2021). The Impact of Teachers' Pedagogical and Professional Competence on Student Learning Outcomes. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2865-2876.

Pasaribu, D. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Jurnal Misi, 4(2).

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005

Peraturan Pemerintah. (2008). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4892/pp-no-74-tahun-2008

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm

Purwandari, P., Purnomo, A., & Nisa, A. N. S. (2020). Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen, Banyumas Tahun Pelajaran 2018/2019. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(2), 94-99.

Purwanto, E. (2014). Evaluasi Proses dan Hasil dalam Pembelajaran Aplikasi dalam Bidang Studi Geografi. Ombak.

Rahmadani, A. W., & Wiradimadja, A. (2022). Peran kompetensi pedagogi Guru IPS: studi kasus upaya mengatasi hambatan dan tantangan belajar Peserta Didik di SMPN 1 Prambon. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 88–103.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.

Roflin, E., Rohana, & Riana, F. (2022). Analisis Korelasi dan Regresi. PT Nasya Expanding Management.

Sa’adah, L. (2021). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Sari, I. D. P. A., & Susanto, R. (2022). Kajian Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2).

Segara, N. B., Utami, W. S., & Marzuqi, M. I. (2022). Evaluasi Belajar dan Pembelajaran IPS. Penerbit Lakeisha.

Silalahi, U. (2017). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. PT Refika Aditama.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17 (2 ed.). PT Bumi Aksara.

Siregar, S. (2017). Metode Pemilihan Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenada Media.

Sugiarto, S. H., & Sutama, S. (2022). IPS Teacher's Pedagogical Competence in Shaping Profile of Pancasila Students in SMP Negeri 1 Ungaran. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 11116-11128.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Pedagogic Competence Development Model: Pedagogic Knowledge and Reflective Ability. International Conference on Progressive Education.

Tadjuddin, N. F. (2021). Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sebagai variabel intervening. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(1), 19-27.

Tuah, Y. A. E., Sudira, P., Mutohhari, F., & Kusuma, W. M. (2021). The competency of pedagogic and professional of vocational teachers in implementing 21st century skill-based learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 244-254.

Urbayatun, S., Maryani, I., Suyatno, Bhakti, C. P., & Sulisworo, D. (2018). Komunikasi Pedagogik untuk Pengembangan Kemampuan Literasi pada Siswa. Kalika.

Utami, H. T. (2021). Kajian Kompetensi Paedagogik Guru IPS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Smp Negeri 2 Ulu Musi Kabuten Empat Lawang. Jurnal Economic Edu, 1(2).

Vikaliana, R., & Irwansyah, I. (2019). Pengolahan Data dengan SPSS. CV. AA. Rizky.

Wahyudi, A., Narimo, S., & Wafroturohmah, W. W. (2020). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Varidika, 31(2), 47-55.

Wakidi, W., & Aristiati, F. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3), 312-320.

Wiradimadja, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Variasi Model Pembelajaran Kurikulum 2013 terhadap Ketercapaian Kompetensi Inti pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Yulastri, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Jurnal Economic Edu, 1(1). http://jurnal.umb.ac.id/index.php/ecoedu/article/view/883

Downloads

Published

2023-09-05

Issue

Section

Articles