Pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi

Authors

  • Ines Anugrah Bathari Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i9p1026-1037

Keywords:

model pembelajaran treffinger, kemampuan berpikir kritis, mata pelajaran geografi

Abstract

Learning geography in the 21st century requires students to have critical thinking skills and can be trained through the Treffinger learning model. The Treffinger model invites students to think critically and creatively in every syntax. This study aims to determine the effect of the Treffinger learning model on students' critical thinking skills in geography subjects. This quasi-experimental study used the Post-test Only Control Group Design with the research subjects being students of class XI IPS 2 and XI IPS 3 of SMAN 1 Garum, Blitar Regency. The research instrument used was an essay test. Data analysis using the Independent Samples-Test obtained p-level data 0.03 less than 0.05 with a mean post-test score of the experimental class was 77, while the control class was 70. It was concluded that there was a significant influence of the Treffinger learning model on students' critical thinking skills in geography subjects.

Pembelajaran geografi pada abad 21 menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan dapat dilatih melalui model pembelajaran Treffinger. Model Treffinger mengajak siswa berpikir kritis dan kreatif pada setiap sintaksnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain Post test Only Control Group Design dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMAN 1 Garum, Kabupaten Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay. Analisis data menggunakan Independent Samples-Test memperoleh data p-level 0,03 kurang dari 0,05 dengan rerata nilai post-test kelas eksperimen adalah 77, sedangkan kelas kontrol adalah 70. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi.

References

Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 25–33.

Akhmad, B., Handoyo, B., & Purwito, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geografi Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia 33(1), 43-47.

Dewi, P. U. K., Mahayukti. G. A., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Math Didactic, 5(2), 168-182.

Diharjo, R. F., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs, 4(39), 445-449.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2 & 3), 165–192.

Fatimah, L. N., & Nurislaminingsih, R. (2016). Kemampuan Literasi Informasi pada Siswa Distance Learning Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKMB) Anugrah Bangsa Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(2), 211-220.

Hairunnisa, H. (2018). Integrasi Model Pembelajaran pada Materi Sains (Model PBL dan Treffinger). Jurnal Tabir, 5(01), 1-12.

Hermayuni, T. D., Laksmawan, W., & Gunamantha, I. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Pembelajaran Treffinger. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–13.

Khasanah, B. A., & Ayu, I. D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen, 7(2), 46-53.

Maharani, R. K., & Indrawati, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JPGSD. 06(04), 506-515.

Mahdiyah, M. (2016). Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Musdiani, M. (2019). Analisis Model Pembelajaran terhadap Cara Mengajar Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan di Kelas V SD Negeri Pante Cermin. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 60-68.

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731-744.

Nofrion, N. (2018). Karakteristik Pembelajaran Geografi Abad 21.

Putri, A. S. (2019). Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajara Sejarah Indonesia terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas Kelas XII IIS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Universitas Negeri Malang.

Ratih, M. (2018), Studi Komparasi Model Treffinger dan PBL Terhadap Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Ekuivalen, 31(2), 119-124.

Sari, Y. I. &, & Putra, D. F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(2), 30–38.

Simangunsong, P. G., Gaol, L., & Sahnan, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 211–217.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suparni, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat, 3(2), 40–58.

Widiyanto, A., Widyatiningtyas, R., & Retnaningrum, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Intermathzo, 3(1), 5-10.

Wijayanti, S. E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematik Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sze-Yeng, F., & Hussain, R. M. R. (2010). Self-directed learning in a socio-constructivist learning environment. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 1913-1917.

Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(1), 30–40.

Downloads

Published

2023-09-05

Issue

Section

Articles