Pengaruh penerapan metode case method terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas 10 pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 2 Singosari

Authors

  • Revly Manggala Putri Universitas Negeri Malang
  • Margono Margono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i9p1000-1010

Keywords:

metode pembelajaran, case method, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

This study aims to describe the implementation of the learningcase method, describe students, problem-solving abilities and analyze the effect of applying learning methods case method on the problem-solving abilities of 10th-grade students at SMK Negeri 2 Singosari. This study applies the method quasi-experimental design with test paired sample t-test using SPSS 22 to determine differences in problem-solving abilities of students in the experimental class and the control class. Learning by case method through three stages, namely individual preparation, group discussion, and class discussion. The results of data analysis show a significance value of 0.000 less than 0.05, meaning the application of the learning method case method has a significant effect on the problem-solving abilities of 10th-grade students at SMK Negeri 2 Singosari. From these data, it can be concluded that Ha is accepted and H0 is rejected.

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran case method, mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran case method terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas 10 di SMK Negeri 2 Singosari. Kajian ini menerapkan metode quasi experimental design dengan uji paired sample t-test menggunakan SPSS 22 untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran dengan metode case method melalui tiga tahap yaitu persiapan individu, diskusi kelompok, dan diskusi kelas. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 artinya penerapan metode pembelajaran case method berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas 10 di SMK Negeri 2 Singosari. Dari data tersebut didapatkan kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

References

Afandi, A. (2013). Model-model Pembelajaran. Semarang: Sultan Agung Press.

Ari, E. W. (2020). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Geografi terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang. Universitas Negeri Malang.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Elex Media Komputindo.

Chang, R. Y. (1998). Step by Step Problem Solving. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 169-178.

Emzir, E. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Gulo, N. I. S., & Samosir, B. S. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Student Creative Case Study (Sccs) Terhadap Motivasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Dengan Materi Pokok Perbankan Peserta Didik di Kelas X SMAN 1 Sihapas Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 3(1). https://bit.ly/40YmEMv

Hosnan, H. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

James, A. E., & Michiel, R. L. (2001). Writing Kasuss (4th ed.). Richard Ivey School of Business and Management.

Luthfiana, M., Yuliansyah, Y., & Fauziah, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA MA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(1).

Misnah, M. (2020). Desain Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS Di Universitas Tadulako. Nosarara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1).

Nopitasari, A. (2012). Pengaruh metode student created case studies disertai media gambar terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Universitas Sebelas Maret.

Nurhayati, N., Labulan, P. L., & Berahman, B. (2022). Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear pada Siswa Kelas X. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), https://bit.ly/3Kkt2Xf

Pernantah, P. S., Khadijah, K., Hardian, M., Ibrahim, B., & Khasanah, M. F. (2022). Desain Pembelajaran Berbasis Case Study Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 4(2).

Saepul A. H., & Bahruddin E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Satyagraha, H. (2013). The Case Method: Mendidik Manajer Ala Harvard. Jakarta: Erlangga.

Smith, B. P. (2006). Contextual Teaching and Learning Practices in the Family and Consumer Sciences Curriculum. Journal of family and consumer sciences education, 24(1).

Sugiono, S. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Syarianti, S., & Yarman, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 1 2x11 Kayutanam. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(4).

Utami, L. W., & Indriyanti, D. R. (2014). Penerapan Metode Case Study Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Materi Hama dan Penyakit Tumbuhan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 43(2).

Wibisono, D. (2014). Active Learning with Case Method. Yogyakarta: Andi Offset.

Yovina, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Socio Biological Case Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Sungai Tarab. Sumatera Barat: UIN Batusangkar.

Published

2023-09-05

Issue

Section

Articles