Pengembangan Buku Suplemen Digital Geografi bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya untuk MA

Authors

  • Fika Damayanti Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang
  • Djoko Soelistijo Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i9p977-988

Keywords:

buku suplemen Geografi digital, tata surya, Al-qur’an

Abstract

The demands of teaching materials today lead to digital forms. One of the things that can be pursued is through the development of a digital supplement book. This study aims to produce a digital Geography supplement book that is correlated with the Qur'an on solar system material that is practical and easy for Madrasah Aliyah students. This research method is the development of the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Using quantitative and qualitative data types. Quantitative data acquisition through a questionnaire with a Likert scale. While qualitative data obtained through criticism and suggestions from material experts, media, Al-Qur'an and research subjects. This digital supplement book was tested on 25 students covering grades X, XI, and XII IPS 1 MA Plus Al Amin Abung Surakarta, North Lampung. The results of the development of digital geography supplement books from material experts got a percentage of 88 percent, media experts 98 percent, and Al-Qur'an experts 92 percent. While the teacher's response got a percentage score of 92 percent and students with a score of 91 percent. These results show that the development of a digital geography supplement book containing verses of the Qur'an on solar system material is very feasible so that it can be used in Geography learning.

Tuntutan bahan ajar saat ini mengarah pada bentuk digital. Salah satu yang bisa diupayakan yakni melalui pengembangan buku suplemen digital. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku suplemen Geografi digital yang dikorelasikan dengan Al-Qur’an pada materi tata surya yang praktis serta mudah untuk siswa Madrasah Aliyah. Metode penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Perolehan data kuantitatif melalui angket dengan skala likert. Sementara prolehen data kualitatif didapat melalui kritik dan saran dari ahli materi, media, Al-Qur’an dan subjek peneliti. Buku suplemen digital ini diujicobakan pada 25 siswa yang mencakup kelas X, XI, serta XII IPS 1 MA Plus Al Amin Abung Surakarta Lampung Utara. Hasil pengembangan buku suplemen Geografi digital dari ahli materi mendapat persentase sebesar 88 persen, ahli media 98 persen, serta ahli Al-Qur’an 92 persen. Hasil tersebut memperlihatkan bahwasannya pengembangan buku suplemen digital geografi bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya sangat layak sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran Geografi.

References

Afida, A. N., & Mustari, M. (2019). Matahari dalam Perspektif Sains dan Al-Qur'an. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 27-35.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Barokati, N., & Annas, F. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan). SISFO, 4(5), 4.

Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan/Development of STEM-Based Digital Teaching Materials with an Eco-Spatial Behavior Approach for Population Materials. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 93-103.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis flip book maker pada mata pelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).

Izzatunnisa, I., Rosidin, U., & Nyeneng, I. D. P. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Buku Siswa Bnkkl Dengan Buku Konvensional Melalui Pbl. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1).

Juliani, W. I., & Widodo, H. (2019). Integrasi empat pilar pendidikan (UNESCO) melalui pendidikan holistik berbasis karakter di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 65-74.

Kemendiknas. (2008). Peraturan Menteri Penidikan Nasional Nomor 02 Tahun 2008 Pasal 6 Ayat 2 dan 3 tentang Penggunaan Buku di Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 25-33.

Maulana, M. A. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis leaflet pada materi sistem sirkulasi kelas XI Man I Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Pornamasari, E. I. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Flipbook Maker dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Teori Vygotsky Materi Pokok Relasi dan Fungsi. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 74-83.

Rizki, M., Irwandi, D., & Bahriah, E. S. (2016). Pengembangan Buku Suplemen Kimia Berbasis Sains Teknologi Masyarakatpada Materi Kimia POLIMER. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 47-57.

Rasiman, R., & Agnita, S. P. (2014). Pengembangan media pembelajaran matematika e-comic berbasis flip book maker untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa SMP. Jurnal Internasional Pendidikan dan Penelitian, 2(11), 535-544.

Rafi’Attamimi, M., Wirahayu, Y. A., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan bahan ajar digital materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan dan keterkaitanya dengan ayat suci Al-Qur’an untuk memperkuat aspek spiritualitas siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(8), 967-979.

Soleha, S. H., Maharta, N., & Rosidin, R. (2017). Pengembangan Buku Suplemen Siswa berbasis Multi Representasi pada Materi Hukum II Newton. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4).

Suhartini, A. (2004). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Kerangka Teoritis dalam Bunga Rampai Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Angkasa.

Safitri, E. W. (2020). Persfektif Al-Qur’an Surat Al-Nahl Ayat 49 Tentang Kehidupan di Planet Selain Bumi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-6.

Shihab, M. Q. (2006). Tafsir Al-Misbah: Kesan, Pesan, dan Keserasian Al-Qur’an Volume 7. Jakarta: Lentera Hati.

Sefriani, R., & Veri, J. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Client Server Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal KomtekInfo, 5(3), 61-71

Wiyono, K. (2015). Pengembangan model pembelajaran fisika berbasis ICT pada implementasi kurikulum 2013. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123-131.

Downloads

Published

2023-09-05

Issue

Section

Articles