Pengembangan video podcast sebagai media pembelajaran geografi pada materi permasalahan dinamika kependudukan di SMA Negeri 1 Tempeh

Authors

  • Farah Nurin Shabrina Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Ifan Deffinika Universitas Negeri Malang
  • Budijanto Budijanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i9p940-959

Keywords:

video podcast, permasalahan dinamika kependudukan, pernikahan dini

Abstract

Digital learning media is an example of the integration of science and technology in learning. This research was conducted because it saw the need for learning media that was not optimal in the population dynamics problem material which contains complex population problems and requires media visualization so that students can easily understand the lesson. One of the problems of rampant population dynamics is early marriage, which is done by high school-aged adolescents so that the material for early marriage is representative with high school students. Based on the needs analysis, 97 percent of students considered that early marriage material was more optimally discussed through media in the form of videos equipped with expert speakers in their fields so that the material delivered was valid and trustworthy. This study aims to produce learning media products for population dynamics problems using Video Podcasts. The role of Podcasts in geography can be a medium to discuss trending public issues. The development model used is ADDIE. The product development generated a Video Podcast learning media product equipped by speakers from the Population and Civil Registration Service of Lumajang Regency as experts to discuss the issue of early marriage. Validation tests from both experts revealed that the product was worth testing with minor revisions. The trials were conducted on 30 class XII IPS 3 SMA Negeri 1 Tempeh students. The results of the media trial obtained a score of 77,83 percent which showed that the criteria were very effective and could be used in the geography subject. Researchers are further advised to apply Video Podcast learning media to other sub-materials, except for materials containing formulas and calculations.

Media pembelajaran digital merupakan salah satu contoh integrasi IPTEK dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan karena melihat kebutuhan media pembelajaran yang belum optimal pada materi Permasalahan Dinamika Kependudukan yang memuat permasalahan kependudukan yang kompleks dan membutuhkan visualisasi media agar siswa mudah memahami materi. Salah satu permasalahan dinamika kependudukan yang marak terjadi adalah pernikahan dini, dimana hal ini dilakukan oleh remaja usia SMA sehingga materi pernikahan dini representatif dengan siswa SMA. Berdasarkan analisis kebutuhan, 97 persen siswa menilai bahwa materi pernikahan dini lebih optimal dibahas melalui media berupa video dilengkapi dengan narasumber ahli dalam bidangnya sehingga materi disampaikan valid dan dapat dipercaya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran untuk materi Permasalahan Dinamika Kependudukan menggunakan Video Podcast. Peran Podcast dalam geografi dapat menjadi media untuk membahas permasalahan publik yang sedang tren. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Hasil pengembangan berupa produk media pembelajaran Video Podcast yang dilengkapi oleh narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang sebagai ahli untuk membahas permasalahan pernikahan dini. Uji validasi dari kedua ahli mengungkapkan bahwa produk layak untuk diujicobakan dengan revisi kecil. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Tempeh. Hasil uji coba media memperoleh skor sebesar 77,83 persen yang menunjukkan kriteria sangat efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran geografi. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengaplikasikan media pembelajaran Video Podcast pada sub materi yang lain, kecuali materi yang mengandung rumus dan perhitungan.

References

Alabsi, T. (2020). Effects of adding subtitles to video via apps on developing efl students’ listening comprehension. Theory and Practice in Language Studies, 10(10), 1191–1199. https://doi.org/10.17507/tpls.1010.02

Allifiansyah, A. (2018). Podcast Dan Teori Uses & Gratifications. Universitas Gajah Mada.

Ariyanti, P., Martini, K. S., & Agustina, W. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Materi Stoikiometri Di SMAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(3), 1–9.

Armstrong, G., Tucker, J., & Massad, V. (2019). Interviewing the Experts: Student Produced Podcast. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 8, 079–090. https://doi.org/10.28945/174

Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Hasan, M. M., & Hoon, T. B. (2013). Podcast applications in language learning: A review of recent studies. English Language Teaching, 6(2), 128–135.

Kuo, F. F., Shan, M. K., & Lee, S. Y. (2013). Background Music Recommendation For Video Based On Multimodal Latent Semantic Analysis. Proceedings - IEEE International Conference on Multimedia and Expo, July. https://doi.org/10.1109/ICME.2013.6607444

Kurniawan, F. (2016). The Use Of Audio Visual Media in Teaching Speaking. English Education Journal (EEJ), 7(2), 180–193.

Laila, D. (2020). Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 2015, 7–12.

Mana, L. H. A., & Yusandra, T. F. (2019). Pengembangan RPKPS dan SAP Menyimak Berbasis Pendekatan Contekstual Teachingand Learning (CTL). Jurnal Gramatika Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 84–100. https://media.neliti.com/media/public atio ns/80703-ID-peran-pengajaran- sastradan-budaya-dalam.pdf J

Meilina, F., Surahman, F., & Sari, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbentuk miniatur rumah adat pada tema 7 untuk siswa kelas iv sdn 002 tebing kabupaten karimun. Jurnal Minda, 2(1), 44-51.

Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2019). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perkawinan. https://doi.org/10.31949/jpl.v3i2.1505

Mustika, R. (2016). Media pembelajaran sistem audio untuk pemberdayaan pendidikan di komunitas masyarakat. Masyarakat Telematika dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, 6(1), 57-68.

Nazifah, N. (2013). Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Siswa Matematika Kelas I SDN 07 Sungai Soga Bengkayang.

Novianti, W. S., Herlina, H., & Kusumajati, W. K. (2019). Meningkatkan Keterampilan Pelafalan Siswa melalui Media Podcast. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 & Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. In Pustaka Ali Imron (Vol. 1, Issue 69).

Pracihara, M. M. (2016). Warna sebagai Look dan Mood pada Videografi Film Televisi “Pancer”. INVENSI, 1(1), 26-36.

Pratiwi, F. E., Firmansyah, M. B., & Wulandari, B. (2021). Penggunaan Media Podcast Dalam Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional, 1, 395–405.

Pratiwi, J. O., Harunasari, S. Y., & Mawarni, V. (2019). Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Siswa Menggunakan Podcast. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–7.

Purnama, S. (2014). Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 113–130.

Purwanto, P. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Putri, W. K. (2021). The Effectiveness of Using Subtitled Video in Improving Students ’ Reading Skill at SMA Negeri 9 Luwu Utara English Language Education Study Program State Islamic Institute Of Palopo.

Resiani, N. K., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2015). Pengembangan Game edukasi Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1).

Shiang, T., Cerniglia, C., Lin, H., & Lo, H. S. (2021). Radiology Podcasting as a model for asynchronous remote learning in the COVID-19 era. Clinical Imaging, 71(October 2020), 147– 154.

Shony, S. D. (2019). Peran Host dalam Program Acara pada Penyutradaraan Program Televisi Feature “Culinary Trip” Episode “Gagego Ning Pati.” Jurnal Penciptaan Seni, 2, 1–13.

Sulistyo, W. D., Nafiáh, U., & Idris. (2019). The development of E-PAS based on massive open online courses (MOOC) on local history materials. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(9), 119–129. https://doi.org/10.3991/IJET.V14I09.10143.

Sultan, M. A., & Akhmad, A. (2020). Media Podcast terhadap Kemampuan Menyimak. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 40. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.120

Tambunan, K., Sitompul, H., & Mursid, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 8(1), 63. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26784.

Ummah, A. H., Khatoni, M. K., & Khairurromadhan, M. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang Dan Tantangan. Komunike, 12(2), 210–234.

Wardiman, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Perkembangan Musik Barat di Kelas XI SMA Negeri 2 Sinjai (Doctoral dissertation, Fakultas Seni dan Desain).

Wicaksono, A. (2017). Media audio dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran apresiasi cerita pendek. Jurnal Shahih, 2(1), 67-78. 10.22515/shahih. v2i1.670.

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis. In Pengantar Desain Grafis (Issue 1).

Ying, R. (2020). The Digitalization of Lifestyle in a Digital Era: A Case Study of WeChat in China. International Journal of Literature and Arts, 8(3), 119.

Downloads

Published

2023-09-05

Issue

Section

Articles