Pengembangan media V-Poldynamics untuk pembelajaran geografi materi antroposfer

Authors

  • Muhammad Zainul Muttaqin Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang
  • Ifan Deffinika Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i8p906-917

Keywords:

pengembangan media, video, kualitas penduduk, indeks pembangunan manusia, bonus demografi

Abstract

Nowadays this learning is highly demanded for media literacy and utilizing technology in learning. Teachers must be able to adapt and utilize technology for an effective learning process. The development of V-Poldynamics learning media was carried out, there were deficiencies in the use of media during the direct learning process, especially material regarding population quality, human development index and demographic bonus. This research aims to produce video products and the feasibility of V-Poldynamics media in learning. The development research model uses the ADDIE method (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research data uses 2 data, namely qualitative and quantitative data. Qualitative data was generated from media experts and material experts. Quantitative data can be obtained from teachers and students from the distribution of criticism, suggestions and responses questionnaires. The results of the material expert validation stage which consists of 5 aspects of the assessment get an average value of 95 percent which indicates that this material is very feasible to use in making the product. The results of the media expert validation stage which consists of 6 aspects of the assessment get an average value of 96 percent which indicates that this media is very feasible to use in learning. Product trial activities were carried out in class XI IPS three MA Al-Ittihad. The results of this product trial received an average percentage value of 95 percent from the assessment of the material aspect, 96 percent of the results from the media aspect, and 89 percent came from the average assessment of teachers and students. The V-Poldynamics learning media is very feasible and can be used in the learning process.

Saat ini, guru dituntut untuk memiliki kemampuan literasi media dan penggunaan teknologi pembelajaran. Guru harus mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran yang efektif. Pengembangan media pembelajaran V-Poldynamics dilakukan karena kurangnya pemanfaatan media saat proses pembelajaran terutama materi kualitas penduduk, indeks pembangunan manusia dan bonus demografi. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk video dan kelayakan media V-Poldynamics dalam pembelajaran. Model penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian ini memakai 2 data yaitu data kualitatif serta kuantitatif. Data kualitatif dihasilkan dari para pakar media dan pakar materi. Data kuantitatif diperoleh dari guru dan peserta didik melalui persebaran angket kritik, saran dan tanggapan. Hasil dari tahap validasi pakar materi yang terdiri dari 5 aspek penilaian mendapat nilai rata-rata 95 persen, menunjukkan bahwa materi ini sangat layak digunakan dalam pembuatan produk tersebut. Hasil dari tahap validasi pakar media yang terdiri dari 6 aspek penilaian mendapat nilai rata-rata 96 persen, menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Kegiatan uji coba produk dilakukan di kelas XI IPS tiga MA Al-Ittihad. Dari hasil uji coba tersebut, penilaian aspek materi mendapat nilai rata-rata 95 persen, 96 persen dari aspek media, dan penilaian rata-rata penilaian guru dan peserta didik sebesar 89 persen. Media pembelajaran V-Poldynamics tersebut dapat dikatakan sangat layak serta bisa dipergunakan pada proses pembelajaran.

References

Abidin, Z. (2017). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9-20.

Afif, M. (2019). Penerapan metode sorogan dalam meningkatkan baca kitab di pondok pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH: Journal of Social Community, 4(2), 34-43.

Alhamuddin, J. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran: prinsip, teknik, prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Asrodin, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Smp Dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Mengembangkan Literasi Keuangan Siswa SMP Negeri 2 Purwosari. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajran IPA terpadu. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.

Badru, Z., & Eliyawati, C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Penerbit UPI.

Chandra, E. (2017). Youtube, citra media informasi interaktif atau media penyampaian aspirasi pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 406-417.

Gareta, A., Masyhuroh, F. K., & Maisaroh, S. (2018). Rancang Bangun Purwarupa Perangkat Wearable Headset untuk Pengukuran Sinyal Listrik pada Otak. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 7(3), 344-349.

Harto, K., & Tastin, T. (2019). Pengembangan Pembelajaran PAI berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya membangun sikap moderasi beragama peserta didik. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 89-110.

Hasnawati, H. (2006). Pendekatan contextual teaching learning hubungannya dengan evaluasi pembelajaran. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 17252.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.

Latief, M. A. (2009). Penelitian Pengembangan.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.

Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Rusman, D. (2013). Pembelajaran Berbasis Tekhnologi Informasi Dan Komunikasi. Rajawali Pers.

Sahid, S. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Satria, D. A. (2019, December). Peningkatan Kemampuan Videografi dan Mobile Editing Video Menggunakan Smartphone pada Organisasi Kepemudaan Daerah. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (pp. 109-114).

Setianto, H. A., & Arifin, A. (2016, October). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Pendidikan Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed) (pp. 54-65).

Siahaan, P., Fitriajaya, E., & Putri, R. A. (2010). Efektifitas Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII dalam pembelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(4).

Sunarya, L., Kusumaninggar, R., & Syahputra, A. (2017). Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Jurnal Eksplora Informatika, 6(2), 106-114.

Sutedjo, A. (2013). Implementasi dan Evaluasi Pembelajaran E-Learning Pada Mata Kuliah Geografi Transportasi dan Komunikasi Mahasiswa yang Memprogram di Semester Gasal Tahun Akademik 2012/2013. Pendidikan Geografi, 11(21).

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).

Downloads

Published

2023-08-07

Issue

Section

Articles