Pengembangan media pembelajaran Majalah Inspiratif Sejarah (Manis) pada materi peran Raden Tumenggung Sosrokusumo I dalam islamisasi masyarakat Kabupaten Nganjuk Tahun 1830-1832 M

Authors

  • Didit Ditya Fritambiradi Universitas Negeri Malang
  • Lutfiah Ayundasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i8p880-892

Keywords:

media pembelajaran, majalah, peran Raden Tumenggung Sosrokusumo I

Abstract

This study aims to develop learning media in the form of an inspirational historical magazine 'MANIS' on the material of the role of Raden Tumenggung Sosrokusumo I in the Islamization of the people of Nganjuk Regency in 1830-1832 M in class XI IPS SMA Diponegoro Nganjuk based on the results of an analysis of the potential and problems of the research subjects. This study uses the Research and Development (R&D) method with a model developed by Sugiyono, covering potentials and problems, collecting data, product design, design validation, design revision, product trials, product revisions, usage trials, product revisions and mass production. However, this research and development only used nine of the ten steps of the procedural model. The analysis technique in this study uses qualitative analysis and quantitative descriptive. Based on the data validation results, 95 percent was obtained for material validation and 90 percent for media validation, while the small group trial obtained 74.8 percent and the large group trial obtained 85.3 percent. Based on these percentage values, it can be concluded that historical inspirational magazine learning media are valid and effective as historical learning media in class XI IPS SMA Diponegoro Nganjuk.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa majalah inspiratif sejarah ‘MANIS’ pada materi peran Raden Tumenggung Sosrokusumo I dalam islamisasi masyarakat Kabupaten Nganjuk tahun 1830-1832 M pada kelas XI IPS SMA Diponegoro Nganjuk yang berdasarkan hasil analisis potensi dan masalah subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Sugiyono, meliputi potensi dan masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi massal. Penelitian dan pengembangan ini hanya menggunakan sembilan langkah dari sepuluh langkah model prosedural tersebut. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif serta deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi data mendapatkan nilai persentase 95 persen untuk validasi materi dan 90 persen untuk validasi media, sedangkan untuk uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil 74,8 persen dan uji coba kelompok besar mendapatkan hasil 85,3 persen. Berdasarkan nilai persentase tersebut mendapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran majalah inspiratif sejarah valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Diponegoro Nganjuk.

References

Agung, D. A. G. (2021). Pembelajaran Sejarah di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8

Amalia, M., Sapto, A., & Nafi’ah, U. (2022). Aplikasi Journey Guerilla of Revolution (Jaguar) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Unity. JPSI: Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1), 87–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v5i1p87-99

Anggraini, E. N., & Jati, S. S. P. (2023). Pengembangan media historiografis interaktif berbasis Adobe Flash tentang Candi Surawana untuk kelas X SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 3(Januari), 59–72.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590.

Ayundasari, L. (2018). Relevansi Nilai-Nilai Perjuangan KH. Masjkur dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Siswa MA di Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.17977/um033v1i12018040

Enda, T. N., Listanti, Y., Sukma, M., & Wiratama, N. S. (2022). Kajian Proses Islamisasi di Nusantara (Studi Analisis Masjid Al – Mubarok di Desa Kacangan Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk). JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 2(1), 69–75.

Hariyono. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 160–166.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.

Khafidhoh, N., Widiadi, A. N., & Nafi’ah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Pertempuran Surabaya 1945 untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Tulungagung. JPSI: Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(2), 191–203.

Khakim, M. N. L. (2018). Kesadaran Sejarah dalam Novel ‘Menunggu Beduk Berbunyi’ Hamka (1950) Sebagai Pengembangan Materi Ajar Sejarah Indonesia Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 163–175. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p163

Kiptiyah, N. R. (2021). Keramat Kanjeng Jimat: Raden Tumenggung Sosrokusumo I (Adipati Pertama Nganjuk). Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf, 7(2), 101–119.

Kuntowijoyo, K. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah (M. Yahya (ed.); Edisi Baru). Tiara Wacana.

Mudlaafar, K., Setiawan, E., & Muflih, I. K. Al. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah Berwaktu (Komik Ratu) sebagai Alternatif Pembelajaran untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, III(1), 62–70.

Mulyasari, N. E. (2022). Pengembangan Majalah Sejarah (MAJAS) Berbasis QR Code dengan Materi Peran KH. Mustaqim dalam Perkembangan Islam di Tulungagung Tahun 1925-1970 untuk Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Tulungagung (Universitas Negeri Malang).

Nadzifah, N., & Nurcholis, A. (2022). Peran Kanjeng Jimat dalam Islamisasi Masyarakat Kabupaten Nganjuk (1829-1831 M). Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 602–616.

Nafi’ah, U., Ayundasari, L., Suprapta, B., Sayono, J., & Hasan, Z. (2021). Tantangan Pengembangan Desain Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Kehidupan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(2), 180–191. https://doi.org/10.17977/um0330v4i2p180-191

Nurjanah, J. R., Sukarmin, S., & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif E-Magazine Pada Materi Pokok Dinamika Rotasi untuk SMA Kelas XI. JMPF: Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 18–25.

Rizaldi, M., Fritambiradi, D. D., Febrianto, E. B., & Fadillah, L. A. (2020). Kolaborasi Majalah dan Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Sejarah (Manis). Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 6(2), 119–131. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jhm.v6i2.3324

Selviani, S., & Anggraini, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika sebagai Suplemen Pembelajaran Terintegrasi Nilai Keislaman. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2478

Setyosari, P. (2008). Pemilihan dan Penggunaan Media Pembelajaran. Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15, Universitas Negeri Malang.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. 19). Alfabeta.

Downloads

Published

2023-08-07

Issue

Section

Articles