Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) pada sub materi mitigasi bencana alam di Indonesia

Authors

  • Indana Zulfiya Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang
  • Satti Wagistina Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i8p828-848

Keywords:

bahan ajar digital, STEM, mitigasi bencana alam

Abstract

Teaching materials are essential in teaching and learning activities that help students achieve learning goals. STEM-based teaching materials can support geography learning, encouraging students to solve problems actively, creatively, and innovatively because they use various scientific perspectives. The aim of this research is to produce STEM (science, technology, engineering, and mathematics)-based digital teaching material development products in the sub-material natural disaster mitigation in Indonesia. The development research model uses the ADDIE procedure and is limited to the development stage, which focuses on making product development. The quality of teaching materials is measured by the level of validity and feasibility when used in learning. Based on the results of the assessment by experts, it proves that digital teaching materials are very valid for use in learning. The feasibility test that has been carried out on geography teachers and 32 class XII students at MAN Batu City states that the development product is very feasible to use. Based on the results of this study it can be concluded that STEM-based digital teaching materials with a high level of feasibility can be used for learning Geography.

Bahan ajar adalah komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar yang membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Bahan ajar berbasis STEM dapat menunjang pembelajaran geografi yang mampu mendorong siswa untuk menyelesaikan permasalahan dengan aktif, kreatif, dan inovatif dikarenakan menggunakan berbagai sudut pandang keilmuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematic) pada sub materi mitigasi bencana alam di Indonesia. Model penelitian pengembangan menggunakan prosedur ADDIE dan dibatasi sampai tahap development yang fokus pada pembuatan produk pengembangan. Kualitas bahan ajar diukur dari tingkat validitas dan kelayakan jika digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli membuktikan bahwa bahan ajar digital sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji kelayakan yang telah dilakukan pada guru geografi dan 32 siswa kelas XII di MAN Kota Batu menyatakan bahwa produk pengembangan sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil kajian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa bahan ajar digital berbasis STEM dengan tingkat kelayakan yang tinggi dapat digunakan untuk pembelajaran Geografi.

References

Aisyah, D. W., Gipayana, M., & Djatmika, E,T. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Bercirikan Quantum Teaching untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Efektif dan Produktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 667–675.

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa Indonesia. Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 2(1), 62-65.

Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam Prespektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43–47.

Al-Azri, R. H., & Al Rashdi, M. H. (2014). The effect of using authentic materials in teaching. International Journal of Scientific & Technology Research, 3(10), 249-254.

Ami, M, S., Susiantini, E., & Raharjo, R. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA kelas XI. Jurnal BioEdu, 1(2), 10–13.

Andawiyah, R. (2014). Interelasi Bahasa, Matematika dan Statistika. Okara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 69-80.

Andini, R., Winarti, E. R., & Mintarsih, M. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Model Problem-based Learning Berbantuan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 467–474.

Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awwaliyah, H, S., Rahayu, R., & Muhlisin, A. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Tema Cahaya. IJNSE: Indonesian Journal of Natural Science Education, 4(2), 516-523.

Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (BAKORNAS PB). (2007). Pengenalan Karakteristik Bencana dan Upaya Mitigasinya di Indoenesia. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43.

Cantrell, P., Pekcan, G., Itani., & Velasquez, N. (2006). The Effect of Engineering Modules on Student Learning in Middle School Science Classrooms. Journal of Engineering Education, 95(4), 301-309.

Falahuddin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

French, C. (2013). How to write a successfullb how-to booklet. The Endless Booke.

Hamimi, E., Sugiyanto, S., Yulianti, E., Mustikasari, V. R., & Pratiwi, N. (2021). The Validity of Learning Material Assisted Augmented Reality Technology in the Topic of Structure and Function of Plant Tissue. JPS: Jurnal Pembelajaran Sains, 5(1), 1 – 6.

Handoyo, B. (2022). Buku Ajar Pengantar Geografi Penguatan Berpikir Spasial. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.

Hindriyanto, R. A., Utaya S., & Utomo, D, H. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 4(8), 1092 – 1096.

Juswandi, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) menggunakan Aplikasi Flipbook Maker. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Kartika, R. (2015). Memilih dan Memanfaatkan Tipografi. HUMANIORA, Language, People, Art, and Communication Studies, 6(3), 312 – 318.

Kementrian Komunikasi dan Informatika. (2022, June 09). Riset Kominfo dan UNICEF mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet.

Khadzir, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Flora dan Fauna dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) menggunakan QR Code untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). Tuban: Spasi Media.

Kuncahyono, K. (2018). Pengembangan E-modul (modul digital) dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. JMIE: Jurnal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219-231.

Kuniawan, I. W., & Patria, A. S. (2019). Analisis Layout Buku Tematik kelas 5 Sekolah Dasar Tema 8. Jurnal Seni Rupa, 4(7), 120 – 129.

Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Educatioan, 02(1), 36 – 45.

Lestari, D, A, B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202-207.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Didaktika, 9(1), 98-112.

Monter, L., & Otto, K. H. (2017). The concept of disasters in Geography Education. Journal of Geography in Higher Education, 1–15.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 453-460.

Nakajima, T. M., & Goode, J. (2019). Transformative learning for computer science teachers: Examining how educators learn e-textiles in professional development. Teaching and Teacher Education, 85, 148–159. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.004.

Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboraturium dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. TARBAWI: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–12.

Nurhidayat, M, F., & Asikin, M. (2021). Bahan Ajar Berbasis STEM dalam Pembelajaran Matematika: Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, 298-302.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianti, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineeering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ: Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53-58.

Pinto, C. C. C., & Meilani, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Saintifik Berbasis 4c Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Peserta Didik Kelas SDK STA. Maria assumpta Kupang Tahun Jjaran 2020/2021. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial, Sains, dan Teknologi, 1(1), 16-27.

Prabowo, C., Ibrohim, I., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboraturium Virtual. Jurnal Pendidikan-Teori, Penelitian dan Pengembangan, 196, 1090-1097.

Putri, T. N., & Puspitasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) pada Mata Pelajaran Korespondensi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4956–4967.

Putri, Y. I. A., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2022). Pengembanga bahan ajar digital berbasis STEM pada materi sumber dan analisis data kependudukan. JIHI3S: Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 31-41.

Rahma, A, N., Noorhidayanti, N., & Hardiansyah, H. (2022). Kelayakan dan Keterbacaan Bahan Ajar Konsep Sistem Pernapasan kelas XI SMA Berbentuk Bookle Elektronik. Jurnal JBES: Journal of Biology Education and Sciencee, 2(1), 1–10.

Riduwan, R. (2008). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rifai, M. H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Pemahaman Konsep Mitigasi Bencana pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 62 – 69.

Ruhiat, Y., & Djumena, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronik Kelas X. JTPPm: Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 156-168.

Sampurno, P. J., Sari, Y. A., & Wiajaya, A. D. (2015). Integreting STEM (science, technology, engineering mathematics) and disaster (STEM-D) education for building students’ disaster literacy. International Journal of Learning and Teaching, 1(1), 73–76.

Simarmata, J. (2020). Pendidikan di Era Revolusi 4.0: tuntutan, kompetensi & tantangan. Medan: Yayasam Kita Menulis.

Sprenger, S., & Nienaber, B. (2017). (Education for) suistainable development in Geography Education: Review and outlook from a perspective of Germany. Journal of Geography in Higher Education, 1–17.

Ulfa, Z., Rajibussalim., & Alvisyahrin, T. (2020). Pengembangan Modul Mitigasi Bencana Alam Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic untuk Pembelajaran Peserta Didik Jenjang SMA. JIPI: Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 4(2), 205-218

Utami, W., Sumarmi., Utaya, S., & Ruja, I. N. (2016). React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperative, Transferring) Strategy to Develop Geography Skills. Journal of Education and Practice, 7(17), 2222–1735.

Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas Penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. In prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 124-129.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yohyakarta: Pustaka Belajar.

Yulianan, F. H., Fatimah, S., & Berlian, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36-46.

Zaini, H., Darmawan, D., & Hernawan, H. (2019). Penggunaan Bahan Ajar berbasis Digital Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Logika Matematika (penelitian kuasi eksperimen di kelas X SMKN 2 Garut). JTEP: Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 816-825.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In prosiding Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu strategis Pembelajaran MIPA Abad 21.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif dan Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13(1), 39–49.

Downloads

Published

2023-08-07

Issue

Section

Articles