Pengaruh penerapan komponen membuka dan menutup pelajaran terhadap keberhasilan pembelajaran

Authors

  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang
  • Selfiana Dhenti Universitas Negeri Malang
  • Sintha Nuria Universitas Negeri Malang
  • Sonia Nabila Universitas Negeri Malang
  • Theresya Yozha Delima Universitas Negeri Malang
  • Umi Fadhila Marshanda Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i8p809-816

Keywords:

keterampilan, pengalaman mengajar, pembelajaran

Abstract

One of the basic teaching skills that play an important role in the continuity of the teaching and learning process is the skill of opening and closing lessons. The research aims to determine the impact of using fundamental skills to begin and end classes on student learning. Descriptive quantitative research is the type of study being conducted. Interviews and observation logs are two data collection methods. Thirty teachers from various educational institutes made up the samples that were collected. In this study, teaching experience is the independent variable (X), and the ability to start and close lessons is the dependent variable (Y). A simple linear regression test was one of the SPSS tests utilized by the researchers. The significance value (Sign.) for this study, which is greater than 0.05, is 0.577, according to the findings. This seal's foundation is the t value, which is known to be -0.564. This seal is based on the t value: since the t value is known to be -0.564 t table 2.048, it can be concluded that the teaching experience variable (X) has no effect on the opening and closing skills variable (Y).

Keterampilan dasar mengajar yang berperan penting terhadap kelangsungan kegiatan belajar mengajar yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat bagaimana ada tidaknya pengaruh penerapan keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran terhadap keberhasilan belajar. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik lembar observasi dan wawancara. Sampel berupa 30 guru dengan instansi mengajar yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan variabel bebas (X) yaitu pengalaman mengajar, sementara itu untuk variabel terikat (Y) adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Peneliti menggunakan berbagai uji SPSS salah satunya adalah uji regresi linear sederhana. Hasil dalam perhitungan yang dilakukan dengan diketahui nilai signifikansi (Sign.) diperoleh sebesar 0,577 yang berarti lebih besar dari 0,05. Selain itu, berdasarkan perhitungan nilai (t) diketahui bahwa nilai t hitung adalah -0,564, t tabel 2.048, dapat disimpulkan bahwa variabel pengalaman mengajar (X) tidak berpengaruh terhadap variabel keterampilan membuka dan menutup pelajaran (Y).

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Azis, A. (2016). Pengaruh keterampilan membuka pelajaran terhadap motivasi siswa dalam belajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 65-73.

Maman, M. (2020). Meningkatkan keterampilan guru membuka dan menutup pelajaran melalui sharing pengalaman mengajar dalam Forum KKG. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 99–104.

Monica, S., & Hadiwinarto, H. (2021). Pengaruh keterampilan membuka dan menutup pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuklinggau. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 12-23.

Oktaviani, O., & Syahrilfuddin, S. (2019). Analisis keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran matematika SD Negeri 192 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(1), 46-52.

Sitinjak, N. G. M. (2020). Analisis penerapan keterampilan membuka-menutup pelajaran dalam peningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Areopagus, 19(1).

Downloads

Published

2023-08-07

Issue

Section

Articles