Pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi di SMAN 2 Sumenep

Authors

  • Alfin Dwi Cahyani Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang
  • Satti Wagistina Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i7p795-808

Keywords:

kemampuan berpikir kritis, Group Investigation, Geografi

Abstract

A skill that is required for students to learn in the 21st century is the ability to think critically. Students must be able to think critically to solve problems in geography class, especially when dealing with social content. Students can master critical thinking with the influence of the Group Investigation learning model, because it can invite students to participate directly in the problem-solving process with investigative activities. This research was conducted to know how much influence the Group Investigation learning model had on students' critical thinking skills in geography at SMAN 2 Sumenep. The experimental research design included pre-test and post-test, and the Independent Sample T test was used to analyze the data. The subjects used were class X IPS 4 being the experimental group treated with the Group Investigation learning model and X IPS 5 being the control group treated with conventional learning. The results obtained in this study indicate that the Group Investigation model treatment has a significant effect, with a significance level of 0.000-0.05. This research can prove that geography students' critical thinking skills can be influenced by the Group Investigation learning model.

Suatu keterampilan yang diharuskan dimiliki oleh siswa untuk belajar pada abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Siswa harus mampu berpikir kritis untuk memecahkan masalah di kelas geografi, terutama ketika berhadapan dengan konten sosial. Berpikir kritis siswa dapat kuasai dengan pengaruh model pembelajaran Group Investigation, karena dapat mengajak siswa untuk ikut serta secara langsung dalam proses pemecaan masalah dengan kegiatan penyelidikan. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMAN 2 Sumenep. Rancangan penelitian eksperimen meliputi pre-test dan post-test, dan Independent Sample T test digunakan untuk menganalisis data. Subjek yang digunakan adalah kelas X IPS 4 menjadi kelompok eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Group Investigation dan X IPS 5 menjadi kelompok kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan model Group Investigation berpengaruh signifikan, dengan tingkat signifikansi 0,000-0,05. Penelitian ini dapat membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa geografi dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran Group Investigation.

References

Abduh, M. (2017). Interaksi pada pendekatan saintifik (kajian teori scaffolding).

Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866.

Aprilia, M. Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 Ciputat Tahun Pelajaran 2021/2022 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Budiwanto, S. (2017). Metode statistika untuk mengolah data keolahragaan. Metode Statistika, 1-233.

Cahyono, B. D. T., & Dwikoranto, D. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis pada Siswa. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 1–7.

Damanik, R. N. (2019). Daya tarik pembelajaran berbasis blended learning di era revolusi 4.0. in Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas dan reliabilitas instrumen pengetahuan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (pakem) menggunakan model rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 169-179.

Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas xi mipa 5 sma negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71-77.

Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh penggunaan whatsapp messenger sebagai mobile learning terintegrasi metode group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 33-38.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2020, January). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa low vision dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau aspek gender. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi (Vol. 2, No. 1, pp. 53-58).

Ma'rufi, A., Suryana, Y., & Muslihin, H. Y. (2018). Hubungan sikap berani dengan kepercayaan diri pada kegiatan senam irama. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 287-296.

Maryani, I., & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan scientific dalam pembelajaran di sekolah dasar: teori dan praktik. Deepublish.

Mitasari, Z., & Prasetiyo, N. A. (2016). Penerapan metode diskusi-presentasi dipadu analisis kritis artikel melalui lesson study untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan komunikasi. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 11-14.

Mushoddik, M., Utaya, S., & Budijanto, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 6 Jakarta. JURNAL SWARNABHUMI: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 1(1), 1–10.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Raudhah, S., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2019). Analisis berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal spltv di sma negeri 3 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(7), 271-283.

Sukmawati, S., & Putra, N. A. (2020). Pengaruh Model Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Geografi Siswa SMA Negeri 7 Makassar. UNM Geographic Journal 3(1),1.

Sunaryo, A. (2016). Penerapan Metode ‘Moving Groups’ Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar. Jupeko (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 1(02).

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37-44.

Susanti, N. P. Y., Darsana, I. W., & Ardana, I. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berdasarkan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV sd Gugus 2 Mengwi. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Sutarji, S. (2018). Analisis kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Kolam dalam penyelesaian masalah matematika ditinjau berdasarkan perbedaan jenis kelamin (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 1-8.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Yulianto, H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 55-63.

Yuliyanti, A., & Rahayu, T. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika: Meta–Analisis. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 40-47.

Downloads

Published

2023-07-06

Issue

Section

Articles