Model Problem Based Learning berbantuan video berita: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA

Authors

  • Fetricia Fetricia Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang
  • Djoko Soelistijo Universitas Negeri Malang
  • Dwiyono Hari Utomo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i7p741-752

Keywords:

PBL, video berita, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Critical thinking skills are important for students to solve problems in daily life. The PBL model assisted by news based on video is one of the learning models that in accordance with the demands of curriculum 2013 to improve student's critical thinking skills. This study aims to determine whether or not there is an effect of the PBL model assisted by news based on video for critical thinking skills of high school students. This research is a quasi-experiment by applying a post-test only control group design. The subjects in this study amounted to 66 peoples. Dataa analysis using independentt sample t-test with test results known to be 0.023 less than 0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted. The results show that there is an effect of the PBL model assisted by news based on video on the critical thinking skills of high school students. Researchers also compared the average scores of critical thinking skills tests by gender. The resultss showed that the average score of female students was higher than the male students. The reason is the cognitive abilities, problem solving and motivation of female studentss are higher than male students.

Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki siswa untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Model PBL berbantuan video berita merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model PBL berbantuan video berita terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menerapkan post-test only control group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Analisis dataa menggunakan independentt sample t-test dengan hasil pengujian diketahui 0,023 kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbantuan video berita terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Peneliti juga membandingkan nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan gender. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. Penyebabnya yaitu kemampuan kognitif, pemecahan masalah dan motivasi siswaa perempuan lebih tinggii dibandingkan siswa laki-laki.

References

Adawiyah, V. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (PBL) dengan Vee Map terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pokok Bahasan Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 3(2), 62–67.

Adriadi, A., & Tarihoran, N. (2016). Pembelajaran PBL(PBL) dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Negeri 1 Ciruas Serang. Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 15–38.

Anisa, R. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 422–432.

Arsika, I. M. B., Sudiarawan, K. A., Dharmawan, N. K. S., Samsithawrati, P. A., Widhyaastuti, I. G. A. A. D., & Mahartayasa, M. (2016). Buku Pedoman PBL. Unit Penjamin Mutu Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Awaliyah, P., & Santoso, B. (2021). Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 157–176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Basri, H., Jannah, U. R., Nuritasari, F., & Yahya, A. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Masalah dengan Informasi yang Kontradiksi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 63–78.

Dorisno, D. (2019). Hubungan Gender dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, IX(1), 1–108.

Ema, E., Yuniasih, N., & Yasa, A. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(5), 1–7.

Fadillah, L., Kartono, K., & Supriyadi, S. (2019). Peran Tutor Feedback dalam Pembelajaran Model PBL pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 533–539. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fatmawati, F., & Anjarsari, P. (2021). Stimulus Guru Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Tingkat SMP. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 13–26.

Firdaus, R. J., Wahyuni, S., & Utomo, A. P. (2021). Analisis Penggunaan Video Pembelajaran IPA Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 50–56.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan Pengembangan Video dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225–240. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Hariananda, D. A., & Zainuddin, Z. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Dari Perbedaan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 15–29.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: TEori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Hidayanti, R., Alimuddin, A., & Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Irmawati, D., Sriyono, S., & Santoso, A. B. (2013). Studi Eksperimen Pemanfaatan Blended Learning Model Berbasis Web Sebagai Sumber Belajar Geografi. Jurnal Edu Geography, 1(2), 11–18. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo/article/view/1446

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui PBL (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155–164.

Khasanah, B. A., & Ayu, I. D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Eksponen, 7(2), 1–6.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 38–41.

Lutfiah, W., Anisa, & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092–2098.

Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila di Program Studi Mekanika Akademi Maritim Indonesia - Medan. Jurnal Warta Edisi: 58.

Malini, G. A. N. D., & Fridari, I. G. A. D. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin Dan Urutan Kelahiran di SMAN 1 Tabanan dengan Sistem Full Day School. Jurnal Psikologi Udayana, 032, 145–155.

Marpaung, D. (2018). Penerapan Metode Diskusi dan Presentasi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(4), 360–368. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i4.11375

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). PBL (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Ngalimun, N. (2017). Strategi Pendidikan.

Ngazizah, N., Puspitarini, D., Asrofah, Z. A., & Saputri, D. A. R. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kesetaraan Gender Melalui Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 997–1005. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2048

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155–158.

Oksara, W., & Nirwana, H. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.24036/00117kons2019

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Permatasari, D., & Oktaviarini, N. (2021). Analisis Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Daring di Kelas 6A SD Negeri 1 Jepun. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.584

Prajono, R., Rahmat, R., Maryanti, E., & Salim, S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Purba, J. P. (2012). Pemecahan Masalah dan Penggunaan Strategi Pemecahan Masalah.

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24–34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Permasamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84–93.

Purwati, S., & Darussyamsu, R. (2021). Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1(1), 917–922. https://semnas.biologi.fmipa.unp.ac.id/index.php/prosiding/article/view/115

Putri, H., Kurniawan, D. A., & Simanjuntak, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Karakter Bersahabat/Komunikatif Siswa pada Pelajaran Fisika. PROSIDING Seminar Nasional Matematika Dan Sains Departemen Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra, 363–370.

Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh PBL (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10

Rahayu, A. P., Parmin, P., & Diah, S. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa pada Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan. In Mimbar PGSD Undiksha.

Rahayu, P. Y., Kusworo, K., Hamda, N., Gunawan, H. I., & Jaya, F. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Berbasis Android di Masa Pandemi Covid-19. Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–10.

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 1–100. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Sabaruddin, S. (2019). Penggunaan Model Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik pada Materi Gravitasi Newton. Lantanida Journal, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.3795

Safitri, E. M., Sari, Y., & Dewi, R. F. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 83–89.

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1).

Saparwadi, L., & Cahyowatin, C. (2018). Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2111

Setyawan, M., & Koeswanti, H. (2021). Pembelajaran PBL Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 489–496. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41099

Sisdiana, E. (2019). Kajian Pelatihan Kurikulum 2013 Oleh Instruktur Kabupaten/Kota Kepada Guru Sekolah Sasaran. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 18(2), 155–180.

Solikhin, M., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Pelajaran IPA Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 188–192.

Sugandi, D. (2015). Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Humanika: Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 8(2), 241–252. http://www.journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/608

Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model PBL Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 320. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865

Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model PBL.

Utomo, D. H. (2016, November). Brain based learning: effects model a-car in critical thinking skills. In 1st International Conference on Geography and Education (ICGE 2016) (pp. 339-343). Atlantis Press.

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 3(3), 406–411. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10709

Yuliani, N. K., & Rahman, E. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 1(2), 82–91.

Yuliono, S. N., Sarwanto, S., & Wahyuningsih, D. (2014). Video Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Kalor untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 21–25.

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539

Downloads

Published

2023-07-06

Issue

Section

Articles