Analisis Google Trends: Akulturasi budaya melalui musik Kpop di Indonesia

Authors

  • Betty Masruroh Universitas Negeri Malang
  • Ifan Deffinika Universitas Negeri Malang
  • Vira Setia Ningrum Universitas Negeri Malang
  • Prananda Anugrah Universitas Negeri Malang
  • Fuad Maysa Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i7p711-716

Keywords:

akulturasi, band Korea, Kpop

Abstract

Culture is the result of human taste, initiative and creativity that grows and develops in a certain environment and region. The current digital era makes it easy to spread information to various countries in the world. Information that is spread does not escape from cultural content. This causes cultural acculturation, one of which is in the arts area. This research aims to find people's interest in Korean music through the two groups based on Google trends data. Understanding the interests of internet users through Google Trends will increase insight into the popularity and influence of Korean culture in Indonesia to provide insight for people interested in cultural acculturation and the development of K-pop music. This study uses a qualitative research method with a netnographic approach with data sources from Google Trends. The data is presented in the form of a description of the results of observations and interviews after being reduced first. The results showed that Korean bands were one of the factors that brought cultural acculturation to Indonesia. The Korean wave trend has both positive and negative impacts which can be a challenge for Indonesia in the future.

Budaya merupakan hasil dari rasa, karsa, dan cipta manusia yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan dan wilayah tertentu. Era digital saat ini memudahkan penyebaran informasi ke berbagai negara di belahan dunia. Informasi yang tersebar tak luput dari muatan budaya. Hal ini menyebabkan adanya akulturasi budaya, salah satunya pada wilayah kesenian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat terhadap musik Korea melalui kedua grup tersebut berdasarkan data tren Google. Pemahaman terhadap minat pengguna internet melalui Google Trends ini akan meningkatkan wawasan tentang popularitas dan pengaruh budaya Korea di Indonesia sehingga dapat memberikan wawasan bagi masyarakat yang tertarik dengan akulturasi budaya dan perkembangan musik Kpop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan netnografi dengan sumber data dari Google Trendss. Data disajikan dalam bentuk deskripsi dari hasil pengamatan dan wawancara setelah direduksi terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Band Korea merupakan salah satu faktor pembawa akulturasi budaya ke Indonesia. Tren gelombang Korea ini memiliki dampak positif dan negatif yang dapat menjadi tantangan bagi Indonesia kedepannya.

References

Akbar, H. M., & Najicha, F. U. (2022). Upaya Memperkuat Jati Diri Bangsa Melalui Pemahaman Wawasan Nusantara Di Era Gempuran Kebudayaan Asing. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2122–2127.

Alawiyah, E. N., & Sari, S. P. (2021). Pembayaran Menggunakan E-Money: Tinjauan Dengan Teori UTAUT (Unified Theory of Acceptance And Use of Technology) Melalui Pemanfaatan Google Trends. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ardia, V. (2014). Drama Korea dan budaya popular. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3).

Effendy, F., Huriyati, R., Disman, D., & Sultan, M. A. (2021). Penggunaan Google Trends Dalam Perencanaan Strategi Content Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis di Dunia Internet. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 1(1), 192–200.

Harianti, L. R., Pradana, I. M. P., Masruroh, B., Budiarto, L., & Prasad, R. R. (2023). Scrutinizing Indonesian Students’ Understanding and Perceptions toward Plagiarism. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 8(1), 7-11.

Irmania, E. (2021). Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160.

Lestari, E. Y. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1).

Muhammad, W. A. (2013). Fenomena Hallyu (Gelombang Korean-Pop/K-Pop) dan Dampaknya di Indonesia. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 15(1), 201–212.

Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Dampak konsumerisme budaya Korea (Kpop) di kalangan mahasiswa fakultas ilmu sosial universitas negeri Malang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78–88.

Pertiwi, S. A. (2013). Konformitas dan fanatisme pada remaja Korean wave. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).

Purnaningrum, E., & Ariqoh, I. (2019). Google Trends analytics dalam bidang pariwisata. Majalah Ekonomi, 24(2), 232–243.

Purnaningrum, E., & Ariyanti, V. (2020). Pemanfaatan Google Trends Untuk Mengetahui Intervensi Pandemi Covid-19 Terhadap Pasar Saham Di Indonesia. Majalah Ekonomi, 25(1), 93–101.

Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan penyebaran Korean wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68–80.

Putri, L. A. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Prilaku Remaja Di Era Globalisasi. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 42–48.

Rahmawati, I., Pramesti, T. A., Hisan, U. K., & Amri, M. M. (2022). Peluang Pemanfaatan Google Trends dalam Pencegahan Masalah Kesehatan Massal: Studi Kasus COVID-19. Bincang Sains dan Teknologi, 1(01), 41–47.

Riyanto, A. D. (2015). Pemanfaatan Google Trends dalam penentuan kata kunci sebuah produk untuk meningkatkan daya saing pelaku bisnis di dunia internet. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1).

Sarwoprasodjo, S., & Lubis, D. P. (2021). Google Trends dan Analisis Pengelolaan Konflik Sosial di Ruang Publik Virtual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 51–66.

Simbar, F. K. (2016). Fenomena konsumsi budaya korea pada anak muda di kota Manado. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Siswanto, M., & Fahriannur, A. (2016). Google Trend untuk Analisa Pasar Bisnis Online & Pemilihan Keywords pada E-Commerce Web. Prosiding.

Suyanto, B. (2015). Metode penelitian sosial: Berbagai alternatif pendekatan. Prenada Media.

Utama, A. B. P., Wibawa, A. P., Masruroh, B., & Ningrum, V. S. (2021). Prinsip Etika Keilmuan Bidang Teknologi Informasi dan Penerapannya dalam Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik (JITET), 1(8), 630-640.

Wakulto, P. D., & Sari, S. P. (2022). Analisis Technology Acceptance Model terhadap Minat Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai melalui Pemanfaatan Google Trends. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 401–408.

Wibowo, W. (2013). K-Drama: industri kreatif berbasis budaya populer. Widya Mandala Surabaya Catholic University.

Widyarsi, L., & Usman, H. (2021). Penggunaan Data Google Trends untuk Peramalan Tingkat Pengangguran Terbuka di Tingkat Nasional dan Regional di Provinsi Jawa Barat. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 980–990.

Wikipedia. (2023a). CNBlue. Retrieved from https://en.wikipedia.org/w/¬index.php?title=¬CNBLUE&action=-history

Wikipedia. (2023b). F.T. Island. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/F.T._Island

Downloads

Published

2023-07-06

Issue

Section

Articles