Pengaruh lama pengalaman mengajar terhadap keterampilan menjelaskan seorang guru

Authors

  • Ulya Rosida Universitas Negeri Malang
  • Rooslya Melinda Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Sardya Farnanda Natagara Universitas Negeri Malang
  • Ulya Furoidah Andari Universitas Negeri Malang
  • Widya Ayu Rarassita Dewi Universitas Negeri Malang
  • Rissa Permata Sari Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i6p636-640

Keywords:

guru, keterampilan menjelaskan, lama pengalaman mengajar

Abstract

One important component of education is the teacher. The teacher has an important role in teaching and learning activities in the classroom. Therefore, the role of a teacher is very necessary in supporting the achievement of educational goals in schools. In the learning process activities, a teacher is required to be able to master every material that will be taught and connect other knowledge that has a relationship with the material being taught. The length of a teacher's teaching experience can be a benchmark in assessing a teacher's explaining skills when carrying out learning. The purpose of this research is to find out whether there is an effect of length of teaching experience on a teacher's explaining skills. This study uses a type of quantitative research. The population in this study were teachers from several high schools in Malang Raya with a target of 30 teachers (Malang 9 State High School, Malang National High School, Muhammadiyah 3 Batu City High School, and Immanuel High School Batu City) selected randomly. The results of the study show that teachers have different backgrounds, coming from the field of education, some are non-educational, of course this also affects them. Thus, in this study it can be said that the length of teaching experience has no effect on the skills of explaining material during learning, but it is not significant.

Salah satu komponen penting pendidikan adalah guru. Guru memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Maka dari itu, peran seorang guru sangat diperlukan dalam menunjang pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Dalam kegiatan proses pembelajaran, seorang guru dituntut mampu menguasai setiap materi yang akan diajarkan serta menghubungkan pengetahuan lain yang memiliki hubungan dengan materi yang sedang diajarkan. Lama pengalaman mengajar seorang guru dapat menjadi tolak ukur dalam menilai keterampilan menjelaskan seorang guru pada saat melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lama pengalaman mengajar terhadap keterampilan menjelaskan seorang guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru beberapa SMA di Malang Raya dengan target 30 guru (SMA Negeri 9 Malang, SMA Nasional Malang, SMA Muhammadiyah 3 Kota Batu, dan SMA Immanuel Kota Batu) dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki latar belakang yang berbeda beda berasal dari bidang pendidikan ada juga yang non kependidikan tentunya hal tersebut juga mempengaruhi. Dengan demikian, pada penelitian ini dapat dikatakan bahwa lama pengalaman mengajar tidak berpengaruh terhadap keterampilan menjelaskan materi pada saat pembelajaran, namun tidak signifikan.

References

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam Berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.

Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245-1252.

Mulyasa, M. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Putra, E. M., Handarini, D. M., & Muslihati, M. (2019). Keefektifan achievement motivation training untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(2), 62-68.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Yarmayani, A., & Afrila, D. (2018). Analisis faktor lingkungan belajar yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 135-149.

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles