Pengaruh model discovery learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa

Authors

  • Didik Gunawan Universitas Negeri Malang
  • Hadi Soekamto Universitas Negeri Malang
  • Alfi Sahrina Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i6p626-635

Keywords:

discovery learning, video, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Discovery learning is a scientific learning model that is suitable to train students in critical thinking. Video assistance on several learning syntaxes can support students' critical thinking skills, because they can encourage motivation and complement students' experiences in learning. The study was conducted to determine the effect of the video-assisted discovery learning model on students' critical thinking skills. The method used is a quasi-experimental posttest-only control group design which was carried out at SMAN 1 Batu semester 2021/2022. The subjects of study are XI IPS 4 control class and XI IPS 5 experimental class. Collecting data using essay tests. Data were analyzed using a t-test and obtained sig. (2-tailed) 0.00 less than equal to 0.05, so H1 can be accepted, and H0 can be rejected, which means that the video-assisted discovery learning model affects students' critical thinking skills. The findings of this study are that the syntax that has the most influence on student's critical thinking skills is the data collection which raises three critical thinking indicators, followed by problem statement and verification with two critical thinking indicators. Furthermore, the syntax of stimulation, data processing, and generalization each appear as indicators of critical thinking. Another finding from this study is that gender also makes a difference in critical thinking skills, where female students get critical thinking scores above male students due to their different ways of thinking and learning styles.

Discovery learning merupakan model pembelajaran saintifik yang cocok melatih siswa dalam berpikir kritis. Bantuan video pada beberapa sintaks pembelajaran mampu menunjang keterampilan berpikir kritis siswa, karena mampu mendorong motivasi dan melengkapi pengalaman siswa dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang dipergunakan yaitu eksperimen semu desain posttest-only control group yang dilaksanakan di SMAN 1 Batu semester genap 2021/2022. Subjek dari penelitian yaitu XI IPS 4 kelas kontrol dan XI IPS 5 kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrument tes berupa soal essay. Data dianalisis menggunakan uji-t dan diperoleh sig. (2-tailed) 0.00 kurang dari sama dengan 0.05, sehingga H1 dapat diterima, H0 dapat ditolak, yang berarti model discovery learning berbantuan video lebih berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Temuan dari penelitian ini yaitu sintaks yang paling berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa adalah sintaks data collection yang memunculkan tiga indikator berpikir kritis, kemudian diikuti sintaks problem statement dan verification dengan dua indikator berpikir kritis. Selanjutnya sintaks stimulation, data processing, dan generalization masing-masing muncul satu indikator berpikir kritis. Temuan lain dari penelitian ini yakni gender juga membuat perbedaan terhadap keterampilan berpikir kritis, di mana siswa perempuan memperoleh skor berpikir kritis di atas siswa laki-laki yang disebabkan oleh cara berpikir dan gaya belajar keduanya yang berbeda.

References

Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 597–602.

Amri, S. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Aryani, Y. D., & Wasitohadi, W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Muatan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Diponegoro. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 34–40. Diambil dari https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3221.

Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Brookfield, S. D. (2011). Teaching for Critical Thinking: Tools and Techniques to Help Students Question Their Assumption (Edisi 1.). San Francisco: Jossey-Bass.

Bruner, J. S. (1961). The Act of Discovery. Search of Pedagogy, I, 67–76.

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50. Diambil dari https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510.

Christina, H. S., & Nuroso, H. (2016). Discovery learning Model Berbantuan Video Kearifan Lokal Industri Genteng untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Topik Kalor. 222–229. Diambil dari http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif/m2016/paper/view/1180.

Chusni, M. M., Saputro, S., Suranto, S., & Rahardjo, S. B. (2020). The Potential of Discovery Learning Models To Empower Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1). Diambil dari https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012036.

Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Druckman, D., & Ebner, N. (2018). Discovery learning in Management Education: Design and Case Analysis. Journal of Management Education, 42(3), 347–374.

Elizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018). Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 012101. Diambil dari https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012101.

Ennis, R. H. (1985). Critical Thinking: Its Nature, Measurement, and Improvement. National Inst. Of Education, 11(1), 217–232.

Fahmi, F., Setiadi, I., Elmawati, D., & Sunardi, S. (2019). Discovery Learning Method for Training Critical Thinking Skills of Students. European Journal of Education Studies, 6(3), 342–351. Diambil dari https://doi.org/10.5281/zenodo.3345924.

Feldman, D. A. (2010). Berpikir Kritis: Strategi untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Indeks.

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116. Diambil dari https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a.

Hante, I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Gender Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Maiwa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri (Studi Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia) Analisys of Critical Thinking Based on Gender in Class XI MIA SMA Negeri 1 Maiwa Troug. ChemEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 1, 73–81. Diambil dari https://ojs.unm.ac.id/ChemEdu/article/view/17530.

Halpern, D. F. (2013). In Thought and Knowledge: An Introduction to Critical Thinking, Fifth Edition (Edisi 5.). Psychology Press: New York.

Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme untuk Mahasiswa. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 100. Diambil dari https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107.

Indarti, M., Soekamto, H., & Soelistijo, D. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 5(2), 1–13. Diambil dari http://repository.um.ac.id/id/eprint/53127.

Laksana, S. D. (2021). Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP) Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Education Technology The 21 st Century. Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTep), 1(1), 14–22. Diambil dari https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep/article/view/1289.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mason, M. (2008). Critical Thinking and Learning. In M. Mason (Ed.), Critical Thinking and Learning. Diambil dari https://doi.org/10.1002/9781444306774.

Mulyasa, I. D., & Aryani, W. D. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslihudin, A. (2019). Implementasi Model Discovery learning Berbantuan Video dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 74–86. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/228885079.pdf.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Diambil dari https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1308–1314. Diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10062.

Perdana, R., Budiyono, B., Sajidan, S., & Sukarmin, S. (2019). Analysis of Student Critical and Creative Thinking (CCT) Skills on Chemistry: A Study of Gender Differences. Journal of Educational and Social Research, 9(4), 43–52. Diambil dari https://doi.org/10.36941/jesr-2019-0006.

Priyatni, E. T., As’ari, A. R., Diantoro, M., & Nasih, A. M. (2021). Program Wise untuk Meningkatkan 4K (Keterampilan Berpikir Kritis-Kreatif-Kolaboratif-Komunikatif) (Edisi 1.). Malang: Universitas Negeri Malang.

Purba, A. R., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., & Purba, B. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ramdani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery learning with Scientific Approach on Geometry Discovery learning with Scientific Approach on Geometry. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 895(1), 012033.

Ratumanan, T.G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan (Edisi 5.; B. Harya, Ed.). Jakarta: Humanika.

Sari, R. M., Sumarmi, S., Astina, I. K., & Utomo, D. H. (2019). Scientific Mind Map Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sousa, D. A. (2012). Bagaimana Otak Belajar (Edisi 4.; M. Siti, Ed.). Jakarta: Indeks.

Sudarma, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak.

Supardi, S. (2019). Perpustakaan dan Manifestasi Belajar. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 3(1), 89–99.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan (Edisi 1.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles