Peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa di SMA Negeri 1 Motoling

Authors

  • Muhammad Fajar Hidayat Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Chelse V. Muyu Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Romi Mesra Institut Agama Islam Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i5p525-532

Keywords:

peran guru, disiplin siswa

Abstract

Students still don't understand that character education can make them better individuals and not be rude to playmates or parents, let alone teachers. The purpose of this study was to determine the role of the teacher in improving student discipline at SMA Negeri 1 Motoling. This study used a qualitative research method or methods and data collection techniques in the form of observation and interviews. The results of this study indicate that the teacher's role in increasing student discipline when the teacher is serious is the one who prepares the basics of homework on each subject or subjects that require real interaction, communication, and collaboration between students. So while they have more control over setting daily routines, managing class assignments and monitoring their relationships with students, setting class rules, and managing reward structures, they have more freedom and less control.

Siswa masih belum memahami bahwa pendidikan karakter dapat menjadikan mereka pribadi yang lebih baik dan tidak bersikap kasar kepada teman bermain atau orang tua, apalagi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Motoling. Penelitian ini menggunakan metode atau metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa kegiatan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa ketika guru bersungguh-sungguh adalah yang menyiapkan dasar-dasar pekerjaan rumah pada setiap mata pelajaran atau mata pelajaran yang memerlukan interaksi, komunikasi, dan kerjasama yang nyata antar siswa. Jadi, meskipun mereka memiliki kontrol lebih besar atas pengaturan rutinitas sehari-hari, mengelola tugas kelas dan memantau hubungan mereka dengan siswa, menetapkan aturan kelas, dan mengatur struktur penghargaan, mereka memiliki lebih banyak kebebasan dan lebih sedikit kontrol.

References

Andriyani, J. (2019). Strategi coping stres dalam mengatasi problema psikologis. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37–55.

Burke, P. (2001). Sejarah dan teori sosial. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Dionchi, P. H. P., Gumilar, H. S., Zahro, S. L., Mutmainah, E., & Apriyadi, D. W. (2022). Peran mahasiswa asistensi mengajar Pendidikan Sosiologi dalam kegiatan akademik mata pelajaran Sosiologi di SMAN 3 Kota Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(7), 646-655.

Dolonseda, H. P., Tokio, C. A., Kaempe, T. W., & Mesra, R. (2022). Realitas Pendidikan Dan Kondisi Ekonomi Keluarga Petani Wortel Di Kelurahan Rurukan. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Pres, TT.

Ilata, A. H., Santie, Y. D. A., Salem, V. E. T., Hidayat, M. F., Mesra, R., & Manado, U. N. (2022). Lingkungan pergaulan remaja di smp negeri 13 halmahera barat. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 110-116.

Imbar, M., & Mesra, R. (2023, January). Optimizing the Role and Function of Teachers in History Learning in the Time of the Covid 19 Pandemic. In Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (pp. 1719-1730). Atlantis Press.

Mamonto, F. H., Sufitriyono, S., & Mesra, R. (2023). Persepsi Mahasiswa FISH UNIMA tentang Implementasi Materi Mata Kuliah dalam Pembentukan Karakter dan di Kehidupan Sosial. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 382–391. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4603/http

Mesra, R., Umaternate, A. R., & Fathimah, S. (2021, August). Application of the Learning Model" Baca Dulu" Break Out Class Daring and Luring as an Effort to Overcome the Various Obstacles of Online Learning During the Covid-19 Pandemic at UNIMA Sociology Education Study Program. In ICHELSS: International Conference on Humanities, Education, Law, and Social Sciences (Vol. 1, No. 1, pp. 639-645).

Mesra, R., Waldi, A., Rahayu, R., & Puteri, M. E. (2022). Potensi Konflik Antara Pemilik Lahan dengan Pemilik Hewan Ternak di Nagari Bidar Alam. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 789. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.911

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Mtsweni, J. (2008). The role of educators in the management of school discipline in the Nkangala Region of Mpumalanga (Doctoral dissertation, University of South Africa).

Nugraha, N. (2017). Peran Guru dalam Upaya Pembentukan wawasan Kebangsaan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Barat Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2015/2016. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 13–23.

Nuraiman, N., Tama, S. P., Sari, N., Anwar, K., Pertiwi, M., & Mesra, R. (2023). Kreativitas Guru Ppkn Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Muhammadiyah Padang Panjang. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(1), 188–194.

Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Makalah Prosiding Seminar Nasional, 9(1), 671–683.

Rahimi, M., & Asadollahi, F. (2012). On the relationship between Iranian EFL teachers’ classroom management orientations and teaching style. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 31, 49–55.

Rahimi, M., & Nabilou, Z. (2011). Iranian EFL teachers’ effectiveness of instructional behavior in public and private high schools. Asia Pacific Education Review, 12, 67–78.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1).

Salem, V. E., & Mesra, R. (2023). Efektifitas Kehadiran Mahasiswa KKN MBKM Program Studi Pendidikan Sosiologi UNIMA dalam Membantu Kinerja Pemerintah Kelurahan Rurukan, Kecamatan Tomohon Timur. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(2), 1564–1573.

Santie, Y. D. A., Fathimah, S., & Mesra, R. (2022). Development of Social Capital as a Trigger of Agro-tourism Economy in Horticultural Farming Communities in Rurukan Village.

Santie, Y. D. A., Fordatkosu, R., Umaternate, A. R., & Mesra, R. (2023, January). The Role of the Village Consultancy Board in Infrastructure Development in Fursuy Village, Selaru District, Maluku Tenggara Barat Regency. In Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (pp. 1708-1713). Atlantis Press.

Santie, Y. D. A., Gugule, H., Wenno, Y. H., & Mesra, R. (2023). Tantangan Mahasiswa Kkn Mbkm Program Studi Sosiologi Unima dalam Mengajar di SMAS PGRI Rurukan Tomohon Timur. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(1), 152–157.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Sugiyono, S. (2010). Understanding qualitative research. Alfabeta.

Wachidah, N. (2019). Pengaruh Sikap Inovatif, Kedisiplinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(1), 57–63.

Waldopo, W. (2009). Strategi Pembelajaran Untuk Kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat). Jurnal Teknodik, 77–88.

Wibowo, U. B. (2011). Teori Kepemimpinan. Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-05-11

Issue

Section

Articles