Mekanisme survival pelaku UMKM dalam menghidupi ekonomi keluarga (studi kasus penjual pakaian di Pasar Gemek)

Authors

  • Zulfatus Saroya Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Syamsul Bakhri Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • M. Achwan Baharuddin Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i5p517-524

Keywords:

UMKM, ekonomi, mekanisme survival

Abstract

MSMEs are the main source of family income so that their income affects how the family economy can be fulfilled. Called a business whose income is uncertain, MSME actors must think extra in fulfilling the family's economic survival mechanism. Qualitative research with this case study method aims to find out and analyze the survival mechanism applied by MSME clothing traders in the Gemek market. The results of the study are based on interview data to several MSME players clothing traders that have been carried out directly in the Gemek market. The results of the study were obtained if the average MSME actor of clothing traders has implemented a survival mechanism in the family economy. This is based on the interviewee taking odd jobs as well as some family members also doing work to meet the family's economic needs. This means that some MSME actors who sell clothing have implemented survival mechanisms using other self-help substitution alternatives.

UMKM menjadi sumber utama penghasilan keluarga sehingga pendapatan nya mempengaruhi bagaimana ekonomi keluarga dapat terpenuhi. Disebut dengan usaha yang pendapatanya tidak menentu, pelaku UMKM harus berfikir extra dalam memenuhi mekanisme survival ekonomi keluarga. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan pendekatan studi kasus teori mekanisme survival James Schoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme survival yang diterapkan oleh pelaku UMKM pedagang pakaian di pasar Gemek. Hasil penelitian berdasarkan data wawancara kepada beberapa pelaku UMKM pedagang pakaian yang telah dilakukan secara langsung di pasar Gemek. Hasil penelitian didapat jika rata-rata pelaku UMKM pedagang pakaian telah menerapkan mekanisme survival dalam ekonomi keluarga. Hal ini didasarkan pada narasumber yang mengambil pekerjaan sambilan serta beberapa anggota keluarga juga melakukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Berarti beberapa pelaku UMKM pedagang pakaian telah menerapkan mekanisme survival Menggunakan alternative substensi swadaya lain.

References

Achsani, F., & Laila, S. A. N. (2020). Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu Menyambut Lebaran Karya Pendhoza. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(2), 122–133.

Andiko, T. (2016). Konsep harta dan pengelolaannya dalam alquran. Al-Intaj, 2(1), 57–70.

Andriyani, A. (2019). Kajian Literatur pada Makanan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan (Literature analysis on food in islam and Health Perspective). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15(2), 178.

Aquariza, A. B. (2014). Pelaksanaan Khiyar dalam Jual Beli di Pasar Klitikan Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ariana, R. (2016). Strategi Bertahan Hidup Keluarga Payabo di Kelurahan Rapokkaling Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Damayanti, N. N. S. R. (2021). Menjaga Eksistensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Masa Pandemi Covid 19.

Ermaya, H. N. L., & Fahria, R. (2019). Pemberdayaan Pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan Melalui Perhitungan Penetapan Biaya Produk. Sabdamas, 1(1), 33–38.

Halensiana, N., & Pramonojati, T. A. (2019). Budaya Lebaran di Indonesia dalam Masyarakat Tontonan (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Ramayana Versi #Kerenlahirbatin di Youtube). eProceedings of Management, 6(2), 4809–4819.

Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), 15. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678

Ianingrum, E. F. (2009). Strategi Bertahan Hidup Janda Lansia.

Meliandari, N. M. S., & Utomo, R. (2022). Tinjauan Penyebab Rendahnya Kepatuhan Pajak Penghasilan UMKM Kuliner Khas Bali di Kabupaten Badung. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 6(2S), 512–528. https://doi.org/10.31092/jpi.v6i2s.1862

Mutmainah, N. (2020). Peran Perempuan dalam Pengembangan Ekonomi Melalui Kegiatan UMKM di Kabupaten Bantul. Jurnal Wedana, VI(1), 1–7.

Purba, M. L., & Sucipto, T. N. (2019). Potensi dan Kontribusi UKM Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Pelaku Umkm Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia). Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2), 430–440.

Puspitasari, D. C. (2015). Modal Sosial Perempuan dalam Peran Penguatan Ekonomi Keluarga. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1(2), 69. https://doi.org/10.22146/jps.v1i2.23445

Scott, J. C. (1976). The Moral Economy of the Peasant Rebellion and Subsistence in Southeast Asia. Yale University Press.

Suci, Y. R. (2008). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia.

Triasari, D. I. (2021). Strategi bertahan hidup mantan TKI pria di Ponorogo (studi pada mantan TKI pasca pulang dari luar negeri).

Widiatmoko, J., Indarti, M. G. K., Puspitasari, E., & Hadi, S. S. (2020). Pendampingan penyusunan harga pokok produksi bagi pelaku UMKM di Kota Semarang. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 206-215.

Downloads

Published

2023-05-11

Issue

Section

Articles