Persepsi dan tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap perkuliahan dalam jaringan di Progam Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Authors

  • Achmad Alfinda Fadly Universitas Negeri Malang
  • Alfariz Maulana Yusuf Universitas Negeri Malang
  • Anggilia Widyaningsih Universitas Negeri Malang
  • Devi Yuliyana Sari Universitas Negeri Malang
  • Dewi Sinta Azizah Universitas Negeri Malang
  • Galih Rumpoko Universitas Negeri Malang
  • Mc. Dohan Arrarrona Universitas Negeri Malang
  • Nabila Munsyarikha Universitas Negeri Malang
  • Tasyania Izzah Salsabila Universitas Negeri Malang
  • Satti Wagistina Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i5p658-665

Keywords:

persepsi, tingkat pengetahuan, pembelajaran dalam jaringan

Abstract

This study aims to determine the perceptions and levels of student knowledge of online learning in the Department of Geography, State University of Malang. The impact of this pandemic affects existing learning activities. Learning activities that were initially carried out face-to-face, are now converted into networks (online). This certainly has an impact on students' perceptions and level of knowledge. This research uses quantitative method. This research has a total population of 450 with a sample of 100 and also the number of respondents as many as 100 students. Research data were collected from geography students at State University of Malang using a questionnaire that had been distributed using google form. The results of this study indicate that the perceptions and level of knowledge of students are included in online learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dan tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap pembelajaran dalam jaringan di Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Dampak dari adanya pandemi ini mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang ada. Kegiatan pembelajaran yang awalnya dilakukan dengan tatap muka, kini dirubah menjadi dalam jaringan (dalam jaringan). Hal ini tentu berdampak pada persepsi dan tingkat pengetahuan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 450 dengan sampel sebanyak 100 dan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dari mahasiswa pendidikan geografi di Universitas Negeri Malang menggunakan angket yang telah dibagikan menggunakan google form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dan tingkat pengetahuan mahasiswa termasuk sedang dalam pembelajaran daring.

References

Agarwal, S., & Kaushik, J. S. (2020). Student’s perception of online learning during COVID pandemic. The Indian Journal of Pediatrics, 87, 554-554.

Aritonang, L. (2008). Validitas dan Reliabilitas Butir Instrumen. Jakarta: Akademika.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gulford, J.P. (1956). Fundamental Statistic in Psychology and Education. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Notoatmodjo, S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Putra, A. K., Irawan, L. Y., Deffinika, I., Fahmi, A., & Tanjung, A. (2021, March). Knowledge and participation of geography teachers toward flood disaster risk reduction in sampang indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 683, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.

Ramadhani, R. M., Gustaman, F. A. I., Kodar, M. S., & Widanaha, I. K. (2020). Implementasi Program Sekolah Aman Bencana di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Balikpapan Kalimantan Timur. JIPSINDO, 7(2), 102-118.

Riyanto, A. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiharto, S., et al. (2007). Teori Tentang Pengertian Persepsi. Jakarta: Yayasan Kanisius.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles