Pengaruh model project based learning berbantuan Tik Tok terhadap kemampuan berpikir kreatif Geografi siswa SMAN 7 Malang

Authors

  • Maria Yovita Evinsia Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Budijanto Budijanto Universitas Negeri Malang
  • Purwanto Purwanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i3p267-278

Keywords:

model project based learning, media tik tok, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

The project-based learning model uses problems as the first step in gathering and integrating new knowledge based on hands-on experiences and activities. This model has the advantage of being able to stimulate students to think creatively. This is because with broad knowledge, students are easy to give ideas to problems. This study aims to determine the effect of the Tik Tok-assisted project-based learning model on students' creative thinking skills. This research is a quasi-experimental type of research (quasi-experimental) using Post-test Only Control Group Design. The subjects of this study consisted of one experimental class and one control class of class X students of SMAN 7 Malang. The results of the analysis show that the ability to think creatively with the project-based learning model assisted by tik tok is better than the students using the project-based learning model. It can be seen from the significance value of 0.000 less than 0.05, it can be concluded that there is a significant effect of the Tik Tok-assisted project- based learning model on students' creative thinking skills.

Model project based learning menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dan aktivitas langsung. Model ini memiliki keunggulan mampu merangsang siswa untuk berpikir kreatif. Hal ini dikarenakan dengan pengetahuan yang luas siswa mudah memberikan gagasan terhadap permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project-based learning berbantuan tik tok terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan rancangan Post-test Only Control Group Design. Subjek penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol siswa kelas X SMAN 7 Malang. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dengan model project-based learning berbantuan tik tok lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Project based learning. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikansi model pembelajaran project-based learning berbantuan tik tok terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

References

Aji, W. N. (2018, December). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (Vol. 431, pp. 431-440).

Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3), 399-408.

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh media sosial tiktok terhadap perkembangan prestasi belajar anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675-1682.

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 48–58.

Doppelt, Y. (2005). Assessment of project-based learning in a Mechatronics context. Journal of Technology Education, 16(2), 7–24. https://doi.org/10.21061/jte.v16i2.a.1

Fitria, C., & Siswono, T. Y. E. (2014). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 23–32.

Haryanto, H. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep dan Manajemen. UNY Press.

Islami, F. N., Putri, G. D., & Andari, P. N. D. (2018). Kemampuan Fluency, Flexibility, Originality, dan Self Confidence Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 249-258.

Shafira, F. (2020). Komunikasi Geografi dan Pemanfaatan Waktu Luang untuk Menggunakan Aplikasi Tiktok.

Hindriyanto, R. A., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1092-1096.

Kurniawati, I. D. (2021, November). Efektifitas project based learning berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 4, No. 1, pp. 769-774).

Murniati, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.

Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 50-58.

Nurlela, L., Ismayanti, E., Samani, M., Suparji, S., & Tjahjanto, I. G. P. A. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif.

Oktaheriyani, D. (2020). Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Rohmah, L. (2021). Pembuatan Video Tiktok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Gugus Fungsi Karbon. Gema Pendidikan, 28(1), 15–20.

Sari, Y. W., & Kosasih, E. (2019). Pemanfaatan Infografis Animasi Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 949–956.

Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47–52. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Pdg/Article/View/5364/4762

Wulandari, N., Koeswanto, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V. JODI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 19. Https://Doi.Org/10.26737/Jpdi.V4i1.947

Purbalaksmi, P., Dantes, N., & Suhandana, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Seni Rupa. Jurnal Administrasi Pendidikan UNDIKSHA, 4(1), 74993.

Downloads

Published

2023-04-26

Issue

Section

Articles