Pengembangan booklet digital berbantuan HTML 5 pada materi keragaman budaya Indonesia siswa kelas XI SMA

Authors

  • Hasna Indriani Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Djoko Soelistijo Universitas Negeri Malang
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i3p203-224

Keywords:

bahan ajar, booklet digital, keragaman budaya di Indonesia

Abstract

The need for teaching materials in supporting learning that is adapted to student learning conditions is very necessary. Based on the phenomena in the field, it is known that there is a need for teaching materials that can help students understand the material and support online learning. The purpose of this research is to produce a supplement product for teaching materials in the form of digital booklets assisted by HTML 5 technology to support geography learning, especially material on cultural diversity in Indonesia. The research uses the ADD development model which consists of the Analyze, Design and Development stages. The research subjects were material expert validators, teaching materials and linguistics as well as teachers and students of class XII SMA Negeri 5 Malang. The results obtained from the percentage of teaching material validation are 96 percent in the "Very Valid" category and material validation is 77 percent, and language validation is 80% in the "Valid" category. While the results of the response to the feasibility of digital booklets for research subjects, namely the teacher obtained a total percentage of between 74 percent in the "Eligible" category and 90 percent for students in the "Very Eligible" category. Based on the results of the research obtained and analyzed, it can be concluded that the digital booklet that has been developed is valid and suitable to be used as a supplement to teach materials in geography learning the subject matter of cultural diversity in Indonesia.

Kebutuhan bahan ajar dalam penunjang pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi belajar siswa sangat diperlukan. Berdasarkan fenomena di lapangan diketahui bahwa adanya kebutuhan bahan ajar yang dapat membantu siswa memahami materi dan mendukung pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa booklet digital berbantuan teknologi HTML 5 untuk menunjang pembelajaran geografi khususnya materi keragaman budaya di Indonesia. Penelitian menggunakan model pengembangan ADD yang terdiri dari tahap Analyze (analisis), Design (perancangan) dan Development (Pengembangan). Subjek penelitian adalah validator ahli materi, desain dan kebahasaan serta guru dan siswa kelas XII SMA Negeri 5 Malang. yang diperoleh dari persentase validasi bahan ajar sebesar 96 persen dengan kategori “Sangat Valid” serta validasi materi sebesar 77 persen, dan validasi bahasa sebesar 80 persen dengan kategori “Valid”. Sedangkan pada hasil respon kelayakan booklet digital terhadap subjek penelitian yaitu guru memperoleh total persentase antara 74 persen dengan kategori “Layak” dan terhadap siswa sebesar 90 persen dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa booklet digital yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran geografi pokok materi keragaman budaya di Indonesia.

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43-48.

Aksa, F. I., Afrian, R., & Jofrishal, J. (2018). Analisis Konten Buku Teks Geografi SMA Menggunakan Model Beck & McKeown. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 23(1), 1-8.

Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas VII SMP. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 10(1), 8-15.

Aliftika, O., & Utari, S. P. (2019). Profil keterampilan abad 21 siswa sma pada pembelajaran project based learning (pjbl) materi gerak lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2).

Amalia, N. I., Yuniawatika, Y., & Murti, T. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 282-291.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37-44.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Ataji, H. M. K. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Qr Code Technology Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia dengan Terintegrasi kepada Al-Quran dan Hadits sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas Xi Sman 1 Punggur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 17-24.

Behnke, Y. (2016). How textbook design may influence learning with geography textbooks. Nordidactica: Journal of Humanities and Social Science Education, (2016: 1), 38-62.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244. https://doi.org/-10.21831/jipi.v4i2.20819

Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. A., Rahmani, R., Ananda, M. Z., & Suryanda, A. (2021). Kendala dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19: Sebuah kajian kritis. Jurnal Education and development, 9(1), 145-155.

Gemilang, R. (2016). Pengembangan booklet sebagai media layanan informasi untuk pemahaman gaya hidup hedonisme siswa kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Hadinugrahaningsih, T., RahmawatI, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Keterampilan abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) project dalam pembelajaran kimia. LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Hamalik, O. (2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, M., & Sigit Widodo, B. (2018a). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Untuk Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Swara Bhumi, 5(7).

Hidayah, M., & Widodo, B. S. (2018b). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia Untuk Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Swara Bhumi, 5(7), 178–184.

Ilmi, M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Ekologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Mumbulsari Jember. Jember: Universitas Jember.

Irfan Yusuf40, Sri Wahyu Widyaningsih41, D. P. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan.

Jatmiko, A. G., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Webquest Sebagai Bahan Ajar Keragaman Budaya Indonesia dan Interkasi Global. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1).

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum. http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-104-tahun-2014.pdf

Khusniyah, T. W., & Wana, P. R. (2020). Persepsi Mahasiswa PGSD pada Inovasi Pembelajaran Berbasis E-Learning. Wahana Sekolah Dasar, 28(1).

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1).

Kurniawan, I. W., & Patria, A. S. (2019). Analisis Layout Buku Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar Tema 8. Jurnal Seni Rupa, 7(4), 1–10. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/31364

Lee, J., & Catling, S. (2016). Some perceptions of English geography textbook authors on writing textbooks. International Research in Geographical and Environmental Education, 25(1). https://doi.org/10.1080/10382046.2015.1106204

Maf’ula, A., Hastuti, U. S., & Rohman, F. (2017). Pengembangan media flipbook pada materi daya antibakteri tanaman berkhasiat obat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1450-1455.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maghfiroh, A. Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Literasi Geografi Pada Kd 3.6 Keragaman Budaya Indonesia Untuk Kelas Xi Sma. Swara Bhumi, 1(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/31426

Mahendrani, K., & Sudarmin, S. (2015). Pengembangan booklet etnosains fotografi tema ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(2).. https://Doi.Org/10.15294/Usej.V4i2.7936

Mascita, D. E. (2021). Mendesain Bahan Ajar Cetak dan Digital. Media Sains Indonesia.

Momang, H. D. (2021). Pengembangan model buku ajar digital keterampilan menyimak berdasarkan pendekatan autentik. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(1), 71–93. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.16202

Mubasiroh, S. L., Priyatni, E. T., & Susanto, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Resensi Cerpen Berbasis Literasi Kritis Bagi Siswa Sma Kelas Xi. Foundasia, 10(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.28926

Muhammad MH, M. M. (2017). Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V6i1.4104

Muqodas, R. Z., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2015). Desain dan pembuatan bahan ajar berdasarkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigenerasi. Jurnal of Mechanical Engineering, 2(1), 106-115. https://Doi.Org/10.17509/Jmee.V2i1.1160

Muriati, S. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel Pada Program Studi Pendidikan Biologi Uin Alauddin Makassar. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2). https://doi.org/10.25273/florea.v1i2.383

Mustakim, S., Walanda, D. K., & Gonggo, S. T. (2013). Penggunaan qr code dalam pembelajaran pokok bahasan sistem periodik unsur pada kelas x sma labschool untad. Jurnal Akademika Kimia, 2(4), 215-221.

Nasohah, U. N., Gani, M. I. B. A., Shaid, N. B. M. S., & Shaid, M. (2015, February). Model ADDIE dalam proses reka bentuk modul pengajaran: bahasa Arab tujuan khas di Universiti Sains Islam Malaysia sebagai contoh. In Makalah disajikan dalam Proceedings of the International Seminar on Language Teaching tanggal (pp. 4-5).

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192-203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Nuritno, R., Raharjo, H., & Winarso, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 2(1). https://doi.org/10.24235/itej.v2i1.11

Prihantana, M. A. S. (2014). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran animasi stop motion untuk siswa SMK. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Purnama, A., Wijaya, T. T., Dewi, S. N., & Zulfah, Z. (2020). Analisis buku siswa matematika sma dari indonesia dan china pada materi peluang dan statistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 813-822. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.305

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan media pembelajaran booklet pada materi sistem imun terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1). Https://Doi.Org/10.29406/524

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran booklet dan video sebagai penguatan karakter hidup bersih dan sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238-1243.

Retnawati, H. (2015). Comparison of The Accuracy of Likert Scale. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2), 156–167.

Saenab, S., Syamsiah, & Saleh, A. R. (2017). Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quick Respon Code (QR Code) Pada Matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Jurnal Bionature, 17(1).

Sari, I. S., Fitrihidajati, H., & Kuntjoro, S. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( Lks ) Berorientasi Model Learning Cycle 5 E Pada Materi Ekosistem. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 99–102. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu%0APENGEMBANGAN

Sarinastiti, R., & Wibowo, Y. A. (2021). Analisis isi buku teks geografi kelas XI SMA kurikulum 2013 (K13) edisi revisi terbitan Mediatama berdasarkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(1). https://doi.org/10.17977/um017v26i12021p048

Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi pengembangan bahan ajar geografi berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1), 24-29. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/article/view/282/198

Wibawanto, W. S. S. M. D. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif - Wandah Wibawanto, S.Sn. M.Ds. - Google Books. In Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Widener, J. M., Gliedt, T., & Tziganuk, A. (2016). Assessing sustainability teaching and learning in geography education. International Journal of Sustainability in Higher Education. https://doi.org/10.1108/IJSHE-03-2015-0050

Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X Sma/Ma. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 26(2), 92-98. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p092

Yanuarta, L., Gofur, A., & Indriwati, S. E. (2016). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write dipadu Problem Based Learning. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 268-271).

Downloads

Published

2023-04-26

Issue

Section

Articles