React learning: Meningkatkan Geography skill siswa Geografi Sekolah Menengah Atas di Malang

Authors

  • Waldati Bariroh Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang
  • Purwanto Purwanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i1p69-75

Keywords:

REACT, keterampilan Geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran REACT terhadap keterampilan geografi siswa kelas X lintas minat di SMAN 9 Malang. Indikator keterampilan yang digunakan mengacu pada GENIP 2012. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi dengan pretest posttest control group design. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Objek penelitian ini siswa kelas X IPA 3 dan X IPA 4. Instrumen yang digunakan adalah soal test yang disesuaikan dengan indikator keterampilan geografi. Hasil penelitian ini rata-rata nilai gainscore ketempilan geografi kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol.

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles