Pengaruh model project based learning berbantuan story maps terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran Geografi siswa SMAN 7 Malang

Authors

  • Feny Panjerina Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Malang
  • Purwanto Purwanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i2p154-170

Keywords:

model project based learning, story map, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

The learning model that will be applied to students should be effective and interesting. One of the effective and interesting geography learning models is the project based learning model. The project based learning model is a learning model that makes products (projects) in a structured manner. This model can trigger students' curiosity to solve a problem at hand and can also develop students' creative thinking skills. This study aims to determine the effect of the project-based learning model assisted by story maps on the ability to think creatively in the geography subject of SMAN 7 Malang students. This research is a type of experimental quantitative research. Subjects in this study consisted of two classes, namely the experimental class and the control class XI IPS SMAN 7 Malang. The new thing in this research is the use of story map in this project based learning model, students can make maps in a simple and interesting way so as to improve students’ creative thinking skills. The results of the t-test (independent sample t-test) show that the significance value is 0.000 less than 0.05, which means that there is a significant affect of story map-assisted project based learning models on the ability to think creatively in geography subjects. A project based learning model assisted by a story map is better than students who only use a project based learning model.

Model pembelajaran yang akan diterapkan kepada siswa sebaiknya efektif dan menarik. Salah satu model pembelajaran geografi yang efektif dan menarik ialah model project based learning. Model project based learning adalah model pembelajaran yang membuat produk (proyek) secara terstruktur. Model ini dapat memicu rasa ingin tahu siswa untuk memecahkan sebuah masalah yang dihadapi dan juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran geografi siswa SMAN 7 Malang. Riset ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek pada riset ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol XI IPS SMAN 7 Malang. Hal baru pada riset ini yaitu penggunaan story map pada model project based learning ini siswa dapat membuat peta secara sederhana dan menarik sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil uji t (independent sample t-test) menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model project based learning berbantuan story map terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran geografi. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model project based learning berbantuan story map lebih baik daripada siswa yang hanya menggunakan model project based learning.

References

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Battersby, S. E., & Remington, K. C. (2013). Story maps in the classroom. Arcuser Magazine, 62-65.

Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa sma. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1).

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carroll, A. (2020). Story maps. International Encyclopedia of Geography, (1998), 1–6. https://doi.org/10.1002/9781118786352.wbieg2048

Ekaputri, D. S., & Putranto, H. (2012). Penerapan metode project based learning dengan strategi team teaching untuk meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif multimedia. TEKNO, 17(1), 17-26.

Ekaputri, D. S. (2012). penerapan metode project based learning dengan strategi team teaching untuk meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif multimedia. Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Universitas Negeri Malang, 17-26.

Erita, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran. Economica, 6(1), 72–86.

Hidayat, E. W. (2019). Kajian Mata Pelajaran Geografi sebagai Bekal Peserta Didik untuk Menghadapi Tuntutan Abad 21 di SMA Surabaya. Jurnal Pendidikan Geografi, 1.

Heldanita, H. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53-64.

Komariyah, L., & Saputra, Y. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Tour Builder Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kaliorang (Materi Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan). Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(2), 94-106.

Lee, D. M. (2020). Cultivating preservice geography teachers’ awareness of geography using Story Maps. Journal of Geography in Higher Education, 44(3), 387–405.

Mukherjee, F. (2019). Exploring cultural geography field course using story maps. Journal of Geography in Higher Education, 43(2), 201–223. https://doi.org/10.1080/03098265.2019.1597031

Egiebor, E. E., & Foster, E. J. (2019). Students’ Perceptions of Their Engagement Using GIS-Story Maps. Journal of Geography, 118(2), 51–65. https://doi.org/10.1080/00221341.2018.1515975

Malkowski, J. A., & Klenke, C. M. (2020). Rhetorical cartographic story maps as public work. Review of Communication, 20(2), 178–187. https://doi.org/10.1080/15358593.2020.1737201

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.

Mdleleni, A. Z., Rautenbach, V., & Coetzee, S. (2020). Visualizing life in an informal settlement of South Africa using web maps and story maps. International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences-ISPRS Archives, 43(B4), 615–622. https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLIII-B4-2020-615-2020

Martaa, M. (2015). Story Maps at school: teaching and learning stories with maps. J-Reading - Journal of Research and Didactics in Geography, 0(2), 61–68. https://doi.org/10.4458/6063-05

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terhadap hasil belajar ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183-193.

Munandar, U. (1999). Pengembangan Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurfa, N. N., & Nana, N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi 21st Century Skills Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 109-115.

Nurlela, L. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif . Yogyakarta: Ombak.

Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Saat Pandemi Covid-19. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 331–342. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.331-342

Neto, S. A., Danang, E., & Prihadi, P. (2014). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Pada Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Hidrosfer Tahun Ajaran 2013/2014.

Ratumanan, R. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Purwanto, E. (2005). Evaluasi Hasil Belajar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Putra, A. K., Sumarmi, Deffinika, I., & Islam, M. N. (2021). The effect of blended project-based learning with stem approach to spatial thinking ability and geographic skill. International Journal of Instruction, 14(3), 685–704. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14340a

Ridwan, V. (2012). Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Softmedia.

Qholby, W. (2020). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Melalui Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(1), 23-23.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, M. (2017). Aplikasi Project Based Learning (PBL) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa. Depok: Bioma Publishing .

Sumarmi, S. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Syazali, M. (2015). Pendekatan Project Based Learning. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–20.

Sutirman, S. (2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Seemann, J. (2021). Story Maps and Visual Narrative. International Encyclopedia of Geography, 1–9. https://doi.org/10.1002/9781118786352.wbieg2023

Schnitzler, C. (2020). Telling Human Stories of Climate Change With ArcGIS Story Maps. Geography Teacher, 17(4), 169–172. https://doi.org/10.1080/19338341.2020.1828133

Treves, R., Mansell, D., & France, D. (2021). Student authored atlas tours (story maps) as geography assignments. Journal of Geography in Higher Education, 45(2), 279–297.

Vojteková, J., Žoncová, M., Tirpáková, A., & Vojtek, M. (2021). Evaluation of story maps by future geography teachers. Journal of Geography in Higher Education, 00(00), 1–23.

Zalmita, N., & Yani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sman 2 Bandung. Jurnal Geografi Gea, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4179

Downloads

Published

2023-02-10

Issue

Section

Articles