Pengembangan bahan ajar digital Geografi berbasis STEM-E pada materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia

Authors

  • Dya Wahyu Kusumaningtyas Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Djoko Soelistijo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v3i1p55-67

Keywords:

pengembangan, bahan ajar digital, STEM-E

Abstract

The need for teaching materials in 21st century learning leads to the use of technology, information and digital media. The right geography learning method in the 21st century with a learning approach based on STEM-E (Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Ecology). The purpose of this study was to develop digital Geography teaching materials based on STEM-E (Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Ecology) in Indonesian natural resource management materials. The development of digital teaching materials is carried out using the ADD model. The feasibility of digital teaching materials is obtained from the results of validation carried out by material, media, and language experts using validation instruments. The subjects of the feasibility test for digital teaching materials were students of class XI IPS 1 and a teacher of Geography conducted at SMAN 5 Malang. The results of the feasibility of the validation and the test subjects were analyzed using a descriptive percentage technique. The results of the validation of material, media, and language experts obtained a total percentage of 94.33 percent. The results of the feasibility test on teachers and students obtained an average percentage of 76 percent and 88 percent, respectively. Based on the results of the study, the STEM-E-based digital Geography teaching materials on Indonesian natural resource management materials were declared suitable for use by class XI high school students.

Kebutuhan bahan ajar pada pembelajaran abad 21 mengarah pada pemanfaatan teknologi, informasi dan media digital. Metode pembelajaran Geografi yang tepat pada abad 21 dengan pendekatan pembelajaran berbasis STEM-E. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar digital Geografi berbasis STEM-E (Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Ecology) pada materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia. Pengembangan bahan ajar digital dilakukan menggunakan model ADD. Kelayakan bahan ajar digital diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa dengan menggunakan instrumen validasi. Subjek uji kelayakan bahan ajar digital adalah peserta didik kelas XI IPS 1 dan guru Geografi dilakukan di SMAN 5 Malang. Hasil kelayakan validasi dan subjek uji coba dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil validasi ahli materi, media, dan bahasa memperoleh jumlah persentase 94,33 persen. Hasil uji kelayakan pada guru dan peserta didik memperoleh rata-rata persentase 76 persen dan 88 persen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, bahan ajar digital Geografi berbasis STEM-E pada materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia dinyatakan layak digunakan peserta didik kelas XI SMA.

References

Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37-44.

Amirudin, A. (2019). Ilmu Geografi dan Pelestarian Lingkungan Hidup dalam PIPS. Universitas Terbuka.

Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan e-book berbasis stem pada materi ekosistem untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa. BioEdu, 10(1), 635–646.

Arfiana, M. N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menerapkan Rangkaian Digital Kombinasi Berbasis Mobile Learning di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3).

Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. (2016). Kemampuan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ekosistem. Jurnal FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 13(1), 90–92.

Dewi, K., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM dengan pendekatan eco-spatial behavior materi kependudukan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 92-102.

Dewi, N. R., & Arini, F. Y. (2018, February). Uji keterbacaan pada pengembangan buku ajar kalkulus berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 299-303).

Eliza, N., Afnaria, A., & Syahlan, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Kelas X. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.30743/mes.v7i1.4541

Fatmawati, A. (2016). (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains, 4(2), 94-103.

Hayati, N., & Rahmawati, L. E. (2016). Keakuratan Materi Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hutapea, T., & Silitonga, M. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Dengan Penerapan Pendekatan STEM.

Isnaeni, I., & Agustina, Y. (2018). an Increase in Learning Outcome Students Is Through the Development of Archive E-Module Based on the Flipbook With Discovery Learning Model. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 4(3), 125–129. https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p125

Kemdikbud. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesi. In Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesi. https://doi.org/10.5851/kosfa.2016.36.6.807

Ladamay, I., Kumala, F. N., Susanti, R. H., Ulfatin, N., Wiyono, B. B., & Rahayu, S. (2021). Designing and analysing electronic student worksheet based on Kvisoft Flip Book Maker for elementary school student. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(3), 032028. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/3/032028

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Kompetensi (sesuai dengan kurikulum KTSP). Padang: Akademia Permata.

Munandar, R. R., Suhardi, E., & Husna, M. N. (2022). Development of STEM-Based Flipbook Learning Media on the Bloodstream System Materials for Junior High School. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(2), 367-374.

Nakajima, T. M., & Goode, J. (2019). Transformative learning for computer science teachers: Examining how educators learn e-textiles in professional development. Teaching and Teacher Education, 85, 148–159. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.004

Niam, M. A., & Asikin, M. (2021, February). Pentingnya aspek stem dalam bahan ajar terhadap pembelajaran matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 329-335).

Nurichah, E., Susantini, E., & Wisanti. (2012). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Keanekaragaman Hayati. BioEdu, 1(2), 45–49.

Oktavia, R. (2019). Mathematics (STEM) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal SEMESTA Pendidikan IPA, 2(1), 32–36. http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta.

Parwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suheri, T. (2015). Studi pendahuluan: Potret mata kuliah Kimia Lingkungan di beberapa LPTK. Jurnal JPII, UNNES, Semarang, 4(1), 1-7.

Phungsuk, R., Viriyavejakul, C., & Ratanaolarn, T. (2017). Development of a problem-based learning model via a virtual learning environment. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 297–306. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2017.01.001

Prasetyo, D. (2019). Pengelolaan Kurikulum (Mppks - Kur). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Prasetyono, R. N., & Hariyono, R. C. S. (2020). Development of flipbook using web learning to improve logical thinking ability in logic gate. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(1), 342–348. https://doi.org/10.14569/ijacsa.2020.0110143

Purnama, S. (2012). Huruf dalam Mendesain Media Pembelajaran.

Puspitawati, H. (2012). Gender dan Keluarga: Konsep dan Realita di Indonesia. PT IPB Press.

Riyani, W. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Stem Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Sma. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Roberts, A., & Cantu, D. (2012). Applying STEM instructional strategies to design and technology curriculum. PATT 26 Conference: Technology Education in the 21st Century.

Rosida, F. N., & Tri, J. (2018). Efektivitas penggunaan bahan ajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 35–45.

Rosidin, U., Suyatna, A., & Abdurrahman, A. (2019). A combined HOTS-based assessment/STEM learning model to improve secondary students’ thinking skills: A development and evaluation study. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 435–448. https://doi.org/10.17478/jegys.518464

Setiawan, A. R. (2019). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik.

Stohlmann, M., Moore, T., & Roehrig, G. (2012). Considerations for Teaching Integrated STEM Education. Journal of Pre-College Engineering Education Research, 2(1), 28–34.

Taufiqy, I., Sulthoni, S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berlandaskan Model Guided-Project Based Learning. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 705–711.

Titisari, E. Y., Santoso, J. T., & Suryasari, N. (2012). Konsep Ekologis pada Arsitektur di Desa Bendosari. Review of Urbanism and Architectural Studies, 10(2), 20–31. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2012.010.02.3

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Widya, R. R., & Rahmi, L. Y. (2019). STEM education to fulfil the 21st century demand: A literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208

Yana, Y., Handoyo, B., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan buku ajar digital Geografi SMA berplatform aplikasi 3D Page Flip dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) materi keragaman budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 26(2), 92-98.

Yulianti, D. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53–58. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270

Downloads

Published

2023-02-02

Issue

Section

Articles